x

Iklan

Demas Dewa Reswara

Ordinary Writer
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Jumat, 9 Juni 2023 19:09 WIB

Apakah Game Manajemen Mampu Memengaruhi Kemampuan Manajemen Seseorang di Dunia Nyata?

Game telah menjadi sesuatu yang melekat terhadap hidup manusia di era digital yang semakin maju ini. Namun, seberapa besar sih pengaruh game manajemen terhadap seseorang di dunia nyata?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Game pada era digital ini bisa dibilang merupakan sesuatu yang umum. Bahkan game sendiri pada era ini sangatlah melekat terhadap kehidupan manusia. Terlepas dari seberapa melekat game terhadap kehidupan manusia, apakah ada pengaruh yang cukup signifikan dari game terhadap kemampuan atau keterampilan seseorang di dunia nyata? 

Beberapa waktu belakang ini, terdapat penelitian yang membahas bahwa ternyata game memiliki dampak positif terhadap peningkatan keterampilan manajemen, pengambilan keputusan, dan tentu perumusan strategi. 

Beberapa waktu lalu, terdapat peneliti dari Universitas California yang menemukan bahwa game dengan tipe manajemen dapat meningkatkan keterampilan ataupun kemampuan manajemen seseorang. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas California ini memanfaatkan game Football Manager yang beberapa waktu terakhir sangatlah marak dimainkan oleh orang di seluruh dunia. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada game Football Manager ini, seseorang akan mengelola sumber daya klub, merencakan strategi pada tim speak bola, dan tentu saja melakukan pengambilan keputusan untuk masa depan demi keberhasilan tim. 

Jadi, pemain bukan hanya sebatas bermain saja, mereka juga mendapatkan pengalaman kecil dari game Football Manager ini. Bagaimana tidak, Football Manager sendiri menerapkan mekanisme kompleks dari manajer tim sepak bola, bahkan, sistem Football Manager sendiri hampir mendekati kata sempurna dari segi mekanismenya. Hal tersebut membuat pemain mampu untuk meningkatkan kemampuan dari segi manajemen terutama dalam hal manajemen di tim sepak bola. 

Selain itu, di beberapa kesempatan, pemain dapat menghadapi situasi dimana mereka harus melakukan pengambilan keputusan yang cepat layaknya dunia nyata. Hal ini mengharuskan mereka untuk sigap di dalam situasi apapun. Hal ini juga berdampak pada peningkatan kemampuan mereka dari segi pengambilan keputusan.

Terlepas dari itu semua, perlu diingatkan bahwa game manajemen hanyalah sebatas simulasi virtual, dan tentu tidak bisa menggantikan pengalaman langsung di dunia nyata. Walaupun pemain mampu untuk mengembangkan keterampilan mereka melalui game, mereka masih membutuhkan pengalaman langsung di dalam kehidupan nyata untuk menghadapi tingkat dinamika dan kompelksitas yang sebenarnya. Yang mana hal tersebut bisa dibilang 180 derajat berbeda dengan dunia game.

Game manajemen bisa dibilang membawa dampak positif terhadap seseorang dari segi peningkatan kemampuan manajemen di dunia nyata. Namun, untuk saat ini game tetaplah game, seseorang masih membutuhkan keterampilan yang memadai melalui pengalaman nyata yang mereka hadapi di kehidupan sehari-hari. 

Ikuti tulisan menarik Demas Dewa Reswara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu