x

Iklan

Muhammad Rafli Arifin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 April 2022

Rabu, 13 April 2022 20:08 WIB

Peran Orang Tua dalam Meminimalisir Penggunaan Internet oleh Anak

Artikel ini berisi tentang Peran Orang Tua dalam meminimalisir penggunaan internet bagi anak

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PERAN ORANG TUA DALAM MEMINIMALISIR PENGGUNAAN INTERNET BAGI ANAK

Penggunaan internet bagi anak-anak sangat berisiko karena salah satu, efek dari informasi yang mudah didapatkan adalah semakin mudah memperoleh data untuk keperluan pengembangan IPTEK. Tidak hanya itu, dengan adanya konten-konten hiburan yang bebas beredar di Internet, dapat memberikan hiburan terhadap masyarakat yang biasanya tidak didapatkan di televisi. Bahkan saking mudahnya, konten-konten tersebut dapat diakses oleh berbagai kalangan umur.

Orang tua memiliki tugas penting untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis anak dengan baik supaya terhindar dari pengaruh menggunakan gadget. Termasuk menerapkan beberapa metode dengan cara yang baik dan benar. Apalagi, di masa pandemi ini, semakin banyak orang kecanduan gadget.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di kalangan remaja, gadget biasa digunakan untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman-teman maupun browsing konten hiburan. Kebebasan di internet menuntut orang tua memahami potensi risiko dari situs atau aplikasi yang diakses oleh anak, agar tetap aman berselancar di internet.

 

DAMPAK NEGATIF

mengalami gangguan mental, menjadi pelaku atau korban bullying, terbiasa dengan ujaran kebencian maupun kekerasan, dan terbiasa dengan konten pornografi. Selain dampak tersebut masih ada dampak negative lainnya, yaitu menjadi pribadi yang individualis, kurang peka dengan keadaan sekitar dan kehilangan minat bersosialisasi dengan orang lain.

 

CARA MENCEGAH

Cara pencegahan yang terbaik adalah orang tua selalu mendampingi anak ketika ia ingin menggunakan internet dan sebisa mungkin, orang tua memberikan batasan bagi anak dalam mengakses internet tersebut, bagi anak harus nya hal itu dapat di mengerti karena internet juga mempunyai pengaruh buruk bagi kondisi kesehatan mereka.

Dan bagi para orang tua harus mempunyai sikap yang tegas dalam bertindak karena ketika orang tua tidak tegas dalam memberikan tindakan maka hal-hal yang tidak di inginkan oleh orang tua dapat terjadi.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Rafli Arifin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu