7 Pantai Berpasir Putih Bersih yang Menawan di Natuna - Travel - www.indonesiana.id
x

Keindahan Pantai Sisih yang populer di Natuna\xd \xd Foto Naen Noan

Nyata Official

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 September 2020

Jumat, 2 Oktober 2020 14:17 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • 7 Pantai Berpasir Putih Bersih yang Menawan di Natuna

    Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau, tanah bertuah di ujung utara Indonesia. Dulunya menjadi poros sutra perdagangan dunia. Memiliki kekayaan yang melimpah. Dikelilingi laut dan dihiasi 154 pulau yang indah nan mempesona. Setiap pulau memiliki pantai yang bikin berdecak kagum. Perairan yang bersih, pantai berpasir putih, dan panorama menawan tak terperi. Anda tak perlau ke Hawai atau Thailand, karena di Natusa semua ada.

    Dibaca : 702 kali

    1. Pantai Sisi

    Pantai satu ini unggulan wisata bahari Kabupaten Natuna. Bentangan pasir putih dengan radius pantai 7 kilometer. Letaknya di Pulau Serasan, bagian utara pusat Natuna. Rute menuju pantai Sisi, bisa dari Pontianak, Kalimantan Barat, atau perjalanan dari Jakarta ke Batam, kemudian menuju Ranai Natuna. Lalu perjalanan menggunakan transportasi laut berupa kapal, dari Selat Lampa Serasan kurang lebih 12 jam.

    Pantai Sisi dari udara

    Secara historis, pantai Sisi sudah mendunia dan terbukti setiap tahun banyak wisman yang memilih berlibur ke pantai ini. Majalah bergengsi Island Edisi September 2006 pernah menetapkan pantai Sisi sebagai pantai terbaik dunia (Best Undiscovered Beach). Lalu Kementerian Pariwisata RI pernah menganugerahi Pantai Sisi juara III Kategori pantai terbersih ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna, H. Hardinansyah, SE, M.Si pernah mengatakan Pantai Sisi ini lebih dekat dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

    Bila rampung pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Serasan, dia yakin Pantai Sisi akan menarik lebih banyak pengunjung dari luar. Hardinansyah juga mengaku Pantai Sisi masih alami dan fasilitas wisata masih minim, jika dilihat dari destinasi wisatanya menyerupai pantai di Hawai.


    2. Pantai Setanau

    Pantai Pulau Setanau


    Wisata Favorit Pantai Setanau, berada di pinggiran pulau Setanau. Pantainya tidak seluas pantai Sisi, namun Pantai Pulau Setanau sudah menjadi objek wisata favorit belakangan ini. Surga tersembunyi dan sering dijelajahi turis mancanegara, dari berbagai negara.

    Selain pantainya cantik, Pulau Setanau termasuk situs geopark nasional. Pulau kecil berada di tengah-tengah Selat Lampa. Pasir putih dengan laut biru merupakan pemandangan utama. Nyaris tidak ada sedikitpun sampah.

    Sekitar Pantai Setanau dijadikan tempat diving bagi yang mau memacu adrenalin. Di seberang Pulau Setanau berdiri kokoh tebing raksasa yang siap memecah ombak, sehingga mempercantik destinasi Setanau.


    3. Pantai Batu Kasah

    Kalau pantai yang satu ini, jadi tujuan wisata domestik dan pendatang setiap hari dan akhir pekan. Destinasi baru terpopuler persi Tim Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020, Pantai Batu Kasah. Masuk 10 besar nominasi nasional. Menjadi pantai terbaik yang wajib masuk list kunjungan saat berada di Natuna. Pantai terletak di Kecamatan Bunguran Selatan. Rute dari Ranai kira-kira 1 jam sudah bisa melepaskan lelah di gabezo pinggiran pantai.

    Keindahan Pantai Batu Kasah

    Bentangnya mencapai radius tidak kurang dari 5 km. Hampir seluruh permukaan pantainya diselimuti dengan pasir putih. Dari bibir pantai hingga tepian batas air laut ketika pasang, bentangnya mencapai 10-15 meter.

    Jika datang ke Pantai Batu Kasah, sudah pasti akan lupa jam pulang. Selain cantik, kealamiannya masih terjaga. Air lautnya dengan hamparan pasir di dalamnya terlihat jernih. Selain destinasi baharinya, Pantai Batu Kasah juga ditetapkan sebagai geosite nasional. Batu granit besar-besar dengan berbagai bentuk yang tertanam di pinggir pantai, sehingga tambah mempercantik kawasan pantai ini.

    4. Pantai Tanjung

    Pantai Tanjung


    Jika Batu Kasah ke arah Selatan Pulau Bunguran. Sebaliknya bentang timur dan timur laut pulau Bunguran tak kalah menarik memiliki pantai. Pantai Tanjung, sebelum ke pantai tanjung, kita akan melintasi areal geosite Alif Stone, Senubing, Jelita Scuba, ayo siapa yang ingat areal pengambilan background videoklip lagu Menunggumu oleh Anji Manji?.

    Pantai Tanjung destinasi pantai masa depan di Natuna. Kenapa dibilang begitu? Selain akses menuju ke sana mudah, pesona pantainya bikin perasaan berdecak-decak. Dari setiap sudut akan bisa menikmati keindahan bahari Natuna, ditambah lagi kuliner khas Natuna yang dijual sepanjang pantai bikin nagih. Seperti kesnas, table mando dan kuliner seafood lainnya. Biasanya Pantai Tanjung menjadi tempat liburan akhir minggu bagi pekerja kantoran dan tempat mejeng muda mudi Natuna.


    5. Pantai Sahih

    Masih di hamparan yang sama dengan Pantai Tanjung. Kawasan pantai satu ini berada di pinggiran Bunguran Timur Laut menuju Teluk Buton. Pantai Sahih lebih menarik lagi. Destinasi ini juga membuat Dr. Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019 membeli lahan warga dan membangun sebuah vila keluarga yang hamparannya melihat langsung keindahan pantai Sahi.

    Pantai Sahih

    Butuh 1 jam perjalanan jika berniat mau ke Pantai Sahih dan lebih tepat dikunjungi pagi atau sore hari, karena akan melihat pemandangan yang bikin takjub. Selain pantainya yang indah dan bersih, aktivitas nelayan bisa tersorot pandangan mata pengunjung, yang memberi kesan alami dan kenangan tersendiri.

    Diberi nama Pantai Sahih, garis pantai cantik dan berhadapan dengan pulau Sahi seberang laut. Spot foto pun menggambarkan situasi Ppantai Sahih seperti di Thailand.

     

    6. Pantai Teluk Buton

    Pantai Teluk Buton


    Masih di bentang yang sama dengan pantai Sahih. Pantai Teluk Buton. Menjadi pusat rekreasi atau pelesir bagi masyarakat Natuna khususnya yang berada di wilayah daratan. Pantai Teluk Buton juga memiliki pasir putih yang bersih dan air pinggiran pantai yang jernih. Letaknya sangat strategis untuk dijadikan wisata dunia, yang mana hamparan lautnya langsung ke laut lepas dan memiliki karang yang indah.


    7. Pantai Pulau Senoa

    Jika ke Natuna, jangan lupa kunjungi pantai pasir putih yang satu ini. Pantau Pulau Senoa. Pantainya sangat indah dan jadi icon destinasi di ujung utara Indonesia. Tahun ini juga Pulau Senoa yang melingkup berbagai destinasi bahari di dalamnya juga masuk 10 besar nominasi Ajang Pesona Indonesia (API) 2020 mewakili Provinsi Kepulauan Riau. Kategori Festival Pariwisata terpopuler Nasional, yang mana setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Natuna menyelenggarakan festival Pulau Senoa.

    Pantai Pulau Senoa

    Setiap tahun festival selalu dilaksanakan di pinggiran pantai pulau yang mirip ibu hamil ini. Untuk menjangkau pulau, bisa sewa kapal nelayan setempat di Desa Sepempang. Kurang lebih 30 menit kelelahan selama di kapal akan terbayar setelah melihat keindahan pulau Senoa.

    Itulah sejumlah destinasi wisata terpopuler di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Untuk datang ke Natuna, pembaca tidak perlu bingung. Karena banyak agent travel wisata yang recomended. Begitu juga fasilitas pendukung, hotel dan penginapan juga jauh dari lebih memadai. Beragam macam kulinerpun akan membuat pengunjung kian betah di bumi bertuah Natuna.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.