Mau Puasa Hedon; Lalu Duitnya untuk Apa? - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 13 April 2021 19:07 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Mau Puasa Hedon; Lalu Duitnya untuk Apa?

    Kebiasaan menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang mewah sesuai tingkat keuangan masing-masing wajib ditinggalkan. Secara psikologi hedon itu mendatangkan kenikmatan dan kesenangan. Namun di masa puasa gini mau hedon? Nggak mungkin lah. Puasa adalah masa untuk mengekang dan menahan diri dari lapar dan hedon-hedon lainnya. Lalu dimanfaatkan untuk apa sebaiknya uang yang ada?

    Dibaca : 564 kali

    Siapa sih yang tidak suka hedon. Secara psikologi hedon itu mendatangkan kenikmatan dan kesenangan (hedonic treadmill). Namun di masa puasa gini mau hedon? Nggak mungkin lah. Puasa adalah masa untuk mengekang dan menahan diri dari lapar dan hedon-hedon lainnya.

    Saat puasa adalah saat untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dan melakukan banyak amal. Dengan kata lain, bulan puasa adalah bulan suci untuk prihatin, mawas diri, berefleksi sekaligus bersolidaritas.

    Lepas dari ini semua, terkait dengan sifat-sifat hedon yang harus dijauhi di bulan suci Ramadan, kebiasaan menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang mewah sesuai tingkat keuangan masing-masing wajib ditinggalkan.

    Pada dasarnya hedon itu merujuk pada sikap memaksimalkan kesenangan dan meminimalkan rasa sakit. Secara lebih ekstrem hedon itu lebih mengutamakan kesenangan di atas hal apa pun.

    Mereka yang hedon pada dasarnya merasa kalau hidupnya sejahtera sehingga kesenangan yang berlimpah menjadi titik ukurnya, lepas dari kebiasaan di balik itu semua ada kesakitan yang tersembunyi.

    Kesakitan tersembunyi yang dimaksud adalah kesakitan secara keuangan. Tidak sedikit mereka yang menganut gaya hidup hedon, memiliki kondisi keuangan yang memprihatinkan. Keuangan mereka babak belur karena ternyata ada berjibun utang, entah utang dengan orang dekat, institusi hingga utang-utang online yang saat ini sangat mudah didapatkan dengan konsekuensi yang membebani.

    Kalau pun ada yang hedon dengan berbekal kondisi keuangan yang memang cukup maka pada masa puasa ini uang itu bisa dialokasikan untuk hal-hal yang bermanfaat. Begitu juga mereka yang biasa hedon dengan latar belakang kondisi keuangan apa pun, puasa hedon di bulan Ramadan bisa mendatangkan berkah.

    Selain duitnya bisa diamalkan, duit yang tidak dialokasikan untuk pengeluaran hedon bisa dimanfaatkan untuk penyehatan keuangan dengan cara dikembangkan, seperti diinvestasikan.

    Toh, investasi di era serba digital saat ini sudah mudah dilakukan. Untuk investasi saham syariah yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam agama Islam bisa dilakukan dengan mudah, semisal dengan IPOTSyariah besutan Indo Premier sekuritas.

    Selain sesuai dengan nilai-nilai dalam Islam, investasi saham syariah sangat bermanfaat untuk kesehatan keuangan karena pengelolaan keuangan tanpa investasi tidak akan maksimal dalam pencapaian kebebasan finansial. Mereka yang tidak bebas secara finansial bisa-bisa hidup dalam ketergantungan utang sepanjang hidup.

    So, puasa hedon penting dilakukan juga untuk tujuan keuangan di masa depan yang lebih baik, yakni dengan dikembangkan dengan investasi saham syariah.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.