x

Pojok Danarto Pekan Kebudayaan Nasional 2023 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Iklan

asrof2023

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Oktober 2023

Selasa, 31 Oktober 2023 18:36 WIB

Manfaat Dibukanya Taman Bacaan Danarto

Taman Bacaan Danarto, Pekan Kebudayaan Nasional 2023, UIN Syarif Hidayatullah, HMPS PBSI

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

UIN Syarif Hidayatullah bersama HMPS PBSI UIN Jakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait kebudayaan dan menampilkan beragam karya ciptaan Sastrawan Danarto, termasuk bincang-bincang tentang pemikiran Danarto. Pada acara ini, pihak keluarga menghibahkan beberapa koleksi buku Pak Dan kepada Perpustakaan Prodi PBSI FITK UIN Jakarta. Dengan begitu, Prodi PBSI bersama UIN Syarif Hidayatullah membuat Pojok Danarto sebagai bentuk merawat warisan Pak Dan.

Bersama Komunitas Danarto dkk, Prodi PBSI melaksanakan Workshop Inventarisasi Digital Koleksi Komunitas, serta membuka Taman Bacaan Danarto selama acara PKN berlangsung pada 20 hingga 28 Oktober 2023. Untuk memperkenalkan karya-karya ciptaan Sastrawan Danarto kepada para pengunjung terutama kepada warga Tangerang Selatan.

Danarto adalah sastrawan sekaligus pelukis terkemuka di Indonesia yang dilahirkan pada 27 Juni 1941 di Sragen, Jawa Tengah. Danarto berkecimpung dalam dunia seni peran dan seni rupa sejak tahun 1959 hingga 1964 dengan menjadi anggota Sanggar Bambu Yogyakarta. Salah satu bentuk keikutsertaannya adalah perannya dalam pementasan drama yang dilakukan oleh Rendra dan Arifin C. Noor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Danarto sebagai sastrawan terkemuka yang telah menghasilkan banyak karya seperti novel, cerpen, esai, dan juga drama dapat dijadikan sebagai idola bagi mahasiswa PBSI. Dengan diadakannya Pojok Danarto banyak memberi manfaat untuk para pengunjung dan para mahasiswa UIN Jakarta yang khususnya mahasiswa FITK PBSI. Selain karena pamerannya yang indah, Pojok Danarto bisa membantu mengembangkan kemampuan literasi mahasiswa dalam mengenal aliran karya-karya sastra. Pojok Danarto juga menjadi salah satu tempat bagi mahasiswa untuk mengetahui sastrawan-sastrawan Indonesia, terutama Pak Dan sebagai sosok sastrawan yang patut kita banggakan.

Ikuti tulisan menarik asrof2023 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu