x

Iklan

Novita Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 November 2023

Selasa, 28 November 2023 20:10 WIB

Mengeksplorasi Keindahan Air Terjun Tancak Kembar, Bondowoso

Air Terjun Tancak Kembar di Bondowoso menonjol sebagai destinasi alam yang diminati, cocok untuk rencana liburan Anda berikutnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang dilansir teslatoto, Air Terjun Tancak Kembar di Bondowoso menonjol sebagai destinasi alam yang diminati, cocok untuk rencana liburan Anda berikutnya. Jika Anda mencari suasana menyegarkan untuk merelaksasi pikiran, tempat wisata ini menjadi pilihan yang tepat dengan kealamian yang masih terjaga.

Keelokan alam yang disajikan dijamin akan memberikan Anda kesempatan untuk sementara melupakan berbagai masalah yang tengah dihadapi. Terletak pada ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut, kawasan air terjun ini memberikan sensasi sejuk bahkan terasa sangat dingin pada pagi hari.

Pada hari-hari cerah, kecantikan alamnya bahkan dapat dipersepsikan dengan pengalaman yang meningkat secara berlipat-lipat. Mengapa menunggu lebih lama? Sebelum merencanakan liburan ke sini, alangkah baiknya memahami terlebih dahulu pesona yang dimiliki oleh air terjun yang cantik ini.

Pesona yang Dihadirkan oleh Air Terjun Tancak Kembar

1. Volume Air Tidak Pernah Berkurang

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keunikan terdapat pada Curug Tancak Kembar di Bondowoso ini, di mana debit air yang mengalir ke air terjun tetap konstan tanpa pengurangan volume, tak peduli pengunjung datang pada musim kemarau atau penghujan.

Anda akan menyaksikan aliran air deras dari ketinggian sekitar 70 meter, menjadikan Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso sebagai destinasi wisata yang dapat dinikmati setiap saat.

2. Pesona Curug Kembar

Sejalan dengan namanya, Tancak Kembar adalah air terjun petualangan yang dapat Anda temui di sini. Dua aliran air mengalir dari ketinggian yang setara, dengan volume air yang hampir seragam.

Nama 'Tancak Kembar' diberikan oleh masyarakat setempat karena alasan tersebut, di mana 'Tancak' mengartikan air terjun dalam bahasa Indonesia. Dua air terjun tersebut hanya berjarak beberapa meter, dan aliran air mereka bersatu di kolam kecil yang terletak di bawahnya.

Umumnya, para wisatawan meluangkan waktu untuk mandi di bawah salah satu aliran air terjun dan bermain air di kolam yang terbentuk. Sampai saat ini, pesona dari kedua air terjun tersebut menjadi daya tarik utama yang memukau para pengunjung.

3. Legenda dan Mitos

Seperti kebanyakan destinasi wisata alam di Indonesia yang seringkali dihiasi oleh legenda dan mitos, hal serupa juga berlaku untuk Tancak Kembar. Menurut cerita rakyat, air terjun ini terkait dengan Dewi Rengganis, putri cantik dari Kerajaan Majapahit.

Dengan alasan tertentu, sang dewi memutuskan untuk meninggalkan kerajaan dan menyelamatkan diri ke Gunung Argopuro. Dewi Rengganis dianggap sebagai penjaga gerbang Gunung Argopuro.

Dalam kehidupan sehari-harinya, sang dewi turun ke lereng gunung dan mandi di air terjun yang kini kita kenal sebagai Air Terjun Tancak Kembar. Menurut mitos, mereka yang mandi di sana akan terlihat lebih muda dan cantik seperti Dewi Rengganis.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun

Untuk menikmati keindahan air terjun kembar yang memukau ini, Anda dapat mengunjungi Bondowoso. Lokasinya terletak di Desa Andungsari, Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dengan jarak sekitar 22 kilometer dari pusat kota.

Terletak agak terpencil dengan akses jalan yang sempit, disarankan menggunakan kendaraan roda dua saat berkunjung. Mengingat adanya beberapa titik jalanan yang rusak, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima karena jalur mungkin tidak terlalu mulus.

Selama perjalanan, Anda akan melintasi area persawahan milik warga dan hutan yang lebat. Keindahan hijau yang menyegarkan tersebut memberikan pemandangan yang memanjakan mata hingga tiba di destinasi wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Untuk menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Curug Tancak Kembar, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp. 5.000 per orang.

Harganya sangat terjangkau, bukan? Sehingga, Air Terjun ini dapat menjadi opsi yang tepat jika Anda mencari destinasi liburan dengan anggaran yang terbatas. Kunjungan dapat dilakukan selama jam operasional, yaitu antara pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari.

Namun, perlu diingat bahwa harga tiket dan jam operasional dapat mengalami perubahan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Oleh karena itu, disarankan membawa uang secukupnya dan hindari kunjungan terlalu sore, terutama karena tidak ada penerangan di sepanjang jalan pada malam hari.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Trekking Menuju Air Terjun

Dari area parkir ke Air Terjun Tancak Kembar di Bondowoso, pengunjung perlu melanjutkan dengan berjalan kaki. Estimasi waktu trekking menuju air terjun adalah sekitar 60 menit perjalanan, mengingat kendaraan harus diparkir di desa terakhir.

Karena akses ke air terjun semakin sempit, sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan. Namun, tenang saja, rasa lelah selama perjalanan akan tergantikan dengan keindahan setelah Anda tiba di lokasi. Keelokan air terjun yang dikelilingi oleh perbukitan benar-benar menciptakan suasana liburan yang sangat menyenangkan.

Suasana di sana sangat sejuk, memberikan kesegaran bagi mata dan pikiran. Selama perjalanan trekking, Anda bahkan dapat melihat sungai-sungai kecil, memberikan kesempatan untuk bermain air sepanjang perjalanan.

Mandi di Bawah Aliran Air Terjun Tancak Kembar

Menurut mitosnya, mereka yang mandi di Air Terjun Tancak Kembar akan memperoleh kekekalan dan penampilan yang memesona. Siapa yang tidak menginginkan hal tersebut? Tidak heran, hampir semua pengunjung yang datang cenderung mandi di bawah air terjun.

Terlepas dari mitos tersebut, sayang sekali jika Anda mengunjungi tempat ini tanpa mencoba mandi di bawah air terjun. Terutama mengingat aliran air yang sangat jernih dan menyegarkan, mengalir dari ketinggian sekitar 70 meter dan hampir tidak pernah mengalami penurunan volume.

Secara umum, aliran air di sini tidak terlalu deras, sehingga aman untuk mandi langsung di bawah air terjun atau bermain air di kolamnya.

Berburu Foto

Mandi di bawah air terjun bukanlah kewajiban saat mengunjungi Air Terjun Tancak Kembar. Tidak masalah jika Anda tidak ingin basah-basahan, karena masih banyak kegiatan menarik lainnya di sini.

Salah satunya adalah berburu foto, di mana terdapat banyak spot cantik yang dikelilingi oleh alam hijau, yang dapat Anda manfaatkan untuk menghasilkan gambar yang memukau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Meskipun berlokasi jauh dari pusat kota dan terpencil, Air Terjun Tancak Kembar yang cantik ini tidak berarti tidak dilengkapi dengan fasilitas. Meskipun fasilitasnya belum mencapai tingkat kesempurnaan, namun sudah cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan.

Fasilitas yang disediakan meliputi area parkir, dengan tempat parkir yang telah disiapkan di desa untuk para pengunjung. Di desa, tersedia juga mushola dan kamar mandi yang dapat digunakan oleh para wisatawan.

Setelah puas bermain dan merasa lapar, Anda dapat mengisi perut di warung makan yang tersebar di beberapa titik di desa. Sebagian besar fasilitas memang terletak di desa, bukan di area air terjun, namun hal ini sudah sangat membantu bagi para wisatawan.

Belum tahu destinasi liburan ke mana nanti? Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dimasukkan ke dalam daftar. Pesona dari dua air terjun kembar ini, dengan volume air yang hampir tidak pernah berkurang, dijamin akan memanjakan Anda. Keindahannya yang alami akan memberikan kesegaran bagi tubuh dan pikiran, cocok untuk menghilangkan kepenatan.

Ikuti tulisan menarik Novita Lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu