x

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Iklan

Anwar Saragih

Penulis dan Pengajar
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 17 April 2020 13:27 WIB

Pandemi Covid-19, Ujian Kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah

Pasca mendapatkan informasi soal petugas kesehatan yang jenazahnya mendapat penolakan oknum masyarakat, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara sigap memutuskan kebijakan menyediakan lahan Taman Makam Pahlawan (TMP) bagi petugas medis yang meninggal akibat terinfeksi Covid 19.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika kita hubungkan dalam Teori Kepemimpinan, kebijakan Ganjar Pranowo menangani pandemi ini masuk dalam ciri kepememimpinan transformasional. Burns (1978) yang  pertama kali memperkenalkan model kepemimpinan transformasional yang mentautkan relasi pemimpin dan pengikut untuk saling meningkatkan motivasi diri satu sama lain.

Pemimpin transformasional selajutnya merupakan proses mewujudkan cita-cita  bersama  dengan berlandaskan moral serta memberdayakan tim untuk menghasilkan perubahan mendasar yang menekankan komitmen, kinerja, dan moralitas.

Selanjutnya, melalui kepempimpinan transformasional pula Ganjar Pranowo menginspirasi dan membangun kepercayaan kepada bawahannya untuk menciptakan komitmen baru dalam mengatasi pandemi ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Alasannya dengan posisinya sebagai Gubernur Jawa Tengah, kebijakannya ini akan diikuti oleh perangkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari tingkatan sekretaris daerah, kepala-kepala dinas hingga eselon-eselon di lingkungan pemerintah provinsi.

Tidak hanya itu saja, teladan Ganjar Pranowo akan menginspirasi banyak kota/kabupaten di Jawa Tengah untuk menerapkan kebijakan serupa bahwa moral dan empati merupakan bagian utama dalam kebijakan yang akan diputuskan pemko atau pemkab di daerah yang dipimpinnya.

Pun jika abstraksikan secara kontemporer bahwa indikator keberhasilan sebuah daerah dalam menjalankan visi, misi dan program pemerintahannya tidak bisa dilepaskan dari kemampuan seorang pemimpin dalam memberikan teladan bagi seluruh bawahannya.

Melalui kepemimpinan transformasional, Ganjar Pranowo menjadi teladan bagi masyarakat Jawa Tengah dalam membangun kepercayaan, kekaguman dan motivasi yang berdampak pada tumbuhnya rasa optimisme sebuah daerah mampu mengatasi pandemic Covid 19 yang menyebar secara eksponensial ini.

Ganjar Pranowo secara moral kepemimpinan juga telah menciptakan perubahan dan tindakan organisasi yang signifikan karena menyentuh perasaan banyak orang.

Alasan lainnya tentu saja karena kebijakan tersebut dilakukannya secara transparan dan akuntabel dengan memanfaatkan jaringan media sosial, seperti; facebook, twitter, instagram dan youtube hingga media-media konvensional yang bisa diakses oleh banyak orang.

Hal ini menjadi amat penting karena kebijakannya, soal menyediakan Taman Makam Pahlawan (TMP) bagi jenazah petugas kesehatan korban pandemi telah menginspirasi banyak orang untuk ikut berempati termasuk menjadi contoh yang baik bagi banyak wilayah di Indonesia yang mengalami persoalan serupa.

Jika pada akhirnya ada politisi lain yang merespon sinis kebijakan Ganjar Pranowo dengan mengatakan hal tersebut adalah bagian dari pencitraannya menuju Pemilu 2024. Tentu tidak menjadi persoalan, disamping karena pilpres masih sangat jauh dan tidak relevan pula bicara mengenai politik praktis di masa pandemi seperti ini.

Andai terus dipaksakan untuk mengugat kebijakan Ganjar Pranowo ini, rakyatlah yang melihat dan menyaksikan bagaimana kepala-kepala daerah di Indonesia bekerja di masa krisis. Rakyat yang memilih, rakyat yang berdaulat dan rakyat yang merasakan. Artinya bagi pejabat dan politisi yang tidak serius bekerja dalam mengatasi pandemic di Indonesia, rakyat pula yang akan menghukum dengan tidak memilih mereka di pemilu mendatang.

 Anwar Saragih adalah Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Bandung & Penulis Buku Berselancar Bersama Jokowi.

 Artikel ini telah terbit dalam versi cetak di Harian Analisa Medan.

Ikuti tulisan menarik Anwar Saragih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler