x

sukamahi

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Minggu, 5 Januari 2020 20:43 WIB

Keliru Besar Jokowi Berharap Anies Mau Normalisasi Sungai atau Bikin Waduk: Inilah Sebabnya

Boleh jadi tidak ada yang salah dengan pernyataan Gubenur Anies Baswedan selama ini. Sejak awal ia memang membikin konsep anti-banjir yang beda, walau belum terbukti berhasil.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Efektitivas Konsep Ahok vs Anies
Konsep pasangan Basuki dan Djarot saat kampanye dulu merupakan konsep lumrah.  Konsep ini diyakini bisa mengatasi banjir di Jakarta, mulai dari normalisasi sungai, pembuatan waduk, tanggul, dan seterusnya. Intinya bagaimana menyiapkan tempat air buatan saat curah hujan tidak normal.

Konsep itu mudah diukur dan dievaluasi.  Pembangunan infrastruktur  pengendalian banjir juga bisa dibuat untuk kepentingan jangka panjang demi meningkatkan daya tahan kota menghapi banjir.  Ingat, kita masih mengunakan pola pengendalian banjir yang disiapkan oleh Belanda dulu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan begitu, walau penyiapan  infrastruktur  anti-banjir  belum bisa diselesaikan pada suatu periode pemerintahan,  bisa dilanjutkan pemerintahan sesudahnya.  Itulah maka diatur dalam perda.

Adapun konsep memasukkan seluruh air ke dalam  bumi sungguh sulit diukur, bahkan diaplikasikan. Sekedar mengurangi genangani boleh, tapi bukan solusi  mengatasi banjir yang harus selalu  dipahami sebagai kejadian tak normal.

Masalahnya, publik  bisa menuntut apa-apa ke  Anies. Kita bisa cermati sekali lagi programnya pada kampanye pilkada DKI 2017.  Ia memang tak berjanji menormalisasi sungai atau bikin waduk.  ***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler