x

Iklan

Jayana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Januari 2024

Sabtu, 13 Januari 2024 05:26 WIB

Tips Menghias Nasi Tumpeng dengan Cantik Untuk Acara

Bagi anda, khususnya bagi warga Jakarta dan sekitarnya, jika anda ingin mengadakan acara peresmian, peresmian kantor, syukuran, perayaan ulang tahun atau hari besar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi anda, khususnya bagi warga Jakarta dan sekitarnya, jika anda ingin mengadakan acara peresmian, peresmian kantor, syukuran, perayaan ulang tahun atau hari besar. 

Nasi Tumpeng 

Dan anda ingin menyajikan nasi tumpeng untuk acara anda, jika anda ingin menyajikan nasi tumpeng dan berencana memesan Nasi Tumpeng namun bingung dengan bugdet yang anda miliki, anda tidak perlu kahawatir disini kami akan berikan cara menghias nasi tumpeng yang benar.

Tahukah anda, Nasi kuning tumpeng biasanya berisi nasi kuning, ayam goreng, perkedel kentang, telur mentah, suwiran daging sapi, orek tempe, kerupuk, lalapan, dan sambal. Nasi kuning tersebut kemudian dibentuk kerucut dan ditaruh di atas penampi dan dihias dengan lauk-pauk yang tersedia kemudian dimaniskan dengan pernak-pernik bunga yang terbuat dari sayur dan buah. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tiap bungkus nasi tumpeng dilengkapi dengan piring kecil, sendok makan, dan centong pipih untuk memotong nasi tumpeng. Terkadang nasi kuning pada tumpeng bisa diganti dengan nasi putih biasa atau nasi uduk. 

Cara Menghias Tumpeng

Beberapa lauk pauk yang biasa disajikan seperti ayam goreng, perkedel kentang, sambal balado, tempe dan tahu goreng, serta kerupuk. Berikut referensi Cara Menghias Nasi Tumpeng yang sederhana namun tetap menggoda:

Siapkan Alat-alat Yang Diperlukan

Sebelum Anda mulai membuat hiasan tumpeng, pastikan Anda sudah menyiapkan alat-alat yang diperlukan agar proses mendekorasi tumpeng menjadi lebih mudah. Alat yang dibutuhkan untuk menghias tumpeng ada beberapa yaitu cutter, pisau, lidi dan cetakan. 

Cutter dan pisau digunakan untuk memotong dan mengiris sayuran sebagai hiasan, termasuk membuat pola goresan pada bahan hiasan. Selain itu, tongkat juga penting untuk menjaga bahan dekoratif tetap tegak. Sedangkan cetakan digunakan untuk membentuk pola bulat kecil pada hiasan tumpeng.

Cetak Nasi Tumpeng

Cara menghias tumpeng dengan mencetak nasi tumpeng sedemikian rupa agar terlihat menarik. Sebelum mulai menghias nasi tumpeng, tentunya Anda perlu membuat nasi tumpeng terlebih dahulu. Dan tentukan apa nasi tersebut gunakan nasi kuning, nasi putih atau nasi lemak. Kalau nasi kuning, buatlah nasi kuning dengan campuran ketan agar tumpengnya lebih kokoh. Kalau nasinya lebih pulen, mending pakai nasi yang pulen supaya lebih nikmat. 

Atau jika anda ingin membentuk nasi tumpeng berbentuk kerucut, anda bisa menggunakan cetakan yang berbentuk kerucut sehingga anda dapat membentuk kerucut tersebut dengan cetakan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Menaruh Hiasan Lauk Sebagai Pusat Perhatian

Cara menghias tumpeng yang ketiga adalah dengan meletakkan lauk pauk di atas tumpeng sebagai pusat perhatian. Selain bentuk tumpeng yang tinggi dengan bentuk kerucut di tengah wadahnya, pilihlah lauk lain sebagai pusat perhatian dan dekorasi.

Anda bisa menggunakan lauk apa saja sesuai keinginan, tentunya harus sesuai dan cantik agar nasi tumpeng terlihat menawan. Bahan sederhana yang bisa digunakan yaitu pada bagian atas nasi tumpeng, hiasi dengan bunga cabai atau daun pisang agar terlihat cantik.

Pilih Warna Lauk Yang Kontras

Jika anda ingin menghias tumpeng sebaiknya anda tidak akan jauh dari pemilihan warna yang tepat. Lauk pauk tumpeng umumnya berwarna kecoklatan atau merah tua. Oleh karena itu, usahakan membuat penataan yang sangat menarik untuk mengelilingi nasi tumpeng agar terlihat cantik.

Misalnya ayam goreng, perkedel, dan orek tempe warnanya mirip, jadi jangan disamakan. Tumpengnya perlu diselingi dengan sayur warna-warni atau urapan. Warna yang serasi bisa membuat tumpeng terlihat menarik.

Dekorasi Natural Secukupnya

Cara menghias tumpeng selanjutnya adalah dengan menggunakan dekorasi natural secukupnya. Semua hiasan pada tumpeng bisa Anda gunakan dari bahan-bahan yang bisa dimakan. Hiasannya bisa berupa sayur dan buah.

Buatlah hiasan dari cabai yang bisa digunakan dengan bunga atau taburan. Wortel dan lobak dapat dibuat menjadi bentuk angsa atau yang lainnya, bunga atau burung atau anak ayam. Selain cantik, dekorasi ini juga aman karena terbuat dari bahan-bahan segar.

Sesuaikan Dengan Anggaran Anda

Mendekorasi tumpeng tentunya perlu mempertimbangkan budget yang Anda miliki. Sebelum mendekorasi, Anda perlu menentukan budget yang sesuai untuk mendapatkan dekorasi terbaik dan sesuai sehingga bisa menghemat uang dengan baik. Semua bahan dengan harga bersahabat bisa Anda dapatkan di pasar tradisional yang menyediakan berbagai perlengkapan dengan harga bersahabat. 

Penetapan anggaran memang diperlukan agar bahan yang akan Anda gunakan nantinya sesuai dengan yang Anda harapkan dan tentunya tidak melebihi anggaran yang Anda miliki. Setiap orang dapat dengan mudah memesan nasi tumpeng di wilayah anda secara online atau offline.

Namun perlu di perhatikan, nasi tumpeng yang ingin Anda pesan akan menjadi bagian penting dalam acara yang Anda selenggarakan, maka jangan sembarangan dalam memilih catering nasi tumpeng untuk acara penting Anda.

Meski mencari penyedia nasi tumpeng Jakarta saat ini tidaklah sulit, namun mencari nasi tumpeng Jakarta yang cocok sebenarnya cukup sulit. Meski banyak catering yang menerima pesanan nasi tumpeng.

Ikuti tulisan menarik Jayana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB