x

cara menjadi reseller domain

Iklan

Annn Mk1

First Year Informatics Student, Writer at Indonesiana.id
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Senin, 5 September 2022 06:12 WIB

Minim Modal, Ini Dia Keunggulan Bisnis Reseller Domain dan Cara Menjadi Reseller Domain

Reseller domain menjadi ladang cuan baru bagi anda yang ingin menjalankan bisnis online dengan modal yang tidak begitu besar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era dimana teknologi internet sudah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi di masyarakat, tidak memanfaatkan internet untuk kepentingan bisnis merupakan pilihan yang kurang bijak, dan banyak orang dan bisnis yang menyadari hal tersebut, oleh karena itu kini banyak sekali bisnis yang menggunakan internet sebagai media pemasaran mereka, baik bisnis skala kecil hingga bisnis skala besar.

 

Melakukan pemasaran di internet tidak terlepas dari memiliki website resmi untuk merek/bisnis tersebut, memiliki website resmi tidak hanya untuk sekedar formalitas tetapi juga untuk meningkatkan kredibilitas dan mencegah penipuan dari oknum tidak bertanggung jawab yang mencoba memanfaatkan merek/bisnis Anda. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Disini saya membahas sekilas mengenai pemasaran online dan website resmi suatu bisnis bukannya hendak membahas kedua hal tersebut secara mendalam tetapi disini saya ingin membahas sisi bisnis yang bisa kita kapitalisasi dari meluasnya tren pemasaran online tersebut.

Apa sisi bisnis yang saya maksud tersebut? sisi bisnis disini adalah adanya peluang kita untuk menjadi reseller domain kepada bisnis atau perorangan yang tengah mencoba memulai pemasaran online dan sedang berencana membangun website resmi mereka, karena sebuah website butuh domain maka disitu kita bisa menjadi penyuplai kebutuhan domain tersebut. 

 

Bisnis reseller domain tidak membutuhkan modal besar, dan hasilnya relatif lumayan untuk modal yang dikeluarkan. Sangat fleksibel dalam hal waktu dan bisa dikerjakan dari mana saja. Nah, mau tau lebih lanjut perihal peluang bisnis ini? jika iya maka langsung saja simak artikel ini hingga selesai karena akan saya bahas keunggulan menjadi reseller domain dan bagaimana caranya menjadi reseller domain.

 

Keunggulan Menjadi Reseller Domain

Berikut ini beberapa keunggulannya:

 

Reseller Bebas Menentukan Harga Jual

Ketika anda menjadi reseller domain di salah satu provider, salah satu keuntungan yang bisa didapat adalah anda bebas menentukan harga jual domain tersebut. Untuk itu, sebaiknya anda cari tahu harga dari beberapa provider untuk mendapatkan harga termurah.

 

Waktu dan Tempat Fleksibel

Menjadi seorang reseller domain memang memiliki waktu dan tempat kerja yang sangat fleksibel. Bahkan, menjadi seorang reseller domain tidak ada tuntunan berapa banyak domain yang harus terjual dalam waktu tertentu. Anggap saja reseller domain ini sebagai pekerjaan sampingan namun menjanjikan jika ditekuni dengan benar. Misal jika Anda seorang programmer atau desainer web dan menjadi reseller domain untuk klien Anda, maka tentunya akan menguntungkan dan tidak akan menganggu waktu Anda. 

 

Harga Domain Lebih Murah

Harga domain yang ditawarkan untuk reseller domain tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga domain di pasaran. Keuntugan yang bisa anda dapatkan didasarkan pada harga jual domain dikurangi harga reseller domain ketika Anda beli domain.

 

Bisa Menjadi Sumber Uang Tambahan

Yang menariknya dari bisnis reseller domain adalah karena domain in sistemnya hanya disewa, otomatis anda bisa mendapatkan repeat order jika pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan keinginan pelanggan. Anda cukup menarik banyak pelanggan untuk menggunakan jasa anda, berikan pelayanan terbaik, dan pelanggan akan melakukan repeat order domain atau perpanjangan di tempat yang sama.

 

Cara Menjadi Reseller Domain

Apakah menjadi reseller domain itu sulit? Jawabannya tergantung dari Anda sendiri. Jika Anda asing dengan website, domain, dan hal-hal lain yang berkaitan maka tentu akan sangat sulit. Namun, jika sebaliknya maka Anda akan baik-baik saja, tidak berarti perlu ahli tapi setidaknya Anda harus tidak asing lagi dengan hal-hal tersebut.

 

Bagi yang penasaran dengan tahapan menjadi seorang reseller domain, berikut ini langkah-langkahnya:

 

1. Pemilihan Produk Domain

Langkah pertama yang harus anda ketahui adalah memilih produk domain apa yang ingin dijual, apakah domain TLD, contohnya .COM, .NET, .ORG, dan yang lain atau domain local .ID atau ingin keduanya.

 

Nah untuk domain local .ID memiliki beberapa kategori lain seperti .my.id, .id, .ac.id, .sch.id, .co.id, .or.id, .web.id.

 

2. Memilih Registrar Domain

Dalam memilih registrar domain, cari registrar yang memiliki harga yang cukup mirip agar anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Coba bandingan antara satu registrar domain dengan registrar lainnya. Dengan begitu, anda bisa mengetahui provider reseller domain mana yang cocok untuk digunakan nanti. Selain itu, cari tahu juga terkait kredibilitas, harga, dan sistem komisi yang jelas. Alhasil, anda akan lebih tenang ketika sudah menggunakan layanan tersebut untuk melakukan bisnis reseller domain.

 

3. Buat Website Khusus Untuk Jasa Anda

Setelah anda menentukan registrar atau provider reseller domain mana yang akan dipilih, anda bisa membuat brand sendiri untuk mempromosikan jasa reseller domain yang akan dikembangkan. Bisnis ini bisa dan akan sangat bersinergi apabila dibarengi dengan bisnis lain yang berkaitan seperti bisnis jasa pembuatan website atau blog.

 

4. Lakukan Pemasaran

Jika tulang belakang bisnis Anda sudah siap maka tinggal beri sistem penggerak berupa pemasaran. Pemasaran menjadi kunci utama agar bisnis reseller domain yang sedang anda kembangkan bisa dijangkau oleh orang-orang. Untuk detail strategi pemasarannya bisa Anda pelajari dan kemudian racik sendiri, yang penting nantinya jasa Anda memiliki brand awareness yang bagus, reputasi yang bagus, dan mampu menghasilkan konversi yang bagus.

 

5. Pelayanan Untuk Konsumen

Agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar, mudah berkembang dan terus dipilih kostumer maka tentunya Anda harus memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen, jangan pedulikan seberapa besar laba yang konsumer tersebut hasilkan namun pikirkan keuntungan jangka panjang dan keberkahan usaha Anda.

 

Demikian ulasan terkait peluang bisnis menjadi Reseller Domain, semoga pembahasan mengenai keunggulan bisnis reseller domain serta cara menjadi reseller domain di atas dapat membuka mata Anda mengenai peluang ini dan juga membantu Anda dalam mempelajari peluang bisnis ini dengan lebih baik.

 

Ikuti tulisan menarik Annn Mk1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler