x

Gambar 1

Iklan

nabiladwi amalia127

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Oktober 2023

Jumat, 6 Oktober 2023 06:13 WIB

Memahami Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengertian dari Persamaan Dasar Akuntansi Adalah Ilmu yang mempelajari tentang Menghitung, Mencatat keluar masuknya Transaksi di suatu Perusahaan. Selain itu, Persamaan akuntansi menyatakan bahwasanya Aset/Aktiva suatu entitas sama dengan kewajiban ditambah ekuitas pemilik.

Aktiva / Aset yaitu Faktor Produksi yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Faktor Produksi tersebut digunakan untuk melaksanakan kegiatan dalam hal bisnis. Contohnya yaitu Kas, Piutang Usaha, Persediaan, Sewa Bayar Dimuka, Perlengkapan, Peralatan, Aset Tetap.

 Kewajiban adalah Hak seseorang / Perusahaan yang sudah melakukan pembayaran secara Kredit terhadap Aset Seorang / Perusahaan Wajib dilunasi pada saat Jatuh Tempo. Contohnya adalah Utang. Pinjaman Bank, Utang Gaji (upah).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedangkan Ekuitas Adalah Modal yang diperoleh dari Penjumlahan Ekuitas perusahaan yang sebelumnya sudah dikurangi melalui Kewajiban .

Kenapa sih metode pencatatan itu penting? Karena semisalnya perusahaan tidak melakukan metode pencatatan, nantinya dana yang dianggarkan itu akan disalahgunakan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.

Adanya Prinsip Akuntansi yaitu adanya Balance antara Pemasukan dan Pengeluaran. Maka dari itu, untuk mempelajari ilmu Akuntansi kita harus fokus dan teliti, Karena jika tidak akan salah sampai seterusnya. Maka dari itu materi persamaan Akuntansi ini sangat penting untuk dipahami sehari hari.

Manfaat dari Mempelajari Persamaan Dasar Akuntansi;

1.Akan digunakan untuk sumber Catatan

Karena Jika ada Sumber catatan, Hal ini akan mempermudah Proses dalam pencatatan Transaksi Keuangan.

2. Menjadi Tumpuan Dalam pemeriksaan Saldo

Hal tersebut untuk mengamati berapa besarnya saldo yang masuk dan yang keluar.

3. Untuk Memeriksa Saldo tersebut tepat atau tidak

Karena jika ada suatu Ketidakseimbangan di dalam sebuah perhitungan, hal tersebut akan menjadi Kesalahan dalam Proses Pencatatan Transaksi keuangan.

Rumus dari persamaan dasar Akuntansi yaitu:

[ ASET = KEWAJIBAN + EKUITAS PEMILIK ]

Untuk mengetahui lebih dalam apa itu Aset, Kewajiban dan Ekuitas Pemilik simak berikut ini:

*Aset itu disebut juga Harta berharga yang dimiliki oleh seseorang atau suatu Perusahaan. Aset meliputi Kas, Piutang Usaha, Persediaan barang, dan Aset Tetap seperti contohnya Tanah.

*Kewajiban adalah Seorang Individu/Perusahaan yang melakukan Pembelian secara Kredit, Atau Kewajiban yang mencakup seluruh Hutang dan Kewajiban Finansial suatu Entitas. Seperti utang Usaha, Utang Bank, dan kewajiban lainnya.

*Ekuitas Pemilik yaitu Klaim Residual terhadap aset setelah dikurangkan dengan kewajiban. Contohnya Modal, dan Laba ditahan.

Berikut Contoh Persamaan Dasar Akuntansi di Perusahaan Semisalnya sebuah perusahaan PT. Indofood memiliki;

*Aset (500.000.000) (Kas, Piutang, Inventaris, Dll.)

*Kewajiban (20.000.000) (Utang usaha, Utang Bank, dll.)

*Ekuitas Pemilik ( 80.000.000) (Modal Pemilik dan Laba ditahan)

Maka dari itu, Persamaan dasar akuntansi diatas dapat diilustrasikan sebagai berikut :

(500.000.000) = (20.000.000) + (80.000.000)

Karena yang sudah dijelaskan diatas Rumusnya adalah ( Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemilik )

Kesimpulannya adalah Persamaan dasar Akuntansi ini cerminan Prinsip dasar ganda tentang Akuntansi, Yaitu Setiap Melakukan transaksi akan mempengaruhi dua akun, Misalnya, Perusahaan membeli suatu barang dengan menggunakan Uang Tunai, Hal tersebut akan mempengaruhi Kas (Aset) dan Akun Inventaris (Aset). Prinsip Ganda tersebut bisa memastikan Jika pencatatan tersebut Akurat dan seimbang. Pemahaman Mempelajari Tentang Akuntansi Dapat memberikan Prinsip untuk Pengelola keuangan yang Efektif, Pelaporan Keuangan yang Akurat, dan Analisis yang Menyeluruh terhadap Keuangan Perusahaan.

Nabila Dwi Amalia Prodi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik nabiladwi amalia127 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

7 jam lalu

Terpopuler