x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Aplikasi Payroll Terbaik Ini Mudahkan HRD dan Perusahaan

Aplikasi Payroll Terbaik Ini Mudahkan HRD dan Perusahaan - Secara umum, HR perusahaan lebih menyenangi software HRD mode "palugada", alias satu software untuk menuntaskan semua tipe pekerjaan administrasi pegawai. Pemikirannya pasti tidak cuma lebih irit ongkos, tapi juga lebih ringkas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Secara umum, HR perusahaan lebih menyenangi software HRD mode "palugada", alias satu software untuk menuntaskan semua tipe pekerjaan administrasi pegawai. Pemikirannya pasti tidak cuma lebih irit ongkos, tapi juga lebih ringkas.

Software digital dengan bermacam feature tidak cuma tawarkan semakin banyak peranan, tapi juga lebih gampang dan bisa lebih cepat dalam menuntaskan tugas. Sebagai contoh, hitung upah pegawai sekalian PPh 21 dengan 1 program semakin lebih efektif daripada memakai program pengupahan dan software pajak secara terpisah. Itu penyebabnya, program yang serba dapat dan kaya feature makin menarik dibandingkan yang mempunyai feature terbatas. Lantas, sejumlah fitur apa yang harus ada pada software pengupahan pegawai? Feature-Fitur dalam Program Payroll yang Paling HRD Butuhkan :

Fitur hitung gaji otomatis

Fungsi pokok dari software payroll ialah mempermudah proses pengupahan pegawai. Karenanya, feature kalkulasi upah sebaiknya automatis dan tepat, hingga mengirit waktu kerja HR dan tekan resiko kekeliruan kalkulasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Misalnya ialah feature kalkulasi upah online di program payroll terbaik, Gadjian yang bisa menghitung tiap pendapatan pegawai secara automatis . Maka, Anda dapat tinggalkan langkah kalkulasi manual dengan rumus-rumus Excel.Feature ini hitung semua wujud ganti rugi keuangan yang diterima pegawai, seperti upah, sokongan, bonus, komisi, dan sokongan hari raya. Tidak ketinggal, gaji lembur dapat dihitung automatis sama sesuai rumus penghitungan yang diputuskan oleh ketentuan pemerintahan.

Fitur kelola shift kerja

Fitur shift kerja sering diperlukan oleh perusahaan yang mengaplikasikan agenda kerja bergiliran, yang memerlukan penataan dan pembagian jam masuk kerja. Misalkan, industri dengan tipe usaha yang sudah dilakukan terus-terusan atau yang bekerja lebih dari delapan jam satu hari harus mengaplikasikan skema kerja shift.

Gadjian mempunyai feature urus shift kerja untuk menolong membuat agenda shift pegawai secara automatis. Dengan feature ini, Anda tidak perlu ribet membuat agenda kerja mingguan atau bulanan lewat cara manual.
Feature PPh 21 automatis

PPh 21 pegawai ialah sisi sulit dan kuras waktu dalam pengupahan. HR harus pahami ketentuan pajak pendapatan dan tata langkah penghitungan untuk harus pajak orang individu. Berikut argumen khusus kenapa feature PPh 21 automatis harus ada pada program payroll terbaik.

Gadjian mempunyai feature PPh 21 online yang bisa hitung pajak pegawai secara automatis. Feature ini ibarat kalkulator pajak yang hitung potongan pajak pegawai yang perlu dikurangi dari pendapatan, seperti upah, sokongan, bonus, dan penghasilan lain, yang hendak hasilkan pendapatan bersih (take-home pay) di slip upah online pegawai.

Anda bisa hitung PPh 21 pegawai masih tetap, kontrak, atau harian dengan 3 sistem: gross, gross up, dan nett, dan sama sesuai ketentuan perpajakan terkini. Disamping itu, feature ini menolong laporan e-SPT pegawai dengan sediakan file CSV.

Fitur BPJS online

Software payroll Indonesia harus mempunyai feature BPJS online. Ini penting, karena tiap bulan perusahaan harus hitung dan menyerahkan pungutan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan sebagai wujud kepesertaan dalam program asuransi sosial yang diatur negara. Pungutan ini dijamin oleh perusahaan dan pegawai dengan prosentase tertentu yang ditata pemerintahan.

Kalkulator BPJS di Gadjian menolong mengefisienkan penghitungan premi Agunan Kematian, Agunan Kecelakaan Kerja, Agunan Hari Tua, Agunan Pensiun, dan Agunan Kesehatan. Feature ini automatis hasilkan nominal di slip upah, berbentuk sokongan BPJS dari perusahaan dan pungutan yang dipotong dari upah pegawai.

Fitur cuti online

Proses cuti manual kerap kali lama, berbelit-belit, dan tidak efektif, mulai dari pengajuan, kesepakatan, sampai pendataan. Feature cuti online membuat proses itu lebih simpel dan singkat. Pengajuan dan kesepakatan cuti tidak memerlukan form kertas (paperless), tapi cukup dari program.

Feature cuti online di Gadjian menulis automatis tersisa cuti tiap pegawai secara real-time, hingga Anda tak perlu ribet lakukan pendataan data cuti lewat cara manual. Demikian cuti disepakati, karena itu langsung akan menggunting hak cuti tahunan pegawai berkaitan. Hak cuti pegawai menurut Depnaker ialah 12 hari satu tahun.

Fitur struktur dan skala upah

Mengapa fitur ini penting? Susunan dan rasio gaji harus diatur oleh tiap perusahaan sebagai dasar penggajian di perusahaan, yang berisi info range gaji paling kecil sampai paling besar untuk kedudukan paling rendah sampai paling tinggi.

Membuat susunan dan rasio gaji dapat dilaksanakan manual dengan Excel memakai beberapa sistem. Tapi, langkah paling ringkas ialah memakai feature susunan dan rasio gaji di Gadjian, yang bisa tampilkan range nominal upah dasar secara automatis. Seterusnya, Anda tinggal lakukan rekonsilasi periodik jika dibutuhkan sebagai penghargaan atas performa pegawai.

Fitur pembayaran gaji online

Fitur bayar upah online tidak kalah penting, bahkan juga benar-benar diperlukan oleh perusahaan yang umum memakai mekanisme pembayaran upah lewat bank. Feature pembayaran online di software payroll menolong perusahaan bayar upah pegawai on time.

Admin HR/Finance tak perlu ribet ke bank atau ATM. Cukup hanya sekali click di program, upah pegawai automatis ditransfer ke rekening mereka semasing. Proses ini lebih efektif dan semakin aman. Contoh feature ini ialah Berdikari Kontan Manajemen (MCM) dan program Flip yang terpadu dengan Gadjian.

Baca Juga : Software HRIS.

Fitur akses gratis benefit karyawan

Jangan salah, walau terlihat sepele, keuntungan pegawai bisa dibuktikan dapat tingkatkan kepribadian pegawai dan menggerakkan keproduktifan. Keuntungan dapat berbentuk apa yang diperlukan pegawai di luar ganti rugi keuangan. Karenanya, software yang sediakan keuntungan lebih berguna untuk perusahaan dan pegawai.

Keuntungan pegawai ada di marketplace Payuung yang bisa dijangkau dari Gadjian. Di basis digital ini, Anda bisa pilih beragam keuntungan pegawai pada harga dapat dijangkau tetapi mempunyai faedah maksimal, seperti utang pegawai, asuransi, atau voucer hadiah untuk berikan motivasi pegawai.

Simak Juga : Kamarset.

Fitur kelola data kehadiran karyawan

Fitur ini juga penting. Data mangkirsi kedatangan pegawai tidak cuma dipakai untuk hitung sokongan kedatangan, seperti uang makan dan transport, tapi juga memandang tingkat keterdisiplinan dan performa pegawai pada umumnya, misalkan siapakah yang kerap tiba telat atau sering absen kerja.

Gadjian terpadu dengan program mangkirsi digital Hadirr yang bermanfaat untuk menolong HR menulis automatis kedatangan pegawai di beberapa titik yang sudah disetujui. Hadirr bisa mengawasi kedatangan pegawai real-time, menulis jam kerja lembur, menulis agenda kerja harian, dan mempermudah reimbursement online.

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu