x

pemandangan merbabu

Iklan

Dian novi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Maret 2020

Minggu, 22 Maret 2020 07:35 WIB

Gunung Merbabu, Tujuan Andalan Liburan Kalian!

Gunung Merbabu sebagai destinasi wisata yang wajib bagi pencinta kegiatan outdoor untuk kalian kunjungi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia memiliki kekayaan akan keindahan alam yang mengagumkan mulai dari pegunungan, laut, dan budaya yang sangat beragam. Gunung merbabu hanyalah satu diantara segilintir contoh nyatanya. Gunung Merbabu sangat populer di kalangan pendaki dan pencinta alam, bahkan membuat seseorang yang belum pernah mendaki kesana sangat ingin untuk menggapai puncaknya.

 

Tentang Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl). Secara geografis gunung ini termasuk dalam wilayah Boyolali, Magelang, dan Semarang. Oleh karena letak geografis tersebut, Gunung Merbabu dapat diakses melalui lima jalur utama dari masing-masing wilayah. Sehingga, pendaki dapat memilih opsi dari salah satu jalur dalam kegiatan pendakiannya.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gunung Merbabu memiliki lima jalur utama, antara lain:

  1. Jalur Selo
  2. Jalur Thekelan
  3. Jalur Wekas
  4. Jalur Kopeng Cunthel
  5. Jalur Suwanting

Jalur yang populer di kalangan pendaki ialah Jalur Selo. Pendaftaran online juga telah dibuka khusus untuk Jalur Selo ini.

Jadwal Pembukaan dan Penutupan Pendakian Gunung Merbabu

Perlu diketahui bahwa setiap gunung memiliki jadwal dalam membuka dan menutup gunung untuk kegiatan pendakian. Mengapa hal ini diperlukan? Karena gunung pun juga perlu untuk istirahat tanpa dijamah oleh manusia agar mengembalikan kelestarian alamnya.

Untuk informasi update terkini mengenai pembukaan dan penutupan jalur pendakian, pendaki atau wisatawan dapat membuka web resmi dari Taman Nasional Gunung Merbabu yaitu https://tngunungmerbabu.org/

Harga Tiket Pendakian

Untuk harga tiket pendakian Merbabu termasuk terjangkau, dapat kalian lihat di link https://tngunungmerbabu.org/tiket-pendakian/

Fasilitas Gunung Merbabu

Beberapa fasilitas yang dapat membantu Anda yang akan mendaki gunung juga tersedia. Anda tak perlu khawatir jika ingin mendaki gunung. Meskipun masih berupa alam bebas, namun Gunung Merbabu merupakan objek wisata yang ramai dan menyediakan beberapa fasilitas antara lain:

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi/MCK
  • Tempat istirahat
  • Gazebo

Selanjutnya: Daya tarik Gunung Merbabu

Ikuti tulisan menarik Dian novi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan