x

Iklan

Fahmi Hidayat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Januari 2021

Senin, 11 Januari 2021 14:52 WIB

Perbedaan Vector dan Bitmap

banyak yang mengira design vector yang telah di ubah menjadi bitmap sama dengan file vector, di sini kami mencoba menjelaskan apa sebenarnya perbedaan vector dan bitmap, meskitidak terlalu merincih, namun kami rasa cukup untuk membuat anda lebih faham perbedaannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

BITMAP

Bitmap merupakan kumpulan kotak-kotak kecil yang biasa kita sebut pixel. Kotak-kotak kecil ini adalah kumpulan warna yang jika semua disatukan akan membentuk sebuah gambar.

Bitmap bisa juga disebut dengan raster, format yang digunakan gambar bitmap adalah GIF, JPEG/JPG, BMP, PNG, PICT (macintosh), PCX, TIFF, PSD (Adobe Photoshop). Aplikasi grafis yang berbasis bitmap diantaranya adalah : Adobe Photoshop, Microsoft Paint dan masih banyak lainnya, bahkan Corel Draw juga bisa termasuk.


VECTOR

Gambar vektor menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak pecah saat diperbesar maupun diperkecil. Dan biasanya,folder vektor lebih kecil daripada bitmap. foldernya berbentuk, AI, SVG, CDR, EPS. Beberapa aplikasi yang berbasis Vektor : Adobe Ilustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, dan lain lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Fahmi Hidayat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu