x

Iklan

Sentosa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Selasa, 22 Februari 2022 11:58 WIB

Kementerian Perhubungan Beri Opsi Revitalisasi Atau Relokasi Pelabuhan Manggar Belitung Timur

Kementerian Perhubungan Gelar Rapat Virtual Mengaktifkan Kembali Pelabuhan Manggar Belitung Timur

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pangkalpinang- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Babel Asban Aris yang diwakil Kepala Bidang Angkutan Pelayaran Dinas Perhubungan Babel Nadirsyah menghadiri rapat secara virtual mengenai Relokasi Pelabuhan Penyeberangan Manggar diselenggarakan di Ruang ATCS Dinas perhubungan Babel, Senin (21/2/2022)

Rapat virtual yang digelar Kementerian Perhubungan tersebut dipimpin Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Junaidi serta tampak hadir peserta lainnya melalui aplikasi zoom meeting yaitu Bupati Belitung Timur Burhanudin, Kepala BPTD Wilayah VII Sumsel Babel Muhammad Fahmi, dan instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu Nadirsyah mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemerintah Pusat atas rencana opsi yang diberikan terhadap Pelabuhan Manggar yang ada di Belitung Timur yaitu revitalisasi atau relokasi pelabuhan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian Pemerintah Pusat kepada pemerintah daerah khususnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Belitung Timur, yang rencananya memberikan opsi revitalisasi atau relokasi pelabuhan yang ada di  Kabupaten Belitung Timur,” kata Nadirsyah.

Lanjut Nadirsyah dengan ada rencana pemerintah tersebut akan mengaktifkan kembali pelabuhan melalui opsi revitalisasi atau relokasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi di belitung Timur karena dengan tidak adanya pelabuhan yang beroperasi mengakibatkan tingginya inflasi.

Nadirsyah juga mengungkapkan apabila langkah revitalisasi yang dilakukan maka biaya yang dikeluarkan lebih murah dan lebih ringan namun biaya operasional dalam pengerukan alur rutin tiap tahun, namun apabila melalui relokasi pelabuhan tidak membutuhkan pengerukan karena lokasi rencana pembangunan pelabuhan berada di tepi laut.

“Memang apa yang dikatakan Pak direktur ada dua pilihan yaitu revitalisasi dan relokasi, dan memang ada plus minusnya melalui revitalisasi tentunya biayanya akan lebih lebih rendah dan lebih murah dibandingkan dengan relokasi,  tetapi kelemahannya revitalisasi harus rutin tiap tahun untuk melakukan pemeliharaan sedangkan relokasi kawasan rencana pembangunan pelabuhan berada di tepi pantai,” ujar nadirsyah

Akhirnya Nadirsyah mengharapkan bantuan dari Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Kepelabuhan bahwa Pelabuhan Manggar di Belitung Timur sangat mendesak.

“Kami mengharapkan bantuan dari kementerian karena ini sangat mendesak dan apabila alternatif pertama revitalisasi atau alternatif kedua  relokasi  tolong untuk segera ditindaklanjuti,” kata Nadirsyah.

Sementara itu Direktur TSDP Junaidi mengungkapkan hasil rapat yang telah dilakukan tersebut akan dilakukan pembahasan secara internal di kementerian perhubungan dan juga akan disampaikan kepada Menteri Perhubungan .

“Dan tentunya terkait dengan Beltim akan kami teruskan kepada  Menteri Perhubungan dan terkait dengan Pelabuhan Manggar terdapat dua opsi yaitu revitalisasi maupun relokasi, dan kami akan berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Perhubungan Laut, juga dengan Sekretariat Jenderal Kemenhub dan  Biro Keuangan , Biro Perencanan, “ tutur Junaidi.

Ikuti tulisan menarik Sentosa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler