x

Cara menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh

Iklan

Siyun Setiawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Agustus 2020

Rabu, 19 Agustus 2020 10:05 WIB

9 Cara Menurunkan Berat Badan dan Mempercepat Metabolisme Tubuh

Hampir setiap orang menginginkan badan yang sehat dan bentuk tubuh yang ideal. Tapi tidak semua orang tahu bagaimana mendapatkan semua itu. Terkadang cara diet yang salah malah merugikan diri sendiri, seperti tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Berikut cara menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh secara aman. Dijamin berhasil.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tip menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh ini informasi menarik untuk anda. Hampir setiap orang menginginkan badan yang sehat dan bentuk tubuh yang ideal.

Tapi tidak semua orang tahu bagaimana mendapatkan semua itu. Terkadang cara diet yang salah malah merugikan diri sendiri, seperti tubuh menjadi rentan terhadap penyakit.

Tips menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh yang aman dan berhasil

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba lakukan untuk anda yang ingin menurunkan berat badan.

1. Makan lebih banyak serat

makanan sumber serat tinggi

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Karbohidrat kompleks dan serat lebih sulit dicerna daripada karbohidrat sederhana. Jadi makanan ini memiliki efek termal yang tinggi. Yang terpenting, serat itu sendiri tidak mengandung kalori sama sekali. 

Pastikan diet Anda mencakup biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang belum diolah. Penggantian sederhana soba untuk kentang, dan nasi merah untuk pasta, akan membantu secara signifikan mengurangi kandungan kalori harian dan menurunkan berat badan. 

Namun, tidak dianjurkan untuk membebani diri Anda dengan makanan kaya serat, ini dapat menyebabkan peningkatan produksi gas dan diare.

2. Makan makanan yang kaya vitamin

makanan kaya vitamin

Tubuh Anda perlu mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkannya agar berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin dan mineral tentu akan mempengaruhi laju metabolisme, bukan menjadi lebih baik. 

Ada banyak makanan kaya vitamin di sekitarnya, di antaranya: sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur puyuh, hati, dll. Usahakan untuk mengonsumsi asupan vitamin harian Anda dengan makanan biasa atau dalam bentuk suplemen vitamin dan mineral.

3. Minum lebih banyak air

minum air putih lebih banyak

Dehidrasi berdampak negatif pada laju metabolisme basal. Jadi pastikan Anda minum cukup air (sekitar 2 liter sehari). Selalu simpan botol air di dekat Anda, seperti di meja kerja Anda, dan minumlah beberapa teguk secara teratur.

4. Pastikan Anda mendapatkan cukup protein

Kebanyakan pola makan orang tinggi lemak dan karbohidrat, tetapi rendah protein. Tetapi protein adalah mikronutrien terpenting yang terlibat dalam pembangunan dan regenerasi sel tubuh. 

Indeks termal protein jauh lebih tinggi daripada indeks lemak dan karbohidrat. 25% kalori yang terkandung dalam makanan berprotein dihabiskan untuk penyerapannya. 

Perkaya menu Anda dengan makanan berprotein dan Anda akan secara nyata mempercepat metabolisme Anda. Tapi jangan mengkonsumsi lebih dari 30% dari total protein makanan Anda. Kelebihan protein membuat tekanan yang tidak diinginkan pada ginjal.

5. Bumbui makanan dengan bumbu 

Makanan pedas untuk sementara mempercepat metabolisme. Pertama, rempah-rempah sedikit menaikkan suhu tubuh dan tubuh terpaksa menghabiskan kalori untuk termoregulasi. 

Kedua, beberapa bumbu panas bersifat termogenik. Ini berarti bahwa mereka dapat meningkatkan laju pembakaran lemak untuk sementara. Di sini, seperti makanan lain, tidak berlebihan harus diperhatikan. Terlalu banyak makanan pedas menyebabkan kolitis, mulas, dan bisul.

6. Kurangi jumlah alkohol yang dikonsumsi

kurangi konsumsi alkohol

Alkohol memiliki efek dehidrasi, akibatnya metabolisme melambat. Selain itu, sebagian besar minuman beralkohol mengandung karbohidrat sederhana dengan indeks suhu rendah. Dan yang paling penting, alkohol menyebabkan kekurangan vitamin, yang selanjutnya menghambat metabolisme.

7. Jangan menyalahgunakan kafein

Seperti alkohol, kafein mendehidrasi tubuh, yang memperlambat laju metabolisme. Beberapa cangkir kopi tidak akan merusak kesehatan Anda, tetapi jika Anda minum lebih dari ini, Anda harus menghilangkan kelebihan kafein dengan mengganti kopi dengan air biasa.

8. Mulai latihan kardio

Metabolisme berhubungan langsung dengan tingkat aktivitas fisik. Dengan pelatihan jantung, Anda membunuh dua burung dengan satu batu. Pertama, kalori dibakar langsung saat berolahraga. Kedua, tingkat metabolisme tetap tinggi selama beberapa jam setelah latihan selesai. 

Pertahankan tingkat metabolisme yang tinggi dengan berjalan kaki, joging, bersepeda, atau berenang beberapa kali seminggu.

9. Mulailah olahraga mengangkat 

Ingat 1kg otot membakar 2 kalori per hari, sedangkan 1kg lemak hanya membakar 0,5 kalori. Oleh karena itu, massa otot tanpa lemak secara signifikan mempercepat metabolisme. 

Berolahraga beberapa kali seminggu, sambil mengingat makan dengan benar, akan membangun otot dan mengajari tubuh Anda untuk membakar lemak bahkan saat Anda sedang istirahat.

Seperti yang bisa Anda lihat dari informasi di atas, kombinasi nutrisi yang tepat dan aktivitas fisik membantu mempercepat metabolisme. Namun, tingkat metabolisme yang tinggi bukanlah satu-satunya kondisi. Ia tidak akan bisa mengimbangi kelebihan kalori karena gizi buruk, tetapi jika Anda belajar mengontrol dan menghitung kalori, metode yang dijelaskan dalam artikel ini akan menjadi alat yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

Ikuti tulisan menarik Siyun Setiawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler