x

Iklan

Kris Santi Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pesona Cemoro Lawang, Pintu Gerbang Masuk Kawasan Bromo

Cemoro Lawang itu sendiri sering disebut sebagai gerbang masuk kawasan Bromo. Desa ini terletak di atas ketinggian 2.200.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang mengagumkan dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Kawasan Bromo. Kawasan Bromo memiliki banyak daya tariknya, dari mulai pemandangan yang indah, hingga budaya masyarakat sekitar.

Nah, untuk mencapai Kawasan Bromo ada banyak cara dan salah satu jalan yang bisa anda tempuh untuk sampai di Kawasan Bromo yaitu jalur Cemoro Lawang. Cemoro Lawang itu sendiri menjadi jalur yang banyak disukai oleh para wisatawan. Dijuluki sebagai pintu gerbang Kawasan Bromo, Cemoro Lawang sebenarnya sudah menyuguhkan keindahan yang akan membuat anda terpesona.

Pesona Cemoro Lawang, Pintu Gerbang Masuk Kawasan Bromo

Wisata Gunung Bromo di Jawa Timur, menjadi salah satu destinasi wisata yang mengagumkan yang membuat para wisatawan terpana. Sebelum memasuki kawasan Bromo, ada sebuah desa yang eksotis berbatasan langsung dengan lautan pasir Bromo. Desa tersebut bernama Cemoro Lawang. Cemoro Lawang itu sendiri sering disebut sebagai gerbang masuk kawasan Bromo. Desa ini terletak di atas ketinggian 2.200.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Desa ini dihuni oleh suku Tengger. Ada istiadat sangat kental di suku ini. Berkat kepercayaan suku ini terhadap leluhurnya, kawasan Bromo diketahui tetap lestari.

Saat masuk ke desa ini, anda akan melihat jejeran tanaman yang ditata begitu cantik. Dimana itu menjadi salah satu keindahan dari Desa Cemoro Lawang. Di Cemoro Lawang anda bisa menikmati hamparan kabut yang menyelimuti bagian desa. Sehingga tak heran jika banyak orang yang menjuluki tempat ini 'Negeri di Atas Awan'. Pohon pinus tumbuh menjulang dengan deretan vegetasi hijau yang rapi. Dimana hal itu menambah pesona dari Cemoro Lawang. Udara dingin serta sedikit berkabut sudah menjadi nuansa sehari-hari disini. Namun yang paling menarik yaitu pemandangan Sunrise yang memukau.

Gerbang Menuju Gunung Bromo

Cemoro Lawang memang sering disebut sebagai gerbang masuk ke kawasan Bromo. Cemoro Lawang itu sendiri namanya memiliki arti sebagai pohon cemara yang dibuat menjadi pintu. Nama tersebut berasal dari bahasa Jawa, yaitu Cemoro dan Lawang.  Cemoro memiliki arti pohon cemara, serta lawang memiliki arti pintu. Jika dilihat dari ketinggian, desa ini memang banyak pohon cemara. Jika anda ingin melihat pemandangan keren Desa Cemoro Lawang, sebaiknya anda melihatnya dari tempat yang tinggi, yaitu Pananjakan.

Transportasi Untuk Mencapai Cemoro Lawang

Untuk anda yang ingin melihat keindahan Cemoro Lawang, serta Kawasan Bromo, titik perjalanan anda akan dimulai dari Probolinggo. Sehingga untuk ke tempat tersebut anda akan terlebih dahulu ke Probolinggo. Apabila anda sudah sampai di Probolinggo atau terminal Probolinggo, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan, Bison. Bison itu sendiri merupakan angkutan umum seperti mobil elf yang menjadi transfortasi umum untuk mereka yang ingin pergi ke Bromo via Desa Cemoro Lawang. Dengan menggunakan Bison anda akan langsung di bawa ke Cemoro Lawang. Di Cemoro Lawang banyak homestay dan hotel. Jika ingin menginap anda bisa menyewa hotel atau homestay disini.

Nah, untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman, anda  bisa memilih Kawasan Bromo sebagai tempat wisata tujuan anda. Selain disuguhkan Gunung Bromo yang menakjubkan, anda juga akan disuguhkan keindahan Cemoro Lawang.

Ikuti tulisan menarik Kris Santi Handayani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB