Arti Kemenangan Timnas Garuda - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Timnas

windhu prasetyo simson

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Senin, 20 Desember 2021 11:20 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • Arti Kemenangan Timnas Garuda

    Dengan kemenangan ini setidaknya sampai saat ini pencapaian Timnas Garuda sudah lebih baik daripada pencapaian kejuaraan AFF 2018 ketika itu Timnas Garuda tidak bisa melaju ke semifinal

    Dibaca : 908 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pada pertandingan terakhir grup AFF 2020, Minggu 19 Desember 2021 yang sangat menentukan untuk ke semfinal,  antara timnas Garuda vs Malaysia akhirnya dimenangkan oleh Timnas Garuda dengan skor 4-1 .

     

    Pertandingan berlangsung seru, Malaysia berhasil mencetak gol terlebih dahulu melalui Kogelijwaran Raj pada menit ke -13. Kemudian secara beruntun dibalas oleh Irfan Jaya 2 gol ( menit ke- 36 dan menit menit- 43). Selanjutnya melalui gol indah oleh Pratama Arhan pada menit 50. Terakhir pada menit ke-83 oleh sundulan pemain yang timnas yang bertubuh tinggi Elkan Bagot. Skor akhir yang besar sesungguhnya tidak terduga karena Timnas Garuda relatif tidak diunggulkan , di sisi lain tim Malaysia mendapatkan istirahat lebih panjang sekitar seminggu.

     

    Makna kemenangan Timnas  

    Ada beberapa makna kemenangan dari Timnas Garuda yang patut menjadi perhatian. Pertama dengan kemenangan ini setidaknya sampai saat ini pencapaian Timnas Garuda sudah lebih baik daripada  pencapaian  kejuaraan AFF 2018 ketika itu Timnas Garuda tidak bisa melaju ke semifinal.

     

    Makna kedua ,  Timnas Garuda  saat ini tampil dengan mayoritas pemain muda dengan usia rata-rata 23,7 tahun , termuda kedua di turnamen ini.  Beberapa media asing khususnya media Singapura dan Malaysia dari awal memprediksi bahwa Timnas Garuda akan kesulitan mencapai semifinal bahkan akan gagal, karena Timnas Garuda diperkuat oleh pemain-pemain yang masih kurang pengalaman internasional, beda dengan tim Vietnam dan Malaysia yang diperkuat oleh mayoritas pemain senior.

     

    Makna selanjutnya adalah kekuatan mental dan fisik . Ketika Timnas Garuda tertinggal satu gol para pemain tetap tenang dan tidak panik. Pemainan tetap berjalan dengan baik dan terkoordinasi dengan rapi. Semua masih bisa menjalankan instruksi pelatih dengan baik. Nyaris tidak terlihat satu kalipun pemain terlihat gugup untuk bermain secara terburu-buru. Ketenangan ini kemudian membuah kan hasil positif yaitu membalikkan keadaan. Hal ini justru terlihat istimewa karena Timnas Garuda saat ini  dihuni pemain-pemain muda tetapi memiliki mental yang baik . Di sisi lain terlihat fisik pemain sangat prima,  kalau kita perhatikan setelah menit ke- 60  justru pemain Malaysia yang terlihat kepayahan dalam mengejar bola.

    Sejauh ini secara umum pencapaian sudah baik, semoga untuk pertandingan selanjutnya yaitu pada  semifinal penampilan Timnas Garuda semakin lebih sempurna . Terima kasih Coach Sty dan para pemain Timnas Garuda  atas kerja keras kalian semua !!

     

     

     

     

     

     

      



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.