x

Iklan

Nicholea Billy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Kamis, 6 April 2023 14:57 WIB

Penilaian Keterampilan Australia

Proses penilaian keterampilan merupakan langkah penting bagi pemerintah Australia dan calon pemberi kerja di Australia. Proses ini membantu mereka memastikan bahwa Anda memiliki keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk berkontribusi pada perekonomian Australia dengan tanggung jawab atas kemandirian finansial Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penilaian Keterampilan Australia: Panduan Lengkap hanya untuk Anda

Penilaian keterampilan di Australia sangat penting jika Anda mengajukan permohonan visa kerja terampil. Penilaian keterampilan adalah salah satu persyaratan yang harus Anda penuhi, di mana Anda harus membuktikan seberapa banyak Anda telah belajar dan menguasai keterampilan yang diperlukan yang relevan dengan pekerjaan Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya seberapa besar pengaruh penilaian keterampilan terhadap nilai poin atau kesempatan Anda untuk mendapatkan visa pekerja terampil. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rincian penilaian keterampilan, baca informasi lengkapnya di bawah ini.

Mengapa saya perlu melakukan penilaian keterampilan?

Anda perlu melakukan penilaian keterampilan jika Anda tertarik untuk bermigrasi ke Australia untuk tujuan bekerja karena ini adalah persyaratan dari pemerintah Australia untuk sebagian besar aplikasi visa pekerja terampil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika Anda tertarik untuk bekerja di Australia, dan pekerjaan Anda terdaftar dalam SOL (Daftar Pekerjaan Terampil), Anda diharuskan untuk melakukan penilaian keterampilan dan kualifikasi Anda.

Proses penilaian keterampilan merupakan langkah penting bagi pemerintah Australia dan calon pemberi kerja di Australia. Proses ini membantu mereka memastikan bahwa Anda memiliki keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk berkontribusi pada perekonomian Australia dengan tanggung jawab atas kemandirian finansial Anda.

Visa mana yang secara khusus memerlukan penilaian keterampilan?

1.  Visa Migrasi Berketerampilan Umum (General Skilled Migration/GSM)

Untuk aliran tertentu seperti: Aliran yang diuji poin untuk Subkelas 189, semua aliran yang termasuk dalam Subkelas 190, Jalur Undangan untuk Subkelas 489 dan semua aliran yang termasuk dalam visa Skilled Work Regional (provisional) atau Subkelas 491. 

2.  Visa yang disponsori oleh pemberi kerja

Untuk visa dan aliran tertentu seperti: Jalur Masuk Langsung untuk Subkelas 186 dan Subkelas 187; dan semua jalur yang termasuk dalam visa Kekurangan Keterampilan Sementara (TSS)

3.  Visa Lulusan Sementara atau Subkelas 485 untuk aliran kerja pascasarjana.

Visa yang tercantum di atas adalah jenis visa yang memerlukan penilaian keterampilan bagi Anda untuk membuktikan bahwa Anda diperlukan untuk pekerjaan yang relevan yang ingin Anda lakukan di Australia.

Apa saja prosesnya?

Penilaian keterampilan Australia memiliki proses tertentu bagi mereka yang tertarik untuk bermigrasi ke Australia untuk tujuan bekerja. Proses ini dapat menunjukkan bahwa keterampilan dan kualifikasi mereka memenuhi persyaratan pekerjaan yang mereka inginkan.

Proses ini biasanya melibatkan langkah-langkah berikut:

   1.   Memilih otoritas penilai yang sesuai

Mengidentifikasi otoritas penilai yang relevan dengan pekerjaan yang ingin Anda geluti adalah hal yang penting. Anda dapat memeriksa situs web Departemen Dalam Negeri jika Anda mencari daftar sumber penilai di Australia. Mereka mengharuskan Anda memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan pengalaman kerja Anda.

 

   2.   Mengajukan permohonan.

Setelah Anda mengidentifikasi otoritas penilai, Anda harus mengajukan permohonan kepada mereka. Hal ini biasanya melibatkan pemberian informasi yang tercantum di bawah ini:

  • Paspor
  • Bukti identitas diri (Akta kelahiran dan KTP)
  • Ukuran paspor dari foto-foto Anda
  • Dokumen kualifikasi pendidikan
  • Resume / CV yang diperbarui
  • Bukti pembayaran yang menunjukkan pendapatan rutin dari pekerjaan mandiri, seperti faktur klien, rekening koran, dan catatan perpajakan resmi.
  • Bukti pekerjaan (surat penawaran, slip gaji, dan rekening koran)
  • Surat tugas dan tanggung jawab pekerjaan dari perusahaan Anda
  • Tanda terima biaya pendaftaran Anda (tentatif: biayanya sekitar 300 hingga 1000$ AUD)
     

 3.   Proses penilaian.

Ini mungkin waktu yang krusial untuk mendapatkan penilaian keterampilan.

Otoritas penilai yang Anda pilih mungkin akan melibatkan kombinasi tinjauan dokumen, wawancara, dan lainnya berdasarkan dokumen yang Anda kirimkan.

Waktu pemrosesan umumnya antara 12-14 minggu.

Sementara itu, biaya aplikasi Anda mungkin berbeda dari otoritas penilai tertentu; itu berarti Anda harus sering memeriksa situs web otoritas penilai yang Anda pilih.

   4.   Hasil.

Setelah penilaian selesai, otoritas penilai akan memberi Anda hasil. Jika keterampilan dan kualifikasi Anda memenuhi persyaratan untuk pekerjaan yang Anda inginkan, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan visa terampil untuk bekerja di Australia.

Masa berlaku hasil penilaian keterampilan biasanya memakan waktu hingga 3 tahun sejak dokumen dikeluarkan.

 

Ingat: Penilaian Keterampilan adalah Persyaratan Esensial Anda

Penilaian keterampilan di Australia termasuk dalam persyaratan penting, di mana Anda akan melakukan tes oleh otoritas penilai di Australia untuk mengetahui seberapa relevan keterampilan Anda dengan pekerjaan yang Anda tunjuk atau lamar.

Proses penilaian keterampilan mempertaruhkan beberapa momen penting bagi Anda; proses penilaian keterampilan dapat bervariasi tergantung pada pekerjaan dan otoritas penilai.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Bagaimana jika hasil penilaian keterampilan saya telah kedaluwarsa?
  • Bagaimana jika lokasi kerja saya berubah, apakah akan mempengaruhi penilaian keterampilan saya sebelumnya?
  • Jika saya bekerja di bidang pekerjaan yang berbeda dengan yang tertera di dokumen penilaian keterampilan saya, apakah saya perlu mengikuti tes lagi untuk pekerjaan tersebut?

Jika ada pilihan lain selain meminta saran dari DHA sebelum memulai proses, Anda mungkin memerlukan bantuan untuk penilaian keterampilan Anda dengan agen migrasi profesional yang terdaftar.

Ikuti tulisan menarik Nicholea Billy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu