x

Iklan

Marissa Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Raih APE 2016, Makassar Cetak Sejarah

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto kembali mengukir sejarah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto kembali mengukir sejarah. Setelah 12 tahun lamanya, akhirnya Makassar berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2016 dengan predikat Madya (Pengembang) setingkat di atas Pratama (Peletakan Dasar).

Penghargaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla kepada Danny Pomanto, sapaan akrab Wali Kota Makassar di Istana wakil Presiden, Rabu (21/12).

Kota yang meraih penghargaan APE 2016 berhasil mendapatkan pengakuan dari KPPPA atas komitmen serta peran Wali Kota dan Pemerintah Kota dalam upaya mewujudkan kesetaraan, keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Alhamdulillah, kesungguhan Pemerintah Kota dalam mewujudkan Makassar yang berspektif gender berbuah penghargaan dari Pemerintah Pusat,” ujar Danny.

Menurutnya, penghargaan bukanlah yang utama, namun menjadi penanda dan pembanding bahwa Pemerintah Kota bersama seluruh komponen masyarakat telah berjalan pada alur yang tepat atau ‘on the track’ demi mewujudkan Makassar Dua kali Tambah Baik. Sebagai informasi, penilaian APE dilihat dari tujuh komponen, yaitu Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, SDA dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender, dan partisipasi Publik.

Prestasi Makassar kali ini juga mendapatkan apresiasi positif dari Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Makassar, Tenri A. Palallo bahwa Makassar telah menorehkan berbagai prestasi selama kepemimpinan Danny Pomanto.

“Menjadi sejarah bagi Makassar Karena setelah 12 tahun, kita berhasil meraih Penghargaan APE Tahun 2016 yang melompat dari kebiasaan. Lompat dari predikat Pratama (Peletakan Dasar) ke predikat Madya (Pengembang),” ungkap Tenri.

Tenri juga menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi bukti bahwa Wali Kota Danny adalah Wali Kota yang memiliki kepedulian tinggi terhadap isu-isu gender dan telah cukup berhasil membangun Pemerintahan tanpa diskriminasi dan menjadikan Makassar sebagai Kota dunia yang nyaman untuk semua.

Ikuti tulisan menarik Marissa Firmansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu