x

Iklan

Jujun Junaedi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Februari 2024

Minggu, 18 Februari 2024 09:28 WIB

Keindahan dan Kesejukan Pantai Base G Jayapura

Obyek wisata di Papua selalu mendapat perhatian positif dari para pengunjungnya, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Obyek wisata di Papua selalu mendapat perhatian positif dari para pengunjungnya, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Pantai Base G Jayapura merupakan salah satu contoh yang menakjubkan dengan pemandangan yang mampu menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan.

Pantai ini terhampar dengan butiran-butiran pasir putih yang halus, membentang secara keseluruhan dari satu ujung ke ujung lainnya. Pemandangan laut yang berwarna biru menawan hati dan mampu mempesona siapa pun yang melihatnya. Selain itu, gundukan bukit yang hijau dan menyejukkan turut mempercantik panorama pantai ini. Sungguh memukau!

Pantai ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan mancanegara karena pesonanya. Pantai Base G juga memiliki nilai sejarah yang menarik untuk dibahas. Awalnya dikenal sebagai Pantai Tanjung Ria, tempat ini dulunya merupakan markas bagi pasukan Sekutu selama Perang Dunia II. Huruf G pada nama pantai diambil dari abjad ke-7 yang menunjukkan homebase ke-7 bagi pasukan Sekutu.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Base G

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemandangan pantai yang menakjubkan didukung oleh nilai sejarah yang masih terasa kuat hingga saat ini, menjadikan pantai ini sebagai destinasi favorit para wisatawan. Seperti berada di surga, para pengunjung dapat merasakan ketenangan saat menikmati keindahan alam yang disajikan. Berkunjung ke sini tidak akan mengecewakan, mengingat beragam daya tariknya yang memikat.

Suguhan Panorama Pantai

Hal utama yang paling dicari dari sekian juta daya tarik pantai ini adalah panorama yang ditawarkannya. Berbeda dengan kunjungan ke desa yang sering disambut dengan tarian khas daerah, di Pantai Base G, wisatawan disambut dengan keindahan alam yang diciptakan oleh Sang Pencipta. Pasir putih yang halus, air laut biru, dan gundukan bukit yang hijau menjadikan pantai ini istimewa.

Melimpahnya Ikan-ikan

Tidak hanya panorama yang memukau, keberlimpahan ikan di sini juga patut diacungi jempol. Berbagai jenis ikan dengan ukuran yang beragam hidup harmonis di perairan sekitar pantai ini. Keberlimpahan ikan ini tidak hanya menarik, tetapi biota laut di sini juga tetap terjaga alami dan bersih dari tangan-tangan perusak alam.

Gulungan Ombak yang Tenang

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang seringkali memiliki ombak besar, Pantai Base G memiliki ombak yang relatif kecil. Keadaan ombak yang tenang ini menimbulkan kontras yang menarik dengan keindahan pantainya. Buih putih yang terbawa oleh gulungan ombaknya mengelus lembut pasir pantai yang putih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Apakah Anda telah mencatat Pantai Base G dalam daftar destinasi Anda? Jika ya, langkah selanjutnya adalah mengetahui alamat lengkap dan rute menuju miniatur surga ini. Pantai ini terletak di Kota Jayapura, Kecamatan Jayapura Utara, Desa Tanjung Ria, Papua. Lokasinya sekitar 10 km dari Distrik Jayapura Utara.

Akses jalan yang akan ditempuh oleh pengunjung sangatlah mudah. Perjalanan dari Kota Jayapura Utara memakan waktu sekitar 17 menit. Bagi wisatawan dari luar daerah, perjalanan mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat jaraknya yang cukup jauh, yakni sekitar 80 menit perjalanan dari Bandara Sentani.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Kinsa di Kota Jayapura Utara, lalu berbelok ke arah kiri menuju Jalan M. Yamin. Dari sana, mereka bisa berbelok kiri lagi ke Jalan Sujarwo Condronegoro. Selanjutnya, arahkan kendaraan ke kiri ke Jalan Tanjung Ria IV. Dari sini, ikuti rute jalan menuju Pantai Base G.

Bagi wisatawan yang mungkin berasal dari luar daerah dan tiba di Bandara Sentani, mereka dapat memulai perjalanan dari Jalan Bandara Sentani, lalu berbelok ke arah kiri menuju Jalan Raya Abepura. Ketika mencapai bundaran, ambillah jalan menuju Jalan Ardipura Raya. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai Jalan Dr. Sam Ratulangi, kemudian belok kanan ke Jalan Tanjung Ria IV untuk menemukan lokasi Pantai Base G.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Berkunjung ke Pantai Base G tidak memerlukan biaya yang besar karena pantai ini menawarkan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Bahkan, bagi mereka yang mungkin merupakan anak kos-kosan, dapat dengan mudah masuk ke pantai ini karena harga tiketnya yang ramah di kantong. Pantai ini cocok untuk dikunjungi oleh mereka yang ingin berlibur pantai dengan anggaran hemat.

Dengan hanya membayar sebesar Rp 5000 hingga Rp 10.000, wisatawan dapat menikmati keindahan panorama yang luar biasa dari pantai ini. Bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 20.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 50.000 untuk kendaraan roda empat. Hal ini karena kawasan ini masih dikelola oleh masyarakat setempat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Base G

1. Menyaksikan Kemegahan Sunrise

Janganlah heran jika di pagi hari, banyak wisatawan yang membanjiri Pantai Base G. Mereka semua menantikan momen indah matahari terbit yang akan mengagumkan. Langit gelap yang berubah menjadi jingga keunguan terlihat begitu memesona, sementara ombak laut yang tenang menambah keindahan pemandangan. Kicauan burung-burung dari gundukan bukit juga menambah suasana yang mempesona.

2. Memancing Limpahan Ikan

Memancing adalah kegiatan yang diminati oleh sebagian orang, termasuk mungkin Anda. Berkunjung ke sini merupakan pilihan yang tepat jika Anda adalah pemancing sejati. Anda dapat menikmati memancing di tempat ini dengan keberlimpahan ikan yang beragam jenis dan ukurannya. Selain itu, Anda akan ditemani oleh masyarakat sekitar yang juga menyukai kegiatan memancing.

3. Berenang Santai di Bibir Pantai

Ombak di Pantai Base G relatif kecil karena adanya pemecah gelombang yang dibangun sekitar 1 km dari bibir pantai oleh pengelola. Hal ini membuat ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Wisatawan dapat berenang di bagian tepi pantai karena area tersebut luas dengan kedalaman yang dangkal.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Lokasi pantai yang dekat dengan Kota Jayapura, serta rute dan akses perjalanan yang mudah, membuat fasilitas di pantai ini sudah tersedia lengkap dan memadai. Para wisatawan akan difasilitasi dengan berbagai sarana untuk memastikan kepuasan pengunjung. Oleh karena itu, Pantai Base G selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Area parkir di sini dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menaruh kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan harga yang sudah ditentukan. Kamar mandi dan toilet tersedia untuk kebersihan wisatawan setelah berenang atau bermain. Toilet juga dapat digunakan sebagai tempat untuk mengganti pakaian sebelum berenang.

Gazebo yang tersedia dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bersantai sambil berbincang dengan keluarga, menikmati pesona panorama pantai. Warung makan di sini juga akan melengkapi pengalaman selama berada di sini. Berbagai jenis makanan dan minuman tersedia untuk para pengunjung. Wisatawan dapat menikmati kesejukan dari rimbunnya pepohonan sambil menikmati hidangan di bawah gazebo.

Jadi, bagi Anda yang merasa lelah, entah karena pekerjaan atau alasan lainnya, itu menandakan bahwa otak Anda perlu istirahat. Beristirahat di Pantai Base G Jayapura merupakan pilihan yang cerdas dan efektif untuk menghilangkan kelelahan. Harga tiket yang ramah tidak akan menambah kelelahan para pengunjung selama berlibur di sini.

Demikian ulasan tentang Keindahan dan Kesejukan Pantai Base G Jayapura seperti yang dilansir slot gacor 777, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Jujun Junaedi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB