x

Dunia Digital dan pendidikan kita

Iklan

Putri Santoso

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Maret 2022

Selasa, 5 April 2022 20:01 WIB

Mudahnya Beramal di Era Digitalisasi, Bisa Lewat Dompet Digital

Di era digitalisasi seperti sekarang, tak hanya memudahkan dalam komunikasi dan mendapatkan berita. Bahkan memudahkan kita dalam beribah. Mudahnya beramal contohnya dengan dompet digital

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dunia digital telah menjadi bagian gaya hidup banyak orang, termasuk untuk memenuhi kebutuhan spiritual. Salah satunya adalah beramal. Karena, dengan beramal kita akan lebih mensyukuri setiap rezeki yang Allah berikan dan bisa membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan.

Di era digitalisasi seperti sekarang, kemudahan bersedekah bisa dirasakan pemberi maupun yang menerima. Apalagi sedekah adalah salah satu amal jariyah, amal yang tidak akan putus walau kita sudah meninggal.

Seperti sabda Rasulullah SAW bahwa “Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung dari niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Cara Mudah Beramal di Era Digital

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak bisa dipungkiri, sejak sepuluh tahun terakhir kita begitu dekat dengan teknologi digital dan internet. Jika dulu teknologi digital hanya digunakan untuk bertukar pesan dan mencari informasi, sekarang kita bisa melakukan banyak hal. Termasuk menjaga ukhuwah.

Menjaga ukhuwah, tidak hanya dengan menjalin silaturahmi, tapi juga dengan bersedekah. Bersedekah pun saat ini sangat lebih mudah dan dapat langsung ke target penerima. Misal saja niat beramal kepada yatim piatu, kaum dhuafa dan sebagainya.

Adapun cara beramal melalui internet yang bisa kita lakukan, diantaranya:

1.  Berkontribusi Lewat Penggalangan Dana Secara Online di Media Sosial

Cara beramal yang pertama untuk penggalangan dana melalui penggalangan dana yang diadakan oleh perorangan maupun pihak-pihak tertentu, seperti yayasan. Melalui media sosial seperti Instagram, kita bisa menemukan siapa yang sedang menggalang dana dan bagaimana latar belakang si penggalang dana, apakah terpercaya atau ada catatan hitam.

2.  Sedekah Maupun Donasi Lewat Dompet Digital

Terdapat juga dompet digital yang memudahkan kita melakukan donasi maupun sedekah, bahkan membayar zakat. Sasarannya pun lebih luas dan menjangkau berbagai kalangan. Selain itu, beramal melalui dompet digital lebih aman dan terpercaya. Bahkan kita bisa membuat transaksi sedekah secara terjadwal.

3.      Bersedekah Tiap Bulan dengan Autodebet

Yang memudahkan dari kemajuan digital adalah kita bisa memanfaatkan fitur autodebet sedekah melalui aplikasi mobile banking maupun tabungan digital. Cara ini paling efektif agar tidak lupa memberikan sebagian rezeki kita kepada yang membutuhkan.

4.  Memposting Hal-Hal Yang Positif Terkait Keagamaan Di Media Sosial

Sedekah tidak hanya uang loh. Ada banyak jenis amalan yang bisa kita lakukan melalui internet. Seperti menyebarkan ilmu pengetahuan, berita positif, kegiatan positif yang bermanfaat sehingga memberikan inspirasi, dan lainnya.

5.  Membuat Ajakan Beribadah

Berbagi dengan yang membutuhkan bantuan kita tentunya membuat hati menjadi lebih bahagia. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi kita juga bisa mengajak pengguna internet untuk beramal dan saling mengingatkan pada kebaikan.

Penutup

Tidak ada alasan untuk tidak beramal, apalagi dengan kemudahan dunia digital yang dapat mendekatkan yang jauh. Termasuk saat pandemi yang mengharuskan kita membatasi aktivitas di luar rumah. 

Seperti saat menjalin silaturahmi dengan sanak saudara yang tersebar di berbagai daerah melalui video meeting. Untuk memperlancar acara silaturahmi tentunya dibutuhkan koneksi internet yang stabil.

Alhamdulillah di rumah sudah menggunakan wifi cepat dengan internet stabil dari IndiHome. Pemasangan dan layanan mereka sangat memuaskan, baik saat proses pemasangan ataupun saat ada kendala dengan koneksi internet.

Dengan internet stabil ini, semua aktivitas di rumah baik urusan pekerjaan, silaturahmi dengan keluarga, kuliah, dan juga beramal menjadi lebih mudah.

Tidak ada yang tidak mungkin di era digitalisasi ini selama kita mau berusaha. Wa Laa Haula Quata illa Billah, mari beramal tanpa batas dengan teknologi, dimanapun dan kapanpun.

Ikuti tulisan menarik Putri Santoso lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB