x

Iklan

andini putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Oktober 2023

Jumat, 6 Oktober 2023 06:20 WIB

Mengenal Akuntansi untuk Pemula

Artikel ini berisi pengertian akuntansi secara singkat, pentingnya akuntansi dalam kehidupan sehari-hari, serta proses-proses dalam akuntansi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“Akuntansi” mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah tersebut yang identik dengan angka. Tidak sedikit orang-orang yang menganggap akuntansi itu sulit, ribet, dan memusingkan sehingga seringkali dihindari. Orang-orang yang mempelajari akuntansi umumnya memiliki tingkat konsentrasi dan kejelian yang sangat tinggi  terhadap angka.

 

  1. Mengenal apa itu akuntansi dan akuntansi dasar?

Pengertian dari akuntansi sendiri secara singkat adalah suatu proses pencatatan atau dokumentasi, penggolongan dan peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data entitas. Kegiatan ini bertujuan untuk menyajikan dan melaporkan informasi dan data-data keuangan yang relevan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan dan sebagai bahan untuk evaluasi. Sedangkan, akuntansi dasar adalah ilmu disiplin yang mempelajari tentang pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi keuangan yang akan diberikan kepada pihak-pihak terkait dan berkepentingan seperti investor untuk melakukan penilaian terhadap suatu usaha atau pemilik usaha.

  1. Pentingnya akuntansi dalam kehidupan sehari-hari
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akuntansi sendiri sangat penting dan sangat berguna di kehidupan sehari-hari, baik di dunia pekerjaan dan ketika seseorang akan membuka suatu usaha maka akuntansi menjadi hal wajib yang harus dipelajari dan dipahami bagi pemilik usaha. Akuntansi sendiri dapat menyajikan data-data keuangan yang relevan dalam suatu periode tertentu, hal tersebut berguna untuk perihal kerjasama usaha, analisis keuangan selama periode tertentu, dan menjadi bahan pertimbangan serta evaluasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

  1. Proses-proses dalam akuntansi

Pada umumnya, dalam akuntansi ada 4 proses yang harus dipelajari dan dipahami untuk menghasilkan suatu informasi atau data keuangan. Berikut adalah 4 proses yang harus dilalui:

 

  • Pencatatan atau Dokumentasi

Pencatatan adalah proses pertama yang harus dilalui dan menjadi suatu proses yang sangat penting dalam akuntansi, Mengapa begitu? Dikarenakan pencatatan sendiri adalah suatu kegiatan dokumentasi dan mencatat setiap transaksi baik masuk maupun keluar dalam suatu periode tertentu.

Proses Pencatatan ini sering disebut juga sebagai pembukuan karena proses ini meliputi pencatatan setiap transaksi yang ada dan akan dicatat  ke dalam buku atau jurnal khusus.

  • Penggolongan dan Peringkasan

Pada proses kedua ini yaitu penggolongan dan peringkasan, mengapa harus ada proses ini? Karena biasanya dalam proses pencatatan, data yang disajikan masih mentah dan oleh karena itu data disebut harus diolah dengan cara digolongkan dan diringkas.

Pada proses penggolongan dan peringkasan ini , seluruh transaksi yang sudah dicatat pada proses sebelumnya harus digolongkan pada kategori-kategori tertentu dan diringkas. Proses ini bertujuan agar memudahkan saat pembuatan laporan karena sudah digolongkan.

  • Pelaporan

Proses pelaporan ini adalah kegiatan membuat laporan dari data yang sebelumnya sudah dicatat dan diolah dengan cara digolongkan serta ringkas.

Dalam dunia akuntansi, laporan akuntansi memiliki beberapa jenis.Jenis laporan akuntansi yang utama adalah laporan keuangan yangdapat berupa neraca saldo, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, serta jurnal pembalik. Laporan keuangan sendiri berisi data-data seluruh transaksi pada suatu periode tertentu dan laporan keuangan tersebut akan diserahkan tiap bulan, tiap kuartal bulan, ataupun tahunan.

  • Penganalisisan

Ketika seluruh proses sudah dilakukan baik dari pencatatan, penggolongan, dan pembuatan laporan, adapun tahap terakhir yaitu analisis yang dimana seorang akuntan harus menganalisis dari data yang sudah diolah sebelumnya.

Dalam proses ini seorang akuntan akan melakan analisis perbandingan, menganalisis kinerja dari suatu perusahaan, serta memberikan rekomendasi untuk bahan pertimbangan bagi manajemen dan pengambil keputusan yang strategis bagi perusahaan.

  1. Kesimpulan

Dari artikel di atas ada beberapa hal yang dapat kita tarik menjadi kesimpulan, yaitu kita dapat mengetahui apa itu akuntansi secara singkat dan pentingnya akuntansi dalam kehidupan sehari-hari baik di dunia kerja maupun dalam dunia usaha. Selain itu, untuk menghasilkan informasi laporan keuangan yang relevan kit harus melalui 4 proses mulai dari pencatatan, penggolongan dan peringkasan, pelaporan, dan pengalisaan.

 

Terimakasih.

Andini Putri Erianti mahasiswa prodi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya.

Ikuti tulisan menarik andini putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu