x

ilustrasi surat pernyataan

Iklan

Shafira Dinda Ariefti

Shafira Dinda Ariefti atau yang kerap disapa Dinda menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Ia memiliki minat dalam isu hukum publik khususnya, hukum administrasi negara, hukum lingkungan dan hak asasi manusia.
Bergabung Sejak: 2 Maret 2022

Senin, 21 Maret 2022 19:26 WIB

Kapan Surat Pernyataan Ahli Waris Dibutuhkan?

Surat keterangan ahli waris adalah surat yang menerangkan hubungan antara orang yang sudah meninggal dengan keturunannya atau ahli warisnya. Di dalam surat keterangan waris akan tercantum nama si pewaris, nama ahli waris, dan apa saja harta yang ditinggalkan pewaris. Simak artikel berikut untuk mengetahui kapan surat ini dibutuhkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di Indonesia, pembagian warisan jadi hal aspek penting yang tidak dapat dipisahkan dalam keluarga. Terkadang, warisan yang dibagikan ke ahli warispun seringkali menimbulkan perselisihan yang berujung pada terputusnya tali persaudaraan. Untuk menghindari hal semacam itu, diperlukan surat keterangan yang menyatakan bahwa orang tersebut benar-benar ahli waris yang sah.

Surat tersebut dikenal dengan Surat Pernyataan Ahli Waris atau biasa kenal juga dengan Surat Keterangan Hak Waris. Surat keterangan ahli waris adalah surat yang menerangkan hubungan antara orang yang sudah meninggal dengan keturunannya atau ahli warisnya.

Di dalam surat keterangan waris akan tercantum nama si pewaris, nama ahli waris, dan apa saja harta yang ditinggalkan pewaris. Anda bisa membuat surat ini yang kerap dapat dijadikan bukti ahli waris yang cukup kuat di mata hukum. Lantas, kapan Anda membutuhkan surat tersebut? Baca ulasan berikut untuk mencari tahu jawabannya.

  1. Untuk Menyatakan Ahli Waris yang Sah
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Surat keterangan ahli waris merupakan bukti bagi individu-individu yang berhak menjadi ahli waris atas harta peninggalan sang pewaris. Supaya bisa membuktikan bahwa seseorang benar-benar seorang ahli waris, maka perlu dibuktikan dengan adanya surat pernyataan ahli waris. Perlu diketahui, surat ini umumnya dibutuhkan saat menyelesaikan persoalan yang sifatnya administratif, tetapi memiliki kekuatan hukum. 

Contohnya pengambilan dana tabungan pewaris, pengurusan sertifikat tanah atas nama pewaris, serta urusan-urusan lain yang semula menjadi milik pewaris kemudian hendak dialihkan kepada ahli waris.

  1. Proses Jual Beli

Pada proses jual beli tentunya membutuhkan Surat Pernyataan Ahli Waris, surat ini dibutuhkan untuk memperjelas mengenai warisan dan siapa saja orang-orang yang memiliki hak atas warisan tersebut. Misalnya ketika ingin melakukan jual beli rumah atau tanah. Peralihan kepemilikan pewaris yang semula pemilik tanah/rumah kepada ahli waris dapat dibuktikan dengan Surat Pernyataan Ahli Waris.

  1. Sebagai Bukti Untuk Pencairan Uang Tabungan / Deposito Pewaris di Bank

Salah satu persyaratan yang diperlukan untuk pencairan uang tabungan/deposito pewaris dibank adalah Surat Pernyataan Ahli Waris. Surat ini diperlukan untuk surat pernyataan ini untuk dapat digunakan sebagai bukti untuk pencairan deposit/uang tabungan pewaris kepada ahli waris. Sehingga jika Anda sebagai ahli waris ditunjuk untuk mengambil dana tabungan pewaris di Bank maka surat pernyataan ini dibutuhkan sebagai syarat pencairan.

  1. Untuk Menghindari Penyalahgunaan Wewenang

Surat pernyataan ahli waris dibutuhkan untuk menghindari penyalahgunaan wewenang ataupun hak yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Anda dapat membuat surat ini jika ada pihak yang berniat buruk untuk mengambil alih harta peninggalan pewaris maka surat pernyataan ini dapat menjadi salah satu alat bukti di pengadilan bahwa para ahli waris merupakan orang-orang yang sah atas harta pewaris.

 

Bingung bagaimana surat pernyataan ahli waris? Kunjungi dokumenhukum.id! Anda tidak perlu repot untuk saat ini, Anda dapat mengakses dokumen tersebut di dokumenhukum.id.

Dokumenhukum.id adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Institute for Criminal Justice Reform dengan tujuan membantu masyarakat dalam menyusun kontrak atau perjanjian, surat klaim, atau bentuk pengaduan lainnya yang dapat diakses secara gratis!

Program ini didukung oleh UK Aid dari Pemerintah Inggris.

Ikuti tulisan menarik Shafira Dinda Ariefti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu