Dear Investor Newbie, Waspadai Saham Gorengan - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Layar pergerakan Index Saham Gabungan (Foto: Bisnis.Tempo)

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 27 September 2022 22:33 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Dear Investor Newbie, Waspadai Saham Gorengan

    Investor saham pemula kerap dianjurkan untuk tidak bermain-main dengan saham gorengan kalau tidak mau rugi.

    Dibaca : 1.004 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pada dasarnya saham gorengan itu identik dengan saham murah meriah yang tidak jelas fundamentalnya. Saham gorengan wajib diwaspadai investor, khususnya para investor newbie (pemula).

    Tak mengherankan, investor saham pemula kerap dianjurkan untuk tidak bermain-main dengan saham gorengan kalau tidak mau rugi. 

    Kenapa demikian? Pada dasarnya saham-saham gorengan itu memang sengaja dimainkan (digoreng). Secara kasat mata grafiknya sangat fluktuatif: cepat melejit, tetapi cepat pula anjlok.

    Fluktuasi saham yang berlebihan memang "menakutkan", tetapi di sisi lain juga begitu menggoda karena bisa memberikan keuntungan (cuan) besar dalam waktu singkat.

    Namun karena saham ini dimainkan, tak sedikit investor yang tergoda masuk. Naas, ending-nya kerugianlah yang didapatkan.

    Harga saham yang nyata-nyata didongkrak tinggi-tinggi sehingga menggiurkan investor, tragisnya langsung turun drastis begitu saham dibeli. Investor pun hanya bisa gigit jari.

    Oleh sebab itu, tentu penting bagi investor saham untuk memilih saham-saham dengan fundamental yang baik, yakni dengan tahu isi saham yang diincar dengan dua senjata dalam investasi saham, yakni analisis fundamental dan teknikal, bukan sekadar pakai ilmu kira-kira atau spekulasi.

    Saham dengan fundamental dan teknikal baik artinya saham yang dikategorikan saham blue chip. Ciri umumnya dikenal publik, jenis usahanya jelas, produknya laku di pasar, ada etos dan kinerja yang baik, fundamental yang baik, dikelola oleh orang-orang profesional.

    Saham blue chip (big cap) biasanya disebut juga saham papan atas atau saham unggulan. Nah, untuk memilih saham-saham dengan fundamental yang baik, investor sebaiknya benar-benar melakukan analisis fundamental dan teknikal. 

    Toh, analisis ini kini sudah mudah dilakukan dengan mudah, semisal di aplikasi IPOT besutan Indo Premier Sekuritas. Investor bisa melakukan analisis dengan mudah karena data, informasi dan hasil riset yang mendukung analisis fundamental bisa didapatkan dengan mudah.

    Selain itu, analisis teknikal juga bisa dilakukan dengan cepat karena di aplikasi ini tersedia chart komprehensif. So, dalam investasi saham, penting untuk melakukan analisis dan jangan gampang tergiur saham-saham gorengan.

    Ikuti tulisan menarik Setyo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.