x

Iklan

riap windhu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Presentasi Penjualan Dengan Stand Up Selling

Presentasi harus mampu menjawab kebutuhan dan solusi calon pelanggan sehingga merasa yakin dan segera mengambil keputusan pembelian.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Presentasi Penjualan Dengan Stand Up Selling

 

PRESENTASI  penjualan yang efektif dan  dapat diterima dengan baik oleh calon pelanggan, akan berpengaruh besar terhadap hasil penjualan. Presentasi harus mampu menjawab kebutuhan dan solusi calon pelanggan sehingga merasa yakin dan segera mengambil keputusan pembelian.

Hal ini disampaikan oleh Dedy Budiman , Champion Sales Trainer, dalam acara Sales Gathering On Ramadhan (SEGER) 2015, bertema Stand Up Selling dari Komunitas Sales Indonesia (KOMISI), di Fave Hotel, Blok M, Jumat (3/7) lalu.

"Presentasi adalah salah satu tugas yang harus dilakukan oleh seorang sales untuk mendapatkan penjualan," tukas Dedy, di hadapan 120 tenaga sales dari berbagai jenis industri yang hadir.

Presentasi penjualan, ibaratnya seperti pemberian hadiah kepada calon pelanggan. Sebelum meminta calon pelanggan membeli produk ataupun jasa yang dijual, calon pelanggan  harus diberi hadiah berupa presentasi yang menarik. Presentasi berasal dari kata dasar present yang artinya pemberian atau  hadiah.

Dedy, yang juga Founder KOMISI  menjelaskan, presentasi yang baik bukanlah sekedar tatap muka atau asal bicara. Ada teknik yang harus dikuasai supaya penyampaian materi  dapat menarik dan menjual.

Stand up Selling dimaknai sebagai suatu bentuk presentasi materi penjualan secara langsung memenuhi lima unsur, yakni Menyenangkan, Edukatif, Meyakinkan, Memotivasi, dan Mengubah Pola Pikir.


Struktur Penting Presentasi

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Presentasi yang efektif dimulai dari sebuah tujuan yang jelas. Tujuan presentasi dimulai dengan apa yang ingin disampaikan. Tentu saja dengan tidak melupakan siapa peserta yang akan mendengarkan presentasi. Contohnya adalah “Saya ingin pelanggan yakin dengan produk yang saya tawarkan.”

Jika seseorang yang melakukan presentasi  tidak mengetahui apa yang ingin dicapai dalam sebuah presentasi, maka yang mendengarkan pun tidak akan memahami apa yang disampaikan. Setiap calon pembeli atau pelanggan memiliki kebutuhan. Tugas seorang tenaga penjual adalah mempertemukan kebutuhan itu dengan memberikan solusi yang tepat dan benar-benar dibutuhkan

Presentasi yang efektif harus memperhatikan empat struktur penting, yaitu (1) Bagaimana membuka presentasi dengan menarik dengan ask question, quotes, dan Survey,(2) menyampaikan kebutuhan dan permasalahan yang berdampak langsung pada pendengar atau calon pelanggan melalui clock technique dan triangle technique, (3) memberikan pemecahan masalah dengan menyampaikan bagaimana kebutuhan pendengar dapat terpenuhi dan masalah dapat diselesaikan dengan metode cerita dan penyampaian testimoni, (4) mengajak pendengar untuk mengambil tindakan yang harus dilakukan, yakni melakukan pembelian.

Sales On Gathering

Kegiatan Sales Gathering on Ramadhan Jakarta tahun 2015 berlangsung dengan menarik, penuh keceriaan, dan penuh ilmu bermanfaat yang berguna bagi para sales. Acara  ini sarat dengan permainan dan hadiah doorprize. Acara diakhiri dengan buka puasa puasa bersama di kafe Oey. Kegiatan disponsori oleh DB Inc, Mircrosoft, dan advan

SEGER merupakan acara di bulan ramadhan tahun ke-4, yang dilakukan oleh Komunitas Sales Indonesia (KOMISI), yang didirikan pada tanggal 11 November 2011. Tahun ini SEGER dilakukan di lima kota, yakni Medan, Bandung, Bali, Jakarta, dan Semarang.

KOMISI, organisasi non profit yang mengusung diri sebagai rumah para sales ini berupaya meningkatkan citra tenaga penjual (sales) yang saat ini masih dianggap bukan sebagai profesi pilihan.

Setidaknya sebanyak 4 kali dalam setahun diadakan agenda workshop untuk sales untuk penyampaian ilmu sales bermanfaat dengan biaya yang terjangkau.

Setiap sales Indonesia dari berbagai bidang dapat bergabung dalam milis, facebook, dan akun media sosial KOMISI.  Pendaftaran sangat mudah hanya dengan mengirimkan email ke komunitassalesindonesia-subscribe@yahoogroups.com atau follow FB: Komisi Nasional dan Twitter: @Komisi_Nasional. (#dhu)

 

Ikuti tulisan menarik riap windhu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

14 jam lalu

Terpopuler