Asah Jiwa Menjadi Pemenang - Analisis - www.indonesiana.id
x

rosa mustika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2022

Kamis, 24 November 2022 06:30 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Asah Jiwa Menjadi Pemenang

    Resensi buku Psychology Of Winning karna Dennis Witney.

    Dibaca : 244 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Psychology Of Winning adalah buku yang di tulis oleh Dr. Denis Waitley, pendiri dan direktur National Council on Self-Esteem serta presiden Council on Vacational Education. Dia penerima “Youth Flame Award” dari National Council on Youth Leadership atas sumbangsihnya dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan para pelajar Sekolah Menengah Atas di Amerika Serikat. Dia telah menulis 12 buku non-fiksi dan salah satunya berjudul Psychology Of Winning yang jika diterjemahkan menjadi Psikologi Kemenangan.

    The Psychology of Winning merupakan buku yang menceritakan rahasia menjadi seorang pemenang dalam kehidupan. 

    Seorang pemenang selalu percaya bahwa setiap manusia memiliki pilihan. Manusia dapat memilih hal yang dapat menghambatnya, kondisi hidup yang biasa saja atau malah berani bermimpi untuk mengubah sejarah atau membantu orang lain yang kurang beruntung.

    Buku ini berisi tentang prinsip-prinsip kemenangan dalam hidup yang jika diamalkan maka akan sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

    Seorang pemenang selalu membangun kebiasaan positif. Karakter pemenang tidak dapat di wariskan. Banyak pemenang dan orang hebat dalam sejarah yang tidak begitu beruntung untuk dilahirkan di keluarga kaya, memiliki guru yang berkualitas atau berada dilingkungan yang sangat mendukung, tetapi mereka menyadari keterbatasannya dan melakukan pembentukan karakter pemenang melalui kebiasaan dan latihan.

    Kebiasaan positif yang wajib bagi seorang pemenang punyai adalah kebiasaan untuk memberikan penghargaan yang positif bagi dirinya. Semakin sering melakukan afirmasi positif, semakin kuat pula kepercayaan diri. Pemenang menyadari bahwa setiap bahasa yang mereka gunakan akan terekam oleh orang lain terlebih lagi oleh pikiran bawah sadar mereka sendiri.

    Ada hukum sebab akibat di dunia ini. Barang siapa memanfaatkan dengan baik apa yang diberikan Tuhan kepadanya, maka akan baik pula hidupnya. Oleh karena itu, seorang pemenang merasa bertanggung jawab terhadap apa yang dimilikinya, sehingga baik bakat, waktu, kesehatan dan pikirannya selalu dia investasikan untuk mencapai tujuannya.

    Untuk mencapai tujuannya, pemenang selalu memastikan kemenangan dengan melakukan tugasnya secara sistematis dan optimis. Karena pemenang sangat yakin akan potensi dalam dirinya dan pencapaian yang telah dia lalui.

    Setiap pemenang selalu mengetahui tujuan yang jelas tentang apa yang akan mereka capai hari ini. Apabila tujuan yang ingin di buat tidak jelas, acak dan tidak realistis maka tindakan yang di lakukan juga akan berputar putar seperti tidak memiliki tujuan.

    Seorang pemenang melihat risiko sebagai kesempatan. Karena ia menggunakan kekuatan hasrat sebagai penangkal dari rasa takut dan putus asa. Hasrat membakar adrenalin dan menghidupkan harapan pencapaian.

    Tapi bukan berarti pemenang tidak mengalami rasa takut sama sekali. Namun rasa takut itu ia terima dan terus berjalan tanpa menghiraukannya. Maurice Chevalier, seniman nomor 1 di Amerika mengatakan, apabila Anda mau menunggu ketika semua sudah sempurna, aman, dan terjamin maka Anda tidak akan pernah menang.

    Manusia menghindari perubahan karena itu mengancam rasa aman dirinya. Namun itu akan berubah drastis apabila itu menyangkut masalah hidup dan mati hidupnya atau orang yang ia cintai. Pada intinya manusia pasti akan sukses apabila dia benar benar mengingikannya.

    Dari ringkasan buku ini, poin utama yang bisa di ambil adalah tentang bagaimana menanamkan pikiran-pikiran positif dalam meraih kemenangan, realistis, bertanggung jawab terhadap pilihan yang di ambil, memiliki jiwa yang tangguh akan pendirian, dan menjadi sosok yang memiliki kendali dan bertanggung jawab penuh atas dirinya sendiri.

    Buku ini cocok dibaca sebagai landasan semangat bagi yang sedang berada di fase baru memulai suatu tujuan, Siapapun yang ingin menjadi pemenang dalam hidup, Dan tentunya, buku ini juga cocok bagi para pembaca yang ingin membiasakan diri menjadi pribadi yang positif.

    Kemudian untuk keseluruhan buku secara tampilan relatif standar. Pada cover buku ini memiliki tampilan yang mencerminkan isinya. Pada bagian tengah cover berisi gambar seorang laki-laki yang sedang berdiri meraih medali di atas jalan. Komposisi warna sampulnya menggunakan warna-warna yang cerah di antara warna dasar putih sehingga menimbulkan kesan ringan dan tidak terlalu ramai. Bagian paling atas cover berisi judul dan bagian bawahnya berisi nama penulis buku, ditulis dengan gaya huruf yang menurut saya sering saya jumpai pada tulisan lain. Kemudian, buku ini juga menggunakan jenis kertas book paper dengan ukuran 13,5 x 20 dan di padukan dengan ukuran font yang sesuai, sehingga nyaman untuk di baca.

    Jika dilihat dari segi bahasa, buku ini menggunakan gaya bahasa yang ringan. Sehingga mudah untuk dipahami meski isinya merupakan terjemahan dari bahasa asing. Ada beberapa kosakata asing yang masih digunakan di dalamnya, namun tetap di imbuhi dengan arti pada bagian bawah bacaan. 

    Menurut saya buku ini sudah sangat layak dan menarik untuk di baca dari segi design dan isinya. Dengan harga yang relatif terjangkau. Meski buku ini telah di terbitkan dengan jangka waktu beberapa dekade yang lalu tetapi isinya masih sangat layak untuk di baca sebagai motivasi diri hingga saat ini.

    Ikuti tulisan menarik rosa mustika lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.