x

Sebuah Alat berat menurunkan muatan batubara dari kapal tongkang di pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. TEMPO/Iqbal Lubis

Iklan

sono rumungso

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mampukah Pasukan Elite Indonesia Bebaskan 10 Sandera Abu Sayyaf?

10 WNI diculik dan disandera oleh kelompok teroris Abu Sayaf

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebuah kapal tongkang yang didalamnya terdapat 10 anak buah kapal asal Indonesia telah dibajak oleh sebuah kelompok yang diduga kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Kapal tongkang Anand 12  sedang membawa 7 ribu ton batu bara ketika dibajak. Belakangan diketahui bahwa para pembajak menginginkan tebusan sebesar Rp. 12 milyar.

Saat ini Pemerintah Indonesai telah menjalin komunikasi yang intensif dengan Pilipina untuk pembebasan sandera. Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menlu Retno mengatakan pemerintah masih menjajaki opsi terbaik untuk menyelamatkan para sandera. Indonesia salah satu opsinya adalah menawarkan bantuan militer kepada Pilipina, meskipun kita juga mendengar bahwa tawaran ini ditolak dengan berbagai alasan.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, bakal menyiapkan kapal tempur untuk membebaskan 10 warga negara Indonesia yang disandera kelompok saparatis Abu Sayyaf di Filipina. Operasi pembebasan ini juga bakal melibatkan pasukan elite Detasemen Jalamengkara (Denjaka) Marinir TNI AL. Panglima TNI yang langsung menyusun strategi operasi pembebasan awak (tempo.co, 30 Maret 2016)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kita patut berbangga karena memiliki pasukan elit yang salah satunya adalah Denjaka. Detasemen Jala Mangkara (disingkat DENJAKA) adalah sebuah detasemen pasukan khusus TNI Angkatan Laut. DENJAKA adalah satuan gabungan antara personel KOPASKA dan YONTAIFIB Korps Marinir TNI-AL. Anggota Denjaka dididik di Bumi Marinir Cilandak dan harus menyelesaikan suatu pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Lama pendidikan ini adalah 9 bulan. Intinya DENJAKA memang dikhususkan untuk satuan anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan dimana saja terutama anti teror aspek laut. Dalam segi tingkat kemampuan 1 orang DENJAKA sama dengan 120 orang TNI (wikipedia).

Kita berharap yang terbaik bagi 10 ABK Indonesia yang saat ini dibawa di markas Abu Sayyaf. Kita berdoa supaya mereka bisa dipulangkan dengan selamat dan bisa kembali bertemua keluarga masing-masing.

Keberhasilan dalam pembebasan sandera ini akan menjadi pertaruhan pasukan elit yang kita miliki.

Ikuti tulisan menarik sono rumungso lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler