x

Iklan

Kodim 0716/Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Linmas Kenduren Dapat Pelatihan dari Koramil 06 Wedung

kegiatan pelatihan Linmas di Buper Nglimut Kec. Boja. Kendal

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

DEMAK –  Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Bati Tuud Pelda Abu Tholka dan Babinsa Desa Kenduren Serka Fery Dwi.P dari Koramil 06/wedung Dim 0716/Demak menyelenggarakan acara pelatihan Linmas dalam rangka pemberdayaan kegiatan pelatihan Linmas di Buper Nglimut Kec. Boja. Kendal, Senin (15/01/2018).
 
Barisan Linmas merupakan tenaga inti Keamanan  sebagai kader penggerak, pengemban dan pengaman program-program sosial kemasyarakatan Linmas. Kader yang maksud adalah anggota Pengerak Keamanan yang memiliki kualifikasi disiplin dan dedikasi yang tinggi, ketahanan fisik dan mental yang tangguh, penuh daya juang dan religius sebagai benteng masyarakat dan dapat mewujudkan cita-cita masyarakat dan kemaslahatan umum. 
 
Adapun materi baris-berbaris yang diberikan oleh Koramil 06/Wedung meliputi Pengertian Baris Berbaris adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu. Sedangkan Maksud Umum adalah suatu latihan awal membela negara dan dapat membedakan hak dan kewajiban, dengan maksud untuk menanamkan rasa disiplin, mempertebal rasa semangat kebersamaan. 
 
Sedangkan Tujuan dari PBB adalah Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna. Rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas. Disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan ppribadi yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri.
 
Linmas juga mempunyai beberapa fungsi yakni membantu memelihara dan meningkatkan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.
 
Peran Linmas dalam Pilkada, Pileg dan Pilpres memang sangat diperlukan dalam membantu pihak keamanan dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.
 
Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kades Bpk. H.Muanam Yuhdi,S.Pd beserta Linmas dan kepada semua pihak yang telah mendukung/membantu dan melatih pada anggota Linmas, Khususnya kepada Koramil 06/Wedung dan Polsek Wedung yang sudah melatih baris-berbaris agar anggota Linmas kami bisa mengusai betul-betul tentang baris-berbaris serta dapat melaksanakan gerakan tersebut dengan benar. Harapan kedepan supaya kegiatan seperti ini tetap terjalin dan lebih ditingkatkan lagi. (Pendim 0716/Demak)
 

Ikuti tulisan menarik Kodim 0716/Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu