x

Pelajar sekolah dasar berkebutuhan khusus mengikuti ujian nasional di sekolahnya Sekoloah Luar Biasa Bagian Tuna Netra Surakarta, Jawa Tengah, 15 Mei 2017. Di Surakarta sebanyak 22 pelajar berkebutuhan khusus dihari pertama mengikuti ujian Nasional d

Iklan

Abdul Latip

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pentingnya Pembiasaan dalam Menghadapi Soal HOTS

"Perlu pembiasaan dalam menghadapi soal HOTS, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam proses penilaian di Kelas"

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa minggu ini ramai dibicarakan tentang adanya soal HOTS yang muncul di ujian tingkat SMA/SMK baik di USBN maupun di UNBK. Menyoal tentang soal HOTS sebenarnya sudah sering disampaikan kepada guru dalam berbagai forum. Namun tampaknya belum semua guru memberikan pembiasaan proses dan penilaian yang mengarah pada HOTS dalam pembelajaran di Kelas, akibatnya banyak siswa yang merasa kaget dengan soal tipe HOTS ini.

Soal HOTS membutuhkan penyelesaian yang didasarkan pada sebuah konstruksi pemikiran dan pemahaman bermakna akan konsep yang diujikan, jika siswa hanya sekedar mengetahui konsep namun tidak dapat mengkonstruksi dan memahami konsep dengan benar, maka sudah dipastikan siswa tersebut akan mengalami kesulitan jika mendapatkan soal tipe HOTS.

Proses konstruksi pemikiran dan pemahaman akan sebuah konsep perlu dibiasakan dalam pembelajaran di Kelas, proses pembelajaran yang diberikan di Kelas sebaiknya tidak hanya sekedar transfer pengetahuan dari guru kepada siswa. Lebih dari itu, proses pembelajaran di Kelas perlu dirancang agar siswa mampu membangun dan menemukan konsep melalui proses pemikiran yang kritis dan konstruktif. Pembelajaran yang dirancang seperti ini akan menjadi langkah pembiasaan bagi siswa dalam menghadapi soal-soal tipe HOTS.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembiasaan mengajak siswa berpikir kritis dan konstruktif dapat dilakukan dengan memberikan berbagai teks atau wacana yang berkaitan dengan konsep yang dipelajari. Teks atau wacana yang diberikan dalam pembelajaran tersebut selanjutnya dianalisis oleh siswa dengan dituntun oleh berbagai pertanyaan dari guru. Pemberian teks atau wacana dalam pembelajaran di kelas diharapkan menjadi bekal siswa untuk menghadapi soal-soal tipe HOTS yang memiliki karakteristik selalu memuat teks atau wacana dalam setiap soalnya. Jika siswa tidak dibiasakan mebaca teks atau wacana, maka kemungkinan akan mengalami kesulitan ketika menghadapai soal-soal tipe HOTS.

Selain dalam proses pembelajaran, pembiasaan menghadapi soal HOTS juga perlu dilakukan dalam proses penilaian pembelajaran baik dalam ulangan harian maupun ujian lain yang dilakukan oleh guru. Jika soal-soal tipe HOTS ini sudah sering diberikan kepada siswa dalam setiap ulangan atau ujian lain, maka siswa pun akan terbiasa dan tidak merasa kaget ketika menemukan soal HOTS dalam USBN dan UNBK.

Maka ‘beriak’ nya siswa-siswa karena kaget dengan soal HOTS dalam USBN dan UNBK merupakan bentuk belum terbiasanya siswa dengan soal tipe HOTS. Jika siswa sudah dibiasakan dalam pembelajaran dengan proses dan penilaian yang mengarah pada soal HOTS, maka siswa pun tidak akan kaget ketika menemukannya dalam USBN atau UNBK.

Ikuti tulisan menarik Abdul Latip lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler