x

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan protes keras terhadap kapal Vietnam yang menerobos wilayah ZEE Indonesia. Hal itu disampaikan dalam keterangan pers di Bandung, Jawa Barat, Senin, 25 Februari 2019. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Iklan

yusuf suprayogi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Desember 2019

Kamis, 19 Desember 2019 06:21 WIB

Susi Tokoh Publik 2019: Ternyata Urusan Ini Penyebab Susi Serang Rencana Menteri Edhy

Polemik  soal lobster belum selesai.  Mantan  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti pun membeberkan data ekspor lobster  selama  pelarangan benih produk laut unggulan ini  dilakukan di eranya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia berjaya, Vietnam jeblok
Dalam akun Twitter resminya, Susi  menunjukan  data tren ekspor lobster dewasa dari Indonesia yang terus meningkat sejak diberlakukan larangan ekspor benih.  Sebaliknya, ekspor lobster  Vietnam semakin jeblok. Selama ini  Vietnam memang cuma mengandalkan benih  lobster dari Indonesia untuk diternak lalu diekspor setelah besar.

Data yang dipamerkan Susi itu  berasal dari Trademap, sebuah situs statistik yang terafiliasi dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Ekspor lobster Indonesia pada tahun 2016 tercatat sebesar 14,84 juta dollar Amerika Serikat . Naik cukup drastis dibandingkan tahun 2015 yang membukukan nilai ekspor 7,09 juta dollar AS.

Volume ekspor lobster Indonesia dua tahun berturut-turut berikutnya juga mengalami lonjakan.  Pada 2017 Indonesia mengirim lobster ke luar negeri sebesar 17,31 juta dollar Amerika , berikutnya naik menjadi 28,45 juta dollar AS di 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Adapun  ekspor  lobster Vietnam semakin anjlok. Pada 2015, negara tetangga ini mencatatkan ekspor losbter sebesar 11,35 juta dollar Amerika.  Kemudian di tahun 2016 ekspor Vietnam turun menjadi hanya 6,77 dollar Amerika. Di tahun 2017, ekspor lobster Vietnam makin kecil yakni sebesar 6,11 juta dollar Amerika, dan terakhir pada tahun 2018 nilai ekspornya cuma  4,24 juta dollar Amerika.

 

Susi juga menampilkan  data ekspor lobster Indonesia  versi   Badan Pusat Statistik. Di data tersebut, Susi menunjukan ada peningkatan tajam ekspor lobster dewasa dari Indonesia yang mengalami kenaikan signifikan sejak aturan pelarangan ekspor benur diterbitkan tahun 2016. "Grafik ekspor lobster Indonesia dari tahun ke tahun. Pelarangan ekspor perdagangan bibit lobster dimulai tahun 2015,"  kata Susi.

Selanjutnya: Dua kali bikin aturan

Ikuti tulisan menarik yusuf suprayogi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler