x

Laga SEA Games

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 25 November 2019 15:02 WIB

Jalan Timnas U-23 Meraih Emas Sea Games, Singkirkan Thailand U-23

Tidak ada cara lain untuk memuluskan langkah meriah emas SEA Games, kecuali kalahkan Thailand U-23

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya


Beban meraih medali emas SEA Games, bukan hanya dirasakan oleh penggawa Garuda, namun juga oleh para pemain sepak bola dari Vietnam, Thailand, dan juga Malaysia. Mereka semua dituntut oleh masing-masing federasi dan publiknya. Karenanya perhelatan sepak bola Asia Tenggara kali ini, tentu akan sangat menarik, khususnya bagi empat negara tersebut bila bicara di level U-23.

Siapa Timnas sepak bola SEA Games Filipina 2019 yang akan mampu menyingkirkan beban dari pikiran, hingga berbuah menjadi capaian yang digariskan?

Untuk pasukan Timnas Indonesia U-23, akan memulai perjuangan menghadapi Thailand U-23 pada laga perdana Grup B di Rizal Memoriam Stadium, Selasa (26/11/2019) sore.

Laga perdana bagi kedua tim akan sangat krusial. Sebab, siapapun yang kalah, tentu akan lebih sulit bersaing meraih dua tiket ke semi final dari Grup B.

Indra Sjafri dan pasukannya, bukanlah Timnas Senior yang telah lima kali terpurukk di ajang Kualifikasi Piala Dunia, termasuk dibantai Thailand. Namun pasukan yang kini datang ke Filipina adalah pasukan yang siap merebut medali emas. 

Sudah 28 tahun, Garuda Muda puasa gelar di SEA Games. Maka tahun 2019 ini adalah harapan untuk memutus puasa medali emas sejak terakhir meraihnya 28 tahun lalu usai mengandaskan Thailand di final lewat adu penalti.

Laga perdana meladeni Thailand tentu akan mengingatkan memori 28 tahun lalu, karenanya Timnas U-23 hukumnya wajib menang. Kemenangan di laga perdana juga tentu akan menambah motivasi di semua sektor.

“Kami akan berjuang. Karena keberadaan kami di sini menjalankan misi untuk mengulang sejarah menjadi juara. Indonesia terakhir menjadi juara SEA Games pada tahun 1991 dan itu terjadi di Manila. Inilah yang kami perjuangkan,” kata Indra di laman PSSI.

Kepercayaan diri Indra dan pasukannya, juga kepercayaan publik sepak bola nasional bahwa penggawa muda Garuda semoga dapat mewujudkan menggenggam medali emas. Serangkaian persiapan Timnas U-22 sebelum berubah nama menjadi Timnas U-23 di SEA Games, memang cukup membuat kita semua percaya diri bahwa Timnas U-23 akan dapat membuktikan eksptesi itu.

Namun, persiapan bukanlah laga dalam SEA Games. Performa dalam SEA Games nanti lah yang akan dapat menjawab harapan meraih emas itu. Kendati persiapan moncer dan matang telah ditunjukkan oleh Egy dan kawan-kawan, menghadapi Thailand yang saat ini menyandang status juara bertahan, tidak akan ada artinya bila persoalan teknik, intelegensi, personaliti, dan speed (TIPS) kembali menjadi penghambat permainan Timnas U-23.

Thailand atau The War Elephants, tercatat sebagai tim tersukses dari cabor sepak bola SEA Games dengan koleksi 16 emas sepanjang sejarah. Tentu menjadi catatan non-teknis yang tidak boleh diremehkan.

Memang dalam SEA Games kali ini, media banyak yang mempublikasikan bahwa Thailand dilanda sedikit masalah. Tim asuhan Akira Nishino itu terpaksa hanya membawa 19 pemain dari 20 kuota yang disediakan. Satu pemain senior Ekanit Panya terpaksa dicoret lantaran cedera lutut.

Tapi kondisi tersebut, tentu bukanlah masalah bagi mereka saat bertanding nanti. Merujuk catatan pertemuan, tahun ini, kedua tim sudah dua kali bentrok. Indonesia menang 2-1 pada final Piala AFF U-22 2019 di Phnom Penh, Kamboja, 26 Februari silam. Berikutnya, Garuda Muda takluk 0-4 pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Hanoi, Vietnam, 22 Maret lalu.

Rekor pertemuan yang imbang, saling mengalahkan, tentunya akan menjadi kado menarik di laga besok. Siapa yang lebih siap personaliti (mental dan emosi) dan cerdas bermain, maka dialah yang akan memenangi laga yang akan disiarkan RCTI besok sore mulai 14.30 WIB.

Semoga, kemenangan akan berpihak kepada Garuda Muda karena cerdas intelegensi dan personaliti.

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler