Pesona Keindahan Wisata Umbul Ponggok Klaten, Jogjakarta - Travel - www.indonesiana.id
x

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2020

Jumat, 10 Juli 2020 13:57 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • Pesona Keindahan Wisata Umbul Ponggok Klaten, Jogjakarta

    Dibaca : 617 kali

    Umbul Ponggok rasanya cukup wajar untuk dibuat untuk tempat favorite wisata air snorkeling. Tidak itu saja, Umbul Ponggok seringkali jadi tempat latihan diving. Snorkelling adalah wisata air yang membahagiakan serta mempunyai dampak rileksasi.

    Untuk beraktivitas ini pelancong harus ke laut dengan perairan yang tenang serta mempunyai terumbu karang serta hewan laut yang indah. Karenanya kesibukan ini cuma dapat dilaksanakan oleh golongan terbatas, karena tidak semua laut dapat dipakai untuk snorkelling.

    Bagi kalian yang berencana untuk mengunjungi tempat ini, kalian bisa mengguanakan jasa rental mobil Jogja, yang akan mengantarkan ke umbul ponggok maupun ke tempat wisata lainnya yang berada di Jogjakarta.

    Sejarah Umbul Pongok

    Tetapi Anda yang tidak mempunyai peluang untuk snorkelling di taman-taman laut yang indah, sekarang di Klaten ada tempat snorkelling yang asyik. Anda tidak perlu takut terikut gelombang, karena tempat snorkelling kesempatan ini bukan laut tetapi satu sumber mata air alami yang fresh serta benar-benar jernih namanya Umbul Ponggok. Kolam alami ini telah ada semenjak jaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 mtr. serta kedalaman rerata 1,5 – 2,6 mtr. tempat ini pas dipakai untuk tempat snorkelling.

    Tidak sama dengan kolam renang yang dasarnya berbentuk lantai keramik, fundamen Umbul Ponggok masih alami berbentuk bentangan pasir yang luas, bebatuan, serta beberapa ribu ikan warna-warni hingga situasinya betul-betul seperti di bawah laut. Walau dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis karena airnya mengalir terus.

    Kecuali untuk tempat snorkelling, Umbul Ponggok sering dibuat tempat latihan diving buat penyelam pemula sebelum mereka betul-betul menyelam di laut. Buat pelancong yang tidak dapat berenang atau tidak mau snorkelling dapat naik perahu kayuh serta melingkari umbul. Sedang buat beberapa anak ada kolam memiliki ukuran pendek yang dapat dibuat tempat berenang atau hanya bermain air.

    Tips Berfoto

    Panduan Memfoto di Umbul Ponggok. Salah satunya hal yang perlu dilaksanakan waktu ada di Umbul Ponggok ialah lakukan session pengambilan foto di di air. Buat pelancong yang tidak mempunyai camera underwater tak perlu cemas. Di Umbul Ponggok ada layanan persewaan camera underwater bila Anda ingin pengambilan foto yang memiliki konsep, dalam tempat ini ada layanan pengambilan foto underwater pada harga relatif murah.

    Waktu yang Tepat untuk Berfoto

    Pengambilan foto di Umbul Ponggok, wisatawan dianjurkan tiba di hari Senin – Jumat jam 07.00 – 09.00 WIB atau jam 14.00 – 16.00 WIB. Sedang pada akhir minggu Sabtu – Minggu untuk hasil yang memberi kepuasan dianjurkan tiba jam 07.00 – 09.00 WIB.

    Pengambilan foto pada pagi atau sore hari akan membuahkan gambar yang lebih baik sebab air umbul semakin jernih serta cahaya matahari masih dari samping bukan pas di atas kepala. Disamping itu pada siang hari jumlah pengunjung umumnya jauh semakin banyak hingga tidak dapat bebas cari spot photo yang bagus.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Supartono JW

    Senin, 27 Juli 2020 18:56 WIB

    Kisah Perjalanan (4) 27 Juli, Sehari di La Vallee dan Disneyland-Paris

    Dibaca : 449 kali

    Hari ini, Rabu, 27 Juli 2011 setelah sarapan pagi, sesuai agenda kami akan bertandang ke La Valee Outlet Shooping Village dan lanjut ke Paris-Disneyland. Sebenarnya, masih ingin badan ini rebahan di kamar hotel, namun apa boleh buat, saya harus mengikuti agenda perjalanan wisata yang memang sudah sangat tertata. Jadi, tidak boleh ada waktu yang meleset dari jadwal yang telah ditentukan. Kemarin, setengah hari ada di Brussel-Belgia, dan setengah harinya lagi berada di bus baik dari Amsterdam menuju Brussel, maupun Brussel menuju Paris, memang tidak begitu banyak menguras tenaga, karena semua perjalanan di tempuh pada siang hari. Nyamannya bus yang membawa kami dan pemandangan indah antara Brussel-Paris, menjadikan kami tak merasakan bahwa kami harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam 40 menit. Bahkan, saat bus harus rehat di rest area pun, kami sebenarnya ingin bus tak perlu berhenti, karena semangatnya kami. Malah saat bus masuk ke Paris, kami pun tak menyadari bahwa kini kami sudah ada di negera Prancis. Bila di sebelumnya kami sudah bercengkerama di Istanbul-Turki selama sehari. Lalu, di Sofia, Veliko Tarnovo, dan Razgrad-Bulgaria selama delapan hari. Berikutnya, singgah di Koln, Duseldorf-Jerman sekitar tiga jam, dan di Volendam, Amsterdam-Belanda selama dua malam satu hari. Kemudian, di Brussel-Belgia setengah hari, maka di Paris-Prancis ini, kami menginap selama empat malam dan bercengkerama selama tiga hari penuh.