x

Laptop

Iklan

salsha nabilla

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Oktober 2023

Minggu, 8 Oktober 2023 09:57 WIB

Wirausahawan? Berhasil atau Gagal?

Membuat bisnis memang terlihat mudah jika dilihat sekilas dan dalam teori, hanya melihat peluang lalu membuka usaha.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Wirausaha atau biasa kita dengar dengan sebutan Entrepreneur. Banyak yang menjadikan entrepreneur sebagai cita cita, tapi banyak yang juga yang belum mengetahui apa itu entrepreneur dan bagaimana cara menjadi seorang entrepreneur.

Entrepreneur adalah seseorang yang menemukan sebuah ide atau gagasan baru yang muncul setelah melihat adanya sebuah peluang bisnis, lalu peluang bisnis itu apa?

Peluang bisnis merupakan sebuah kekurangan yang dirasakan oleh beberapa orang pada situasi dan kondisi tertentu yang dapat kita manfaatkan untuk menjadi bisnis dengan menghadirkan kekurangan yang dirasakan oleh beberapa orang. Kelihatan mudah bukan?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Membuat bisnis memang terlihat mudah jika dilihat sekilas dan dalam teori, hanya melihat peluang lalu membuka usaha. Itu memang benar adanya tetapi proses untuk membangun sebuah bisnis yang sulit, banyak hal yang perlu kita miliki. Contoh paling dasar adalah mata, kenapa mata?

Mata

Mata

Mata ini yang kita gunakan untuk melihat sebuah peluang usaha sekecil dan sebesar apapun itu, dimanapun yang kita lihat baik secara langsung atau juga kita lihat dari sosial media. Karena jika kita tidak memiliki mata yang tajam akan hal yang kita lihat sehari – hari maka mustahil bagi kita bisa melihat peluang usaha.

 

Menjadi wirausaha bisa menjadi kaya?

Bisa, bisa jika kamu memiliki mata dan dapat melihat peluang bisnis yang benar juga memulai sebuah usaha dengan baik dan tentunya konsisten.

Bisa kaya dalam jangka waktu cepat?

Bisa iya bisa tidak. Kenapa? Karena berbisnis itu tentang bagaimana kita mendedikasikan diri terhadap usaha itu, kita tekun dan serius menjalankannya atau tidak dan tentang usaha apa yang kita miliki apakah termasuk usaha yang jangka panjang atau jangka pendek, misal seperti menjual barang yang hanya dicari di masa tertentu atau biasa di sebut barang viral.

Bertahan di dunia bisnis adalah hal yang sulit, karena akan banyak rintangan yang berdatangan yang membuat kita harus serius dalam menjalankannya agar usaha itu tetap bertahan dan selalu update untuk menghindari kita tertimbun oleh zaman dan tertutup oleh para wirausaha baru yang lebih mengikuti zaman. Untuk menjadi wirausaha yang dapat mempertahankan usahanya, kita harus memiliki karakter wirausaha sebagai berikut :

  1. Memiliki mata yang dapat melihat peluang

Seorang wirausaha harus dapat melihat peluang sekecil dan sebesar apapun. Dimana dan kapanpun dia berada.

  1. Pecaya diri

Seorang wirausawan harus memiliki tingkat kepedean yang tinggi, karena wirausawan tidak boleh malu ataupun takut mengeluarkan ide dan inovasi dia yang mungkin out of the box.

  1. Kreativitas

Wirausaha harus bisa mengeluarkan ide tanpa batas. Tentunya ide harus dibarengi denbgan inovasi agar bisa menarik minat para pelanggan dan menjauhkan dari kebosenan para pelanggan terhadap produk kita.

  1. Jujur

Bukan hanya wirausahawan tapi kejujuran adalah hal mutlak yang harus dimiliki setiap individu karena dengan jujur dapat memberikan rasa percaya terhadap orang lain.

  1. Disiplin

Wirausaha harus memiliki tingkat disiplin yang tinggi. Karena seorang wirausaha adalah seorang yang memiliki jabatan tertinggi di sebuah bisnis, jadi tidak mungkin karyawan memiliki sebuah atasan yang tidak disiplin bukan?

  1. Dapat Berkomitmen

Untuk menjadi wirausaha yang sukses hal ini paling penting karena komitmen berhubungan dengan perkataan dan tindakan yang dilakukan oleh sang wirausaha. Wirausaha harus memiliki komitmen pantang menyerah dalam diri mereka agar bisnis mereka tidak gampang bangkrut

  1. Berani mengambil resiko

Dalam sebuah bisnis, seorang wirausaha dituntut untuk mengambil keputusan untuk bisnisnya yang dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan. Maka dari itu wirausaha harus berani bertanggung jawab atas keputusan yang dia ambil dan bersedia mencari solusi agar usahanya lebih baik lagi

  1. Kerja keras dan Kerja cerdas

Dua hal ini harus dibarengi karena jika hanya kerja keras tanpa kerja cerdas tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan begitupun dengan sebaliknya.

  1. Dapat Bekerjasama dengan orang lain

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain, begitupun membuat sebuah usaha membutuhkan bantuan oleh orang lain.

  1. Berorientasi pada masa depan

Wirausaha harus memiliki orientasi pada masa depan, artinya adalah seorang wirausaha harus selalu memikirkan usahanya di masa depan  dan selalu menjadikan kekurangan yang di masa lalu sebagai pembelajaran.

 

Sumber : https://majoo.id/solusi/detail/karakter-wirausaha

Salsha Nabilla Manajemen Universitas Pembangunan Jaya 

Ikuti tulisan menarik salsha nabilla lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu