x

Iklan

Yesia Sinaga

Berkarya Untuk Indonesia
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kecerdasan Buatan Menjadi Peluang atau Ancaman ?

Target Marketing Bisnis yang menjadi Trend di Indonesia ialah Generasi Millennials. how we see it ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sudah menjadi Hukumnya di dalam dunia Bisnis, Pembisnis wajib melihat Perilaku Konsumen sebagai tujuan Targeting Customers, dimana Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan bagi Konsumen.

Bagaimana kita Mengenal Generasi Millennials ?

Generasi Millennials di tahun 1980an dipengaruhi oleh masa lalu yang sulit, dan juga masa depan yang menjanjikan. Dapat dikatakan mereka menjadi lebih fleksibel terhadap kehidupan dan pekerjaan, namun tetap ingin menggapai kesempatan yang terlihat di depan mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jadi, untuk generasi 1980an, mereka selalu membandingkan produk di dua platform pembelanjaan (Online & Offline) untuk mendapatkan barang yang terbaik.

Sebaliknya, Generasi Millennials 1990an hidup di situasi kehidupan masa depan yang lebih menjanjikan. Mereka hanya ingin bekerja sesuai dengan apa yang mereka rasa cocok dan sukai tanpa memisahkan kedua elemen itu.

Jadi, untuk generasi 1990an adalah “Experience”, terutama pola belanja mereka yang tidak berhenti setelah mereka berbelanja. Mereka cenderung untuk berbagi pengalaman mereka pasca belanja.

(Sumber : Survey HILL ASEAN)

Indonesia merupakan tempat dimana pasar terbesar dan perilaku konsumen yang lebih condong mengikuti trend social kekinian. Alat Digital menjadi bantuan untuk mencari kebutuhan dan keinginan mereka. "Semakin besar pendapatan/penghasilan, semakin besar juga keinginan", Artinya Kebutuhan bukan lagi menjadi kebutuhan primer tetapi mereka yang memiliki penghasilan tinggi sudah menjadi kebutuhan sekunder.

Industri Trend yang terjadi akhir-akhir ini ialah produk Fashion dan Food. Kedua industri tersebut harus mulai dilihat sebagai Targeting yang akan menjadi Sasaran Konsumen.

Bagaimana Hubungan antara Trend Social dan Generasi Millennials ?

Dalam sebuah Perusahaan sudah pasti memiliki Target Marketing , yakni Targeting, Positioning, dan Segmenting.

Strategi di atas menjadi Kekuatan untuk melakukan Analisa Pasar.

Hal Pertama yang dilakukan ialah Survey Pasar, dimana tujuan untuk mengenalkan Produk kepada konsumen, Kedua ialah membangun kepercayaan kepada konsumen agar dapat dipakai, dan ketiga ialah melakukan Service kepada konsumen melalui Komunikasi agar menjadi pelanggan tetap.

Kunci untuk mencapai strategi pemasaran diatas, ialah Pemasaran Digital secara terus - menerus (Update) secara Kreatif dan Inovatif dengan melihat Perilaku Konsumen (Generasi Millennial).

Kenapa Harus Terus - Menerus ?

Kebanyakan Perusahan mempromosikan flat, artinya tidak bisa membangun komunikasi yang baik karena Konsumen membutuhkan hal yang baru.

 

Ikuti tulisan menarik Yesia Sinaga lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu