Bahasa Slang Remaja Masa Kini - Urban - www.indonesiana.id
x

Salsabilla Eka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 November 2021

Senin, 8 November 2021 15:18 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Bahasa Slang Remaja Masa Kini

    Kita sering kali mendengar bahasa yang digunakan anak muda berbeda dengan bahasa pada umumnya, bukan? Ya, mereka lebih sering menggunakan kata slang sebagai kata ganti karena kata tersebut dianggap dapat memberikan kesan baru, hits, dan tidak kuno atau norak.

    Dibaca : 547 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kita sering kali mendengar bahasa yang digunakan anak muda berbeda dengan bahasa pada umumnya bukan? Ya, mereka lebih sering menggunakan kata slang sebagai kata ganti karena kata tersebut dianggap dapat memberikan kesan baru, hits, dan tidak kuno atau norak.

    Berbicara tentang bahasa, bahasa merupakan suatu lambang bunyi bersifat arbiter yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat untuk berinteraksi dan mengidentifikasikan diri. Singkatnya, bahasa adalah alat verbal yang digunakan untuk berkomunikasi. 
    Bahasa sebagai alat komunikasi, tentu mengalami perubahan seiring dengan berkembangan zaman.

    Dalam studi linguistik, ada yang dinamakan variasi bahasa. Variasi bahasa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah variasi bahasa dari segi penutur. Slang contohnya. Apa itu slang? Menurut KBBI, slang merupakan ragam bahasa tidak resmi dan tidak baku yang sifatnya musiman, dipakai oleh kaum remaja atau kelompok sosial tertentu untuk komunikasi intern dengan maksud agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti. Jadi dapat dikatakan slang merupakan bahasa yang digunakan oleh anak muda atau komunitas tertentu. Slang yang biasa disebut sebagai bahasa gaul ini sangat popular dikalangan remaja. Para remaja atau anak muda ini kerap menggunakannya saat di tongkrongan atau sekadar berbicara dengan teman sebayanya. Jadi bukan berarti mereka kaum muda ini menggunakan slang tidak pada tempatnya. 

    Di era digital ini, beredar kata slang yang sedang popular terutama di media sosial. Tentu penggunaan kata ini sudah biasa dan maklum di kalangan anak muda. Kalian pernah mendengar kata pap? Atau bat? Atau kzl? Jika iya, maka kalian memang anak muda yang biasa menggunakan slang. Jadi apa arti dari kata-kata tersebut.

    Banyak kata slang yang digunakan anak muda sebagai kata ganti dari kata bakunya. Apa sajakah kata itu? Diantaranya adalah:
    •    Pap
    “coba kirim pap kamu dong?” mungkin banyak orang tua tidak mengetahui apa itu pap. Jadi pap merupakan singkatan dari Post a Picture, yang dapat diartikan sebagai mengirim foto keadaan yang sedang terjadi. Pap biasa identik dengan mengirim foto selfie, atau tempat, atau situasi di saat itu juga.
    Jadi tidak bingung lagi kan ketika diminta mengirim pap?
    •    Bat
    Bat merupakan kata slang dari “banget”. Kata banget digunakan dalam mengungkapkan sesuatu yang berlebihan. Maka kata banget dalam bahasa gaul diganti menjadi bat agar terkesan lebih singkat. Missal contoh penggunaan kata bat adalah “boset bat deh hari ini, jalan skuy.”
    •    Skuy
    Wah ada kata skuy pada pembahasan sebelumnya. Jadi apakah itu skuy? Skuy memiliki kata dasar kuy atau yang dibalik menjadi yuk. Maka arti dari skuy adalah sebuah seruan atau ajakan, dalam kata formal skuy adalah “ayo”.
    •    Kzl
    Apa itu kzl? Terkesan tidak bisa dibaca. Kzl merupakan singkatan dari kezel atau kesel atau sesuatu hal yang menjengkelkan. Penghilangan huruf vocal dan mengganti S menjadi Z memberikan kesan lebih manja. Bagaimana? Kalian lagi kzl karena apa atau sama siapa nih?
    •    Sabi
    Sabi adalah sebuah kata slang yang sering dijumpai pada percakapan anak muda. Jadi sabi adalah kebalikan dari kata bisa. Contoh penggunaannya adalah “sabi kali ya, Sabtu kita ke pantai” atau “sabi lah cobain sekali”.
    •    Gabut
    Gabut adalah slang yang berasal dari singkatan kata gaji buta, atau julukan bagi orang yang tidak melakukan apa-apa. Pada beberapa tahun kebelakang, sebelum ada istilah gabut, anak gaul ini lebih sering menggunakan kata boring/bored yang merupakan bahasa Inggris dengan arti “bosan”. Sekarang banyak orang menggunakan istilah gabut untuk menunjukan dia bosen karena menganggur atau sedang tidak melakukan apa-apa.
    •    Nongki/nongs
    Apakah kalian bisa menebak apa itu nongki/nongs? Kata nongki atau nongs ini merupakan kata slang dari nongkrong. Seperti yang kita ketahui, nongkrong merupakan kegiatan berkumpul untuk berbincang-bincang santai sambil ngemil. Jadi contoh penggunaan kata nongki/nongs adalah “malam ini mau nongki dimana nih?” atau “aku nggak ikut nongs dulu ya, lagi ada acara.”

    Beberapa kata yang disebutkan di atas hanyalah beberapa contoh kata slang yang biasa digunakan dalam kebahasaan anak muda pada umumnya. Masih banyak kata slang lain yang sering kita jumpai. Entah siapa yang memulai atau membuat kata slang tersebut, secara tiba-tiba saja kata tersebut sudah menyebar dan banyak dikenal juga digunakan oleh anak muda. Tentu saja penyebaran ini dilakukan melalui media sosial. Oleh karena itu, anak muda yang tidak punya gawai dan media sosial, bisa saja tidak mengetahui kata-kata slang tersebut. Jadi faktor utama yang memengaruhi penggunaan kata/bahasa slang ini adalah media sosial. Baik instagram, twitter, dan platform media lainnya.

    Penggunaan kata slang ini hanya dapat digunakan sebagai bahasa sehari-hari dan tidak dipergunakan untuk sesuatu yang formal. Baik ucapan maupun ketikan, kata slang tidak dapat digunakan dalam kegiatan atau apapun yang bersifat formal. Seperti halnya bahasa baku, kata/bahasa slang ini juga banyak mengalami pembaruan. Misalnya beberapa kata slang yang popular di tahun 2018 belum tentu akan sering digunakan lagi pada tahun 2021. Jadi kata-kata tersebut juga memiliki era masing-masing. Bahkan penggunaan kata slang yang sudah jarang digunakan lagi, dapat dikatakan kudet/kurang update, atau sudah norak.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.