x

Iklan

Gusta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 April 2023

Minggu, 9 April 2023 08:37 WIB

Hanami Matsuri Sebagai Rasa Syukur Warga Jepang

Festival Hanami di Negeri Sakura yang hanya dilakukan setahun sekali sebagai ucap syukur

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

sakura

Masyarakat Jepang sering kali menyelenggarakan pesta di bawah pohon sakura ketika bunganya mulai mekar. Banyak cabang-cabang pohon yang mati ketika memasuki musim dingin, ketika musim semi tiba cabang pohon-pohon mulai berbunga, salah satunya ialah bunga sakura yang indah. Hal ini juga dipercaya sebagai energi alam yang berasal dari hati para dewa.
Jepang atau negeri sakura adalah negara maju dan modern, negara ini juga memiliki beragam budaya yang khas seperti tradisi atau festival yang disebut matsuri. Ada berbagai macam tradisi di Jepang salah satunya festival Hanami.Hanami adalah salah satu festival yang diadakan sebagai penyambutan bunga sakura yang bermekaran.
 

matsuri

Asal mula pesta di bawah pohon sakura ini dimulai ketika para petani memohon pada dewa untuk diberi kesuburan tanah dan dihindarkan dari bencana alam. Para petani melihat tolak ukur yaitu pohon sakura, yang mana ketika sudah berbunga menandakan hasil panen melimpah.
Hanami atau Hana Wo Miru (花を見る) yang memiliki arti melihat bunga.
Setelahnya mereka akan mengadakan pesta makan dan minum untuk persembahan terhadap para dewa bersamaan dengan lagu dan tarian rakyat. Hal ini dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur.
Berkembangnya bunga sakura bukan hanya sebagai tanda musim semi, ini juga merupakan tanda awal masuk tahun ajaran baru siswa sekolah maupun pegawai negeri. Sakura sendiri adalah bunga khas yang dikagumi masyarakat Jepang yang memiliki keindahan. Sakura sendiri berasal dari nama Sakuya Hime (桜姫) yaitu putri yang dimakamkan di Gunung Fuji. Sakuya Hime sendiri memiliki nama lengkap Kono-Hana-no-Sakuya-Hime.
Bunga sakura dapat berkembang hanya sekitar seminggu dan kemudian daunnya akan berguguran.fenomena ini dipandang sebagai sakura fubuki (桜吹雪) atau badai salju sakura.
 
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mochi

Adapun makanan khas dalam pesta ini yaitu sakura mochi yaitu kue yang terbuat dari beras ketan yang berisi kacang manis serta dibungkus dengan daun sakura. Bunga sakura juga digunakan dalam sebuah minuman yang disebut sakura cha ( 桜茶). Minuman ini memiliki ciri khas tersendiri dimana bunga sakura telah diasinkan terlebih dahulu dengan garam, setelahnya bunga sakura yang telah diawetkan diseduh dan jadilah minuman ini.
Meski digelar setahun sekali, tradisi Hanami sudah melekat bagi orang jepang. Hal yang berharga dalam tradisi ini adalah momen-momen berkumpul bersama dan bergembira bersama.

Ikuti tulisan menarik Gusta lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler