x

Iklan

Kata Teman Saya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 November 2023

Kamis, 21 Desember 2023 07:47 WIB

Pustakawan Cilik, Salah Satu Inovasi Perpustakaan MTsN 9 Bantul


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul (MTsN 9 Bantul)--Perpustakaan MTsN 9 Bantul luncurkan Pustakawan Cilik (PUSCIL) sebagai salah satu inovasi layanan perpustakaan yang berfokus pada siswa. Siswa akan belajar bersama dengan bimbingan pustakawan untuk melaksanakan beberapa kegiatan atau program kerja perpustakaan. Sebagai salah satu dari 9 inovasi layanan di perpustakaan MTsN 9 Bantul, inovasi ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan dengan melibatkan siswa di dalamnya.

 

PUSCIL terdiri dari 46 siswa perwakilan kelas 7, 8, dan 9. Komunitas PUSCIL terlaksana dengan baik dalam komando Duta PUSCIL yaitu Ainun Firdaus (8B) dan Shafa (8E). Adapun koordinator tiap kelas ialah Jessy, Zaza, Najwa, Kesya, Sulis, Aurora, April, Fiona, Haidar dan Nunik. Penyematan selempang PUSCIL sudah terlaksana dengan baik oleh Ibu Hj. Emi Masruroh, S.Pd. (Bunda Literasi Kabupaten Bantul), dilaksanakan kemarin tanggal 16 Oktober 2023 disaat kegiatan Kunjungan Bunda Literasi Kabupaten Bantul.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Kepala perpustakaan MTsN 9 Bantul, Yuni Iswari Dewi memaparkan bahwa PUSCIL ini terbentuk dari keprihatianan kondisi perpustakaan yaitu kondisi jumlah pustakawan di perpustakaan yang hanya satu, lalu pemustaka yang harus dilayani banyak, maka semua pemustaka tidak bisa terlayani dengan maksimal.

 

“Program kerja PUSCIL diantaranya adalah agenda pelatihan PUSCIL oleh pustakawan, belajar shelving (menata display buku), belajar mencari warta di koran terkait MTsN 9 Bantul, belajar input buku, dan bebersih rak buku,” papar Yuni.

 

Dari program ini, siswa diharapkan bisa memanfaatkan kegiatan perpustakaan secara maksimal sekaligus belajar berorganisasi sehingga mampu membentuk karakter mandiri, kreatif, dan tanggung jawab. (as)

Ikuti tulisan menarik Kata Teman Saya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terkini

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB