x

Ilustrasi belanja online di e-commerce

Iklan

Marchyel Mahardika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Oktober 2023

Jumat, 6 Oktober 2023 17:38 WIB

Bagaimana Cara Menerapkan Akuntansi dalam Kehidupan Sehari-hari?

Kita sering menggunakan jasa akuntansi tanpa menyadarinya. Seorang ibu telah menggunakan beberapa teknik akuntansi ketika dia menulis catatan tentang barang-barang yang dia beli di pasar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Akuntansi biasanya didefinisikan sebagai untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan informasi tentang transaksi keuangan perusahaan atau bisnis. Akuntansi biasanya digunakan dalam bisnis atau usaha, tetapi akuntansi keuangan pribadi juga penting. Tujuannya adalah untuk menjaga keuangan kita tetap stabil atau sehat. Sebagian besar orang menggunakan akuntansi dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah pekerjaan mereka. Tanpa adanya akuntansi akan memperlambat operasi ekonomi di perusahaan swasta dan publik. Jika ini terjadi, pertumbuhan ekonomi di masa depan akan menjadi buruk.

Kita sering menggunakan jasa akuntansi tanpa menyadarinya. Seorang ibu telah menggunakan beberapa teknik akuntansi ketika dia menulis catatan tentang barang-barang yang dia beli di pasar. Dalam contoh lain, seorang pemilik warung mencatat semua barang yang dibeli, siapa yang memiliki hutang, dan bagaimana uang masuk dari penjualan dialokasikan untuk membeli barang dagangan dan kebutuhan operasional warung. Pada dasarnya, pemilik toko juga telah menggunakan metode akuntansi dalam beberapa tindakan tersebut.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut buku Belajar Mula Dasar Akuntansi oleh Eka Satria Wibawa dan Sri Wahyuning, berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan akuntansi dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Mencatat Arus Kas Masuk

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menerapkan akuntansi dalam kehidupan sehari-hari adalah mencatat jumlah uang yang masuk dan keluar. Anda dapat memasukkan nama produk, jumlah, dan total pembayaran dalam pencatatan ini. Pencatatan ini dapat dibuat sebagai laporan harian, mingguan, atau bahkan bulanan jika diinginkan.

 

  1. Mencatat Arus Kas Pengeluaran

Tabel ini dapat diisi dengan tanggal transaksi, jumlah yang dibayar, dan tingkat kredit atau debet. Informasi dari catatan arus pengeluaran ini dapat digunakan untuk membatasi pengeluaran saat ini atau memastikan bahwa pengeluaran tetap aman.

 

  1. Mencatat Kas Keluar Masuk Dana

Selain dua jenis catatan di atas, Anda juga dapat membuat catatan kas keluar masuk dana. Catatan ini berisi tanggal, detail pembayaran, pengeluaran, tujuan, dan sisa dana yang tersedia. Buat catatan ini setiap kali dana keluar dan masuk.

 

  1. Mencatat Laporan Laba Rugi Sederhana

Untuk bisnis kecil, Anda juga harus membuat laporan laba rugi sederhana. Laporan laba ruginya dapat mencakup informasi tentang akun, pendapatan bisnis, harga pokok penjualan, harga penjualan produk, dan pembelian. Pembuatan laporan laba rugi sederhana ini membantu Anda mengetahui pendapatan total dan harga pokok, yang kemudian akan menghasilkan jumlah laba kotor

 

  1. Menerapkan Laporan Stok Barang

Tidak hanya laporan laba rugi, pemilik bisnis skala kecil juga sebaiknya membuat sebuah laporan stok barang. Laporan ini mengenai keterangan transaksi barang, deskripsi barang, mutasi dan jumlah stok barang.

 

Kesimpulannya akuntansi bukan hanya tentang bisnis. Akuntansi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu Anda mengelola uang Anda dengan bijak, membuat keputusan yang cerdas, dan mencapai tujuan Anda dalam jangka panjang. Banyak orang memerlukan akuntansi untuk kegiatan sehari-hari mereka, seperti mencatat semua kebutuhan mereka untuk mengontrol keuangan mereka. Keuntungan memiliki akuntansi dalam kehidupan sehari-hari adalah kita dapat mengawasi, mengontrol, dan merencanakan uang kita serta mengetahui apa yang diterima dan dikeluarkan.

 

Dengan menerapkan kegiatan akuntansi ini setiap hari, kita akan lebih baik dalam mengelola keuangan kita. Dengan pencatatan ini, seseorang dapat mempertimbangkan keputusan yang dibuat apakah tepat atau tidak dan menerapkan akuntansi sangat penting untuk mengetahui apakah keuangan mereka aman untuk menghindari utang berlebih atau kerugian keuangan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Marchyel Mahardika Wibowo Manajemen Univesitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik Marchyel Mahardika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu