x

Iklan

Kevin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Oktober 2023

Minggu, 8 Oktober 2023 08:09 WIB

Persamaan Akuntansi Dasar untuk Kehidupan Sehari-hari

Artikel ini menjelaskan pengertian tentang akuntansi, persamaan akuntansi dasar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Persamaan Akuntansi Dasar untuk kehidupan sehari-hari

Apa itu akuntansi?

Sebelum itu , apakah kalian tahu apa itu Akuntansi? Akuntansi adalah set gagasan dan metode yang digunakan untuk mengukur dan melaporkan data keuangan perusahaan. Orang-orang seperti manajer perusahaan, pemilik, kreditur, pemerintah, analisis keuangan, dan karyawan sangat mungkin menerima informasi akuntansi karena mereka membutuhkannya untuk pengambilan keputusan bisnis dan manajemen. Investor juga mungkin ingin tahu tentang ekspektasi dan harapan tentang hasil investasi mereka dalam bentuk deviden, dan kreditur mungkin ingin tahu apakah mereka dapat membayar utang mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengertian Persamaan Akuntansi

Nah setelah itu mari kita membahas tentang Persamaan Akuntansi, Persamaan Akuntansi adalah perthitungan sebuah nilai yang berisikan modal, kas, kewajiban (hutang), piutang, aset lancar, aset tetap, dan aset tidak berwujud.

Sekarang kita akan mengetahui apa itu isi dari persamaan akuntansi, dimulai dari modal, modal adalah pendapatan uang di awal untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti uang bulanan, gaji, dan pendapatan lainnya. Yang kedua adalah kas, kas merupakan uang yang dimiliki suatu perusahaan atau orang yang dipergunakan untuk keperluan transaksi debit. Yang ketiga ada kewajiban atau bisa disebut juga hutang, kewajiban ini merupakan biaya yang harus dibayar dikarenakan perusahaan atau perorangan menggunakan sistem kredit untuk melakukan transaksi suatu barang atau melakukan bayar gaji. Berikutnya adalah piutang, piutang sendiri hamper sama dengan kewajiban atau hutang, piutang merupakan hutang yang harus dibayarkan kekita, contohnya ada seseorang meminjamkan uang ke suatu perusahaan, nah jadinya seseorang tersebut mempunyai piutang yang belum terbayarkan oleh perusahaan dan yang terakhir merupakan aset, aset sendiri memiliki berbagai macam tipenya yang pertama merupakan aset lancar, aset lancar adalah Kekayaan yang terdiri dari harta lancar memiliki likuiditas tinggi atau mudah "mudah dicairkan", sehingga disebut aset atau aktiva lancar, maksudnya, harta lancar dapat dikonversikan ke dalam mata uang (dicairkan) dalam waktu kurang dari setahun. Kekayaan, piutang, wesel, perlengkapan, surat berharga, dan transaksi yang telah dibayar di muka adalah semua contoh transaksi yang termasuk dalam harta lancar. Yang kedua aset tetap, aktiva tetap adalah kekayaan yang digunakan dalam waktu lebih dari setahun, tidak seperti aktiva lancar, yang dapat dicairkan dalam waktu kurang dari setahun, biasanya mencakup segala sesuatu yang digunakan dalam operasi bisnis, seperti mesin produksi, kendaraan operasional, dan tanah atau struktur. Aset-aset ini (kecuali tanah) mempunyai "umur", yang dapat mengalami penurunan, karena berupa aset yang dapat digunakan lebih dari satu tahun. Misalnya, mobil dinas atau alat produksi yang dimiliki perusahaan akan rusak atau usang setelah digunakan selama beberapa tahun, sehingga aset ini tidak dapat lagi menghasilkan keuntungan ekonomi bagi perusahaan.

Fungsi persamaan akuntansi

Fungsinya secara umum adalah untuk menunjukkan bagaimana sebuah transaksi mempengaruhi dua kelompok rekening. Selain itu, akuntan atau perusahaan menggunakan persamaan dasar akuntansi untuk mengetahui bagaimana harta (aset), hutang (liabilitas/kewajiban), dan modal (ekuitas) perusahaan berubah. Pelajari peran dan keuntungan persamaan ini untuk akuntansi dan bisnis. Di bawah ini adalah beberapa fungsi persamaan dasar akuntasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, persamaan dasar akuntansi adalah salah satu bagian penting dari pembukuan keuangan perusahaan. Hal ini disebabkan fakta bahwa itu memuat informasi penting tentang masuk dan keluar uang dari rekening perusahaan, yang memudahkan proses pembuatan.

Jadi kalian sudah tau kan apa itu akuntansi dan persamaan dasar akuntansi, kalian juga bisa coba membuat persamaan dasar akuntansi di dalam kehidupan sehari-hari kalian.

Muhammad Kevin Restu Anugrah Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

 

Ikuti tulisan menarik Kevin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

16 jam lalu

Terpopuler