x

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2020

Jumat, 10 Juli 2020 13:57 WIB

Pesona Keindahan Wisata Umbul Ponggok Klaten, Jogjakarta

Umbul Ponggok rasanya cukup wajar untuk dibuat untuk tempat favorite wisata air snorkeling. Tidak itu saja, Umbul Ponggok seringkali jadi tempat latihan diving. Snorkelling adalah wisata air yang membahagiakan serta mempunyai dampak rileksasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Umbul Ponggok rasanya cukup wajar untuk dibuat untuk tempat favorite wisata air snorkeling. Tidak itu saja, Umbul Ponggok seringkali jadi tempat latihan diving. Snorkelling adalah wisata air yang membahagiakan serta mempunyai dampak rileksasi.

Untuk beraktivitas ini pelancong harus ke laut dengan perairan yang tenang serta mempunyai terumbu karang serta hewan laut yang indah. Karenanya kesibukan ini cuma dapat dilaksanakan oleh golongan terbatas, karena tidak semua laut dapat dipakai untuk snorkelling.

Bagi kalian yang berencana untuk mengunjungi tempat ini, kalian bisa mengguanakan jasa rental mobil Jogja, yang akan mengantarkan ke umbul ponggok maupun ke tempat wisata lainnya yang berada di Jogjakarta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejarah Umbul Pongok

Tetapi Anda yang tidak mempunyai peluang untuk snorkelling di taman-taman laut yang indah, sekarang di Klaten ada tempat snorkelling yang asyik. Anda tidak perlu takut terikut gelombang, karena tempat snorkelling kesempatan ini bukan laut tetapi satu sumber mata air alami yang fresh serta benar-benar jernih namanya Umbul Ponggok. Kolam alami ini telah ada semenjak jaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 mtr. serta kedalaman rerata 1,5 – 2,6 mtr. tempat ini pas dipakai untuk tempat snorkelling.

Tidak sama dengan kolam renang yang dasarnya berbentuk lantai keramik, fundamen Umbul Ponggok masih alami berbentuk bentangan pasir yang luas, bebatuan, serta beberapa ribu ikan warna-warni hingga situasinya betul-betul seperti di bawah laut. Walau dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis karena airnya mengalir terus.

Kecuali untuk tempat snorkelling, Umbul Ponggok sering dibuat tempat latihan diving buat penyelam pemula sebelum mereka betul-betul menyelam di laut. Buat pelancong yang tidak dapat berenang atau tidak mau snorkelling dapat naik perahu kayuh serta melingkari umbul. Sedang buat beberapa anak ada kolam memiliki ukuran pendek yang dapat dibuat tempat berenang atau hanya bermain air.

Tips Berfoto

Panduan Memfoto di Umbul Ponggok. Salah satunya hal yang perlu dilaksanakan waktu ada di Umbul Ponggok ialah lakukan session pengambilan foto di di air. Buat pelancong yang tidak mempunyai camera underwater tak perlu cemas. Di Umbul Ponggok ada layanan persewaan camera underwater bila Anda ingin pengambilan foto yang memiliki konsep, dalam tempat ini ada layanan pengambilan foto underwater pada harga relatif murah.

Waktu yang Tepat untuk Berfoto

Pengambilan foto di Umbul Ponggok, wisatawan dianjurkan tiba di hari Senin – Jumat jam 07.00 – 09.00 WIB atau jam 14.00 – 16.00 WIB. Sedang pada akhir minggu Sabtu – Minggu untuk hasil yang memberi kepuasan dianjurkan tiba jam 07.00 – 09.00 WIB.

Pengambilan foto pada pagi atau sore hari akan membuahkan gambar yang lebih baik sebab air umbul semakin jernih serta cahaya matahari masih dari samping bukan pas di atas kepala. Disamping itu pada siang hari jumlah pengunjung umumnya jauh semakin banyak hingga tidak dapat bebas cari spot photo yang bagus.

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler