x

ilustrasi,pengangguran pertumbuhan ekonomi

Iklan

Ringgo Saprianto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2023

Kamis, 2 Februari 2023 08:29 WIB

Mengenal Lebih Dalam Tentang Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah

artikel ini membahas tentang apa itu perencanaan pembangunan ekonomi secara umum dan kemudahan informasi yang ada

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Halo guys, sebelum kita mengenal tentang apa itu perencanaan, kita harus tahu dulu apa itu ekonomi, perencanaan ,pembangunan. Yuk simak penjelasan berikut!

Pertama apa itu ekonomi? Secara umum kita mengenal ilmu ekonomi dipahami sebagai ilmu yang mengkaji bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan sumber daya yang tersedia.segala kegiatan usaha dan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, untuk mencapai kesejahteraan hidup. Meski belum tentu mempengaruhi kebahagiaan dalam hidup, kehidupan finansial yang baik adalah bagian dari sumber kebahagiaan manusia.

Kemudian untuk yang kedua perencanaan! Dengan perencanaan, kami memutuskan terlebih dahulu apa yang perlu dilakukan. Oleh karena itu, sebelum mulai bekerja sebaiknya dibuat rencana terlebih dahulu agar jelas dan pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat. Dilanjutkan dalam ekonomi sendiri ada perencanaan ekonomi adalah proses terjadinya alokasi sumber daya dan bukan mekanisme pasar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setelah kita tahu perencanaan,pasti kita juga akan ada yang namanya pembangunan. Maka arti dari pembangunan adalah pembangunan adalah penanaman atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang direncanakan dan dilaksanakan secara sadar oleh bangsa dan negara serta pemerintah sebagai bagian dari pembangunan bangsa. Dalam ilmu ekonomi ada yang dimaksud pembangunan ekonomi yang mengartikan pembangunan ekonomi adalah ekonomi berpenghasilan rendah yang bertransformasi menjadi ekonomi industri modern.secara umum, ungkapan ini digunakan untuk menggambarkan perubahan ekonomi suatu negara yang melibatkan perbaikan kualitatif dan kuantitatif.dalam teori pembangunan ekonomi, bagaimana perekonomian yang primitif dan miskin dapat berkembang menjadi perekonomian yang maju bahkan relatif sejahtera? Hal ini sangat penting bagi negara-negara terbelakang dan dalam konteks inilah isu-isu pembangunan ekonomi biasanya dibahas.

Nah dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa,

Perencanaan pembangunan ekonomi daerah mengacu pada upaya untuk merencanakan dengan lebih baik penggunaan sumber daya publik yang tersedia di daerah dengan meningkatkan kemampuan sektor swasta untuk secara bertanggung jawab menciptakan nilai sumber daya. Ada banyak alasan mengapa perencanaan pembangunan daerah diperlukan:

  • Pertama, perbedaan kondisi sosial ekonomi masing-masing daerah.
  • Kedua, tingkat pembangunan yang berbeda antar daerah.
  • Ketiga, adanya perbedaan ekonomi antar daerah.
  • Keempat, ekspansi ekonomi dari satu daerah ke daerah lain.

Tujuan perencanaan perusahaan daerah adalah untuk mengarahkan kegiatan ke dalam pedoman fungsional untuk mencapai tujuan pembangunan dan meningkatkan penggunaan sumber daya publik yang tersedia. Mari perkuat kemampuan sektor swasta untuk secara bertanggung jawab menciptakan sumber daya swasta untuk kepentingan pembangunan masyarakat secara umum. Penilaian potensi, prospek pengembangan, hambatan dan risiko ke depan. Memberi anda kesempatan untuk membuat pilihan terbaik. Dapatkan skala prioritas manfaat tujuan. Sebagai alat ukur atau standar untuk monitoring dan evaluasi.

Ada empat jenis mekanisme perencanaan pembangunan ekonomi daerah.

  • Pertama, melalui proses politik dimana perencanaan pembangunan ekonomi menjadi bagian dari visi dan misi kepala daerah terpilih, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.
  • Kedua, melalui proses pendekatan teknokratis. Perusahaan swasta merencanakan pembangunan ekonomi melalui kegiatan pembangunan, antara lain pembangunan tambang, perkebunan, perumahan, pasar, kawasan wisata dan lain-lain dengan memperoleh persetujuan masyarakat.
  • Ketiga, perencanaan pembangunan ekonomi dengan pendekatan partisipatif. Pemerintah membuka kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemanfaatan sumber daya alam melalui kepemimpinan dan pembinaan pemerintah.
  • Keempat, perencanaan pembangunan ekonomi top-down dan bottom-up dalam struktur organisasi pemerintahan.

Infrastruktur dasar perencanaan pembangunan ekonomi daerah harus dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai dengan prinsip keterpaduan, keberlanjutan dan keadilan sosial. Infrastruktur dasar harus mengutamakan pembangunan negara, pemerintahan daerah dan kehidupan perekonomian. Jalan dan jembatan, listrik, telekomunikasi, air bersih, dan gas harus diprioritaskan di setiap entitas wilayah, mulai dari pedesaan hingga perkotaan. Hanya dengan demikian kawasan ekonomi regional, permukiman, pendidikan, pasar dan pelayanan publik lainnya dapat berjalan efektif dan efisien.

Selain itu, perencanaan pembangunan ekonomi daerah harus didukung dengan terciptanya keamanan di daerah. Kelancaran sistem transportasi dari dan ke sentra produksi, ketersediaan infrastruktur pemasaran yang memadai, ketersediaan bahan baku industri pengolahan harus dijamin oleh pemerintah kota. Dengan demikian, perekonomian daerah berkembang pesat. Namun, jika hal tersebut tidak menjadi prioritas pemerintah daerah, maka peningkatan pertumbuhan ekonomi akan tertunda. Aset didistribusikan hanya jika ada pertumbuhan yang cukup.

Setelah kita tahu apa itu perencanaan pembangunan ekonomi,maka muncul pertanyaan perlukah perencanaan pembangunan ekonomi? Mari kita jawab:

Hal yang saya dapat simpulkan dari pertanyaan diatas itu berupa: harus dilakukan dikarnakan jika dalam proses pembangunan ekonomi terjadi alangkah baiknya untuk membuat juga proses perencanaan yang bagus sehingga dapat berjalannya suatu program perekonomian dengan optimal dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan penggunaan sumber daya publik yang tersedia.
  • Melakukan operasi untuk mencapai tujuan pengembangan.
  • Mengadakan kesempatan untuk membuat pilihan terbaik.
  • Ada penilaian peluang, prospek pengembangan, hambatan dan risiko masa depan. Prioritas didasarkan pada pentingnya tujuan.
  • Sebagai alat ukur/standar pemantauan

Sekian yang dapat saya tuliskan sedikit pemahaman tentang perencanaan pembangunan ekonomi,jika ada salah kata saya ucapkan permintaan maaf sedalam-dalamnya. Terima kasih.

Ikuti tulisan menarik Ringgo Saprianto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu