x

Kepala Bidang Angkutan Pelayaran Dishub Babel, Nadirsyah

Iklan

Sentosa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Senin, 4 April 2022 16:45 WIB

Adanya Potensi Peningkatan Jumlah Pemudik Pada Mudik Lebaran 2022, Pemda Siapkan Posko

Antisipasi Mudik Lebaran 2022

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pangkalpinang- Pemerintah secara resmi sudah memperbolehkan mudik pada tahun ini, dan tentunya ada potensi peningkatan jumlah pemudik yang signifikan dari tahun sebelumnya pada masa pandemi melalui jalur darat, laut, maupun udara.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bangka Belitung (Babel) Asban Aris yang diwakili Kepala Bidang Angkutan Pelayaran Dishub Babel, Nadirsyah di Kantor Dinas Perhubungan Babel. Senin (4/4/2022).

Nadirsyah mengungkapkan dengan diperbolehkan mudik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, Satgas Covid-19 telah menerbitkan Surat Edaran baru No. 16 tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi COVID-19 dimana ada syarat yang harus dipenuhi para pemudik untuk melaksanakan mudik yakni sudah melakukan vaksinasi covid-19 lengkap dan booster atau belum. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Apabila belum menerima vaksin pertama dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR , kalau sudah vaksin sekali maka hasil negatif tes RT-PCR, begitu juga bila sudah vaksin kedua wajib hasil negatif RT-PCR atau antigen dan apabila sudah lengkap tidak mewajibkan  RT-PCR ataupun antigen,” ungkap Nadirsyah.

Ditambahkannya pintu keluar masuk pemudik dari dan ke Bangka Belitung yang paling banyak akan melalui jalur pelabuhan laut yakni melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok sedangkan melalui jalur udara adalah melalui Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang dan HAS. Hananjoeddin Tanjungpandan.

“Untuk pelabuhan ada di Tanjung Kalian Mentok dan untuk bandara ada di Depati Amir Pangkalpinang dan Hananjoedin Tanjungpandan,” kata Nadirsyah.

Selain itu Nadirsyah juga menjelaskan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memprediksi puncak arus mudik Lebaran Tahun 2022 terjadi pada 28 April 2022 dan puncak arus balik pada 8 Mei 2022, sehingga pemerintah daerah akan mempersiapkan posko dan personilnya secara terpadu di pintu keluar dan masuk wilayah Bangka Belitung.

“Kita akan mempersiapkan posko dan personil yang tergabung dalam posko terpadu mudik Lebaran Tahun 2022,” ungkap Nadirsyah.

 Akhirnya Nadirsyah berharap dengan adanya pelonggaran mudik yang dilakukan pemerintah pada tahun 2022 dapat berjalan dengan baik dan masing masing pihak harus tetap menjaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah yaitu 3M, yaitu: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Ikuti tulisan menarik Sentosa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler