x

sumber foto: detik.com

Iklan

Tania Adin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Minggu, 31 Januari 2021 08:14 WIB

Kabar Gembira untuk Kita Semua, Tesla Segera Kerja Sama dengan Indonesia

Indonesia, bersiaplah untuk menjadi raja baterai listrik di dunia. Salah satu perusahaan otomotif terkenal asal Amerika Serikat yaitu Tesla dikabarkan segera berinvestasi di Tanah Air! Usaha pemerintah mendekati Tesla sejak tahun 2020 lalu nampaknya tidak sia-sia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kabar gembira! Tesla, perusahaan otomotif asal Amerika Serikat dikabarkan segera  berinvestasi di Indonesia. Titik terang mulai terlihat ketika tahun 2020 pemerintah sudah melakukan pendekatan pada Tesla. 

Januari 2020, bulan di mana pemerintah Indonesia memutuskan untuk kegiatan ekspor bijih nikel (nikel ore) dihentikan. Peraturan keluar bukan tanpa sebab, diharapkan dari larangan ekspor tersebut kedepannya Indonesia bisa berkembang untuk mengolah bijih nikel menjadi barang jadi dan ingin di kemudian hari investor asing bisa menanamkan modalnya di Tanah Air untuk membangun pabrik smelter nikel. 

Indonesia memiliki potensi besar untuk memproduksi baterai listrik, dilihat dari kekayaan nikel inilah mampu menarik perhatian bos Tesla, Elon Musk untuk mengembangkan mobil-mobil listrik produksinya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nikel  merupakan komponen penting dalam pembuatan baterai lithium (baterai listrik) yang nantinya digunakan untuk kendaraan listrik. 

Dilansir Akurat.co, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) belum lama ini menjelaskan bahwa dua produsen baterai listrik yang terbesar di dunia akan menanamkan investasinya di Tanah Air, salah satunya yaitu Tesla.

Dari bentuk kerja sama ini, apakah Indonesia akan mendapatkan keuntungannya?

Jawabannya, iya. Masuknya investasi Tesla ke Indonesia dapat membantu pemerintah untuk membangun infrastruktur yang ideal untuk mengadopsi kendaraan listrik di Indonesia. 

Rupanya, Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) pada bulan Oktober 2020 lalu sudah dihubungi oleh pihak Tesla. Keduanya memperbincangkan rencana pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Tanah Air. 

“Khusus untuk Tesla, pihak Tesla secara informal sudah hubungi pak Menko Marves Luhut. Tetapi ini masih penjajakan awal dan belum terlalu detail. Kami perlu diskusi lebih lanjut bersama pihak Tesla,” ungkap Ayodhia seperti dikutip dari laman Kemenko Marves, Selasa (6/10/2020).

Rencananya pabrik baterai listrik tersebut akan dibangun di Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah. 

Pemerintah sudah memberikan lampu hijau untuk Tesla, sebagai rakyat Indonesia, peran kita adalah mendukung program pembangunan pabrik baterai listrik ini. Semoga mimpi Indonesia menjadi raja baterai listrik di masa mendatang benar-benar terwujud. 

Ikuti tulisan menarik Tania Adin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu