x

(FILES) Presiden Panitia Penyelenggara Piala Dunia Sepak Bola FIFA 2006 Franz Beckenbauer berpose di depan potret dirinya karya seniman Swiss Annelies Strba, saat pembukaan pameran Seni dan Sepak Bola yang diselenggarakan oleh parlemen Jerman di Berlin 1 Juni 2006. Legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer, juara dunia sebagai pemain pada tahun 1974 dan sebagai pelatih pada tahun 1990, meninggal pada 7 Januari 2024 pada usia 78 tahun, Federasi Jerman (DFB) mengumumkan pada 8 Januari 2024 kepada kantor pers SID, anak perusahaan AFP. (Foto oleh John MACDOUGALL / AFP) ?(AFP/JOHN MACDOUGALL)

Iklan

EWIL M. WOLOIN

Writer
Bergabung Sejak: 15 Juni 2023

Selasa, 9 Januari 2024 13:13 WIB

Selamat Jalan Der Kaiser, Franz Beckenbauer

Franz Beckenbauer, legenda sepak bola Jerman dan salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa, meninggal dunia dalam usia 78 tahun.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Franz Beckenbauer, legenda sepak bola Jerman dan salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa, meninggal dunia dalam usia 78 tahun. Kantor berita Jerman, DPA, Senin (8/1/2023) waktu setempat, melaporkan pihak keluarga mengonfirmasi meninggalnya Franz Beckenbauer melalui sebuah pernyataan. "Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan bahwa suami dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan tenang dalam tidurnya kemarin, Minggu (7 Januari), dikelilingi keluarganya," demikian pernyataan keluarga. "Kami meminta Anda untuk membiarkan kami berduka dalam hening dan menahan diri untuk tidak bertanya apa pun."

Ucapan dukacita pun mengalir atas meninggal dunianya Der Kaiser, julukan Franz Beckenbauer.
Dalam sebuah pernyataan, Bayern, klub yang pernah dibela Sang Kaisar, mengungkapkan rasa kehilangannya. "Dunia FC Bayern tidak lagi seperti dulu, tiba-tiba menjadi lebih gelap, lebih hening, lebih miskin," demikian Bayern.

"Berduka atas kehilangan Franz Beckenbauer, 'Kaiser' yang unik, yang tanpanya Bayern tidak akan pernah menjadi klub seperti sekarang ini," tulis Bayern.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Uli Hoeness, presiden kehormatan Bayern yang pernah bermain bersama Beckenbauer baik untuk klub maupun negaranya, juga menyampaikan dukacitanya. "Franz Beckenbauer adalah kepribadian terhebat yang pernah dimiliki FC Bayern. Sebagai pemain, pelatih, presiden, pribadi: tak terlupakan. Tidak ada yang akan menandinginya," tuturnya.

Rudi Voller, Direktur Tim Nasional Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan penyerang tim Piala Dunia 1990 menyatakan Jerman kehilangan sosok terhebatnya. "Saya menganggapnya sebagai salah satu hak istimewa dalam hidup saya untuk mengenal Franz Beckenbauer," ucapnya. "Waktu kami bersama di timnas dimahkotai dengan gelar Piala Dunia 1990 di Roma, sebuah gelar yang tidak akan mungkin terwujud tanpa performa kepelatihannya yang luar biasa," tuturnya. "Dalam diri Franz Beckenbauer, sepak bola Jerman kehilangan kepribadian terhebatnya, saya kehilangan seorang teman baik," demikian Rudi Voller.

Lothar Matthäus, kapten timnas Jerman pada 1990 itu, mengatakan, meninggalnya Sang Kaisar menjadi kerugian bagi sepak bola Jerman. "Kejutannya sangat dalam, meskipun saya tahu Franz sedang tidak sehat. Kematiannya merupakan kerugian bagi sepak bola dan Jerman secara keseluruhan," ucapnya. "Dia adalah salah satu pemain terhebat di dunia, pemain dan pelatih, tetapi juga di luar lapangan."

Franz Beckenbauer, yang lahir di Muenchen pada 11 September 1945, merupakan salah satu pemain sepak bola terhebat yang pernah ada. Ia memenangi Piala Dunia sebagai kapten Jerman Barat pada 1974 dan kembali mengangkat trofi sebagai pelatih pada 1990.

Beckenbauer adalah satu dari tiga orang yang memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, bersama Mário Zagallo (Brasil) dan Didier Deschamps bersama Perancis.
Beckenbauer, yang semasa bermain menempati posisi bek, bermain 582 kali untuk Bayern Muenchen dan memenangi kompetisi papan atas Jerman sebagai pemain dan pelatih.
Dijuluki Der Kaiser, sebagai pemain, ia memenangi Kejuaraan Eropa pada 1972 serta dua kali Ballon d'Or, yakni pada 1972 dan 1976.

Keanggunan dan kualitas kepemimpinannya di lapangan bersama Bayern dan timnas Jerman membuatnya mendapat julukan "Der Kaiser", yang diterjemahkan sebagai "Kaisar".
Legenda sepak bola dari Brasil, Pele, menyebutnya sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada.

Selamat jalan Der Kaiser, Franz Beckenbauer...

Ikuti tulisan menarik EWIL M. WOLOIN lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu