x

Messi vs Ronaldo (Dok.pribadi)

Iklan

Firdaus Deni Febriansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Rabu, 14 Juni 2023 07:32 WIB

Membandingkan Statistik Messi vs Ronaldo, Siapa yang Layak Menyandang The Real GOAT?

Membandingkan kehabatan dua pesepakbola ternama saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronalo. Siapakah yang lebih baik?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Belakangan ini ramai pecinta sepak bola yang membanding-bandingkan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Mereka membandingkan siapa GOAT sebenarnya dari kedua pesepakbola bintang tersebut.

GOAT atau Greatest of All Time istilah atlet yang dianggap sebagai atlet terbaik sepanjang masa. Karena Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakn pemain sepak bola, maka keduanya dianggap sebagai GOAT-nya sepak bola.

Lionel Messi adalah pemain sepak bola berkebangsaan Argentina berusia 35 tahun yang baru saja resmi menjadi klub MLS yaitu Inter Miami. Sedangkan Cristiano Ronaldo adalah pemain sepak bola profesional berkebangsaan Portugal berusia 38 tahun yang saat ini bermain untuk Al Nassr FC.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fans Messi berkata, Messi adalah GOAT, fans Ronaldo bilang Ronaldo dong yang GOAT. Jadi siapa sebenarnya yang GOAT?

Saya bukan fans keduanya, maka saya akan mencoba membuktikan secara fair siapa yang terbaik diantara keduanya dengan membandingkan statistik mereka sepanjang berkarir sebagai pesepak bola. (Data diambil dari situs Transfermrkt)

 

Jumlah Gol

Karena keduanya sama-sama berposisi penyerang, satu penyerang tengah dan satu penyerang sayap maka fair jika kita membandingkan jumlah gol keduanya baik gol di klub maupun timnas.

Karena tugas utama seorang penyerang adalah mencetak gol, jadi siapa yang paling produktif tandanya dia yang lebih baik dari aspek ini. Kalau satu striker, satunya bek mungkin tidak fair jika kita membandingkan jumlah golnya. Oke, mari kita bandingkan

Pertama untuk Lionel Messi. Sepanjang karirnya sebagai pesepak bola profesional ia telah membukukan total 710 gol di level klub dengan rincian 672 gol di klub Barcelona, 6 gol di klub Barcelona B, dan 32 gol di klub Paris Saint Germain. Total 710 gol tersebut diciptakan dari  total 874 pertandingan yang ia lakoni di seluruh kompetisi.

Sedangkan di level timnas, Lionel Messi telah mencetak total 115 gol dari 195 penampilannya bersama timnas Argentina baik di level senior maupun di level junior. Jadi jika ditotal, jumlah golnya mencapai 825 gol dari 1069 bersama klub maupun timnas Argentina.

Untuk Cristiano Ronaldo di level klub ia telah mencetak total 715 gol dari total 968 pertandingan. Dengan rincian 450 gol saat di Real Madrid, 145 gol saat di Manchester United, 101 gol saat di Juventus, 5 gol saat di Sporting CP, dan 14 gol saat di Al Nassr.

Sedangkan bersama timnas Portugal, Ronaldo telah mencetak 139 gol dari 232 penampilannya baik di level senior maupun junior. Sehingga jika ditotal jumlah gol Ronaldo secara keseluruhan adalah 854 gol dari 1200 penampilan.

Berdasarkan statistik di atas dapat disimpulkan jika jumlah gol Cristiano Ronaldo (854) lebih banyak dari Lionel Messi (825).

Jadi untuk kriteria ini, Ronaldo lebih baik karena lebih banyak mencetak gol, 0-1 untuk Cristiano Ronaldo.

 

Gelar Individu

Gelar individu bisa menjadi tolak ukur keberhasilan dan kesuksesan sebuah pemain sepak bola. Bagaimana perbandingan gelar individu antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo?

Sampai saat ini, Lionel Messi telah mendapat 3 kali FIFA Men's Player, 7 kali Ballon D'or, 3 kali UEFA Best Player in Europe, 22 kali top skor, dan 10 kali player of the year. Sedangkan Cristiano Ronaldo mendapatkan 3 kali FIFA Men's Player, 5 kali Ballon D'or, 4 kali UEFA Best Player in Europe, 14 kali player of the year, 1 kali FIFA Puskas Award, dan 19 kali top skor.

Apabila dihitung-hitung Messi punya 45 penghargaan individu, sedangkan Ronaldo mempunyai 46 penghargaan individu. Sehingga untuk kategori ini, Ronaldo pemenangnya!

Skor sementara adalah 0-2 untuk Cristiano Ronaldo.

 

Gelar Bersama Klub dan Timnas

Selain gelar individu, gelar bersama klub dan timnasbisa menjadi tolak ukur kontribusi pemain terhadap klub tersebut sekaligus. Terlebih lagi keduanya adalah penyerang yang terlibat langsung atas proses gol dan penyerangan saat bermain.

Bersama klub dan timnas Argentina, Lionel Messi telah mendapatkan gelar 1 kali Piala Dunia, 1 kali Coppa America, 4 kali UEFA Champions League, 3 kali FIFA Club World Cup, 10 kali La Liga, 2 kali Ligue 1, 3 kali UEFA Super Cup, 7 kali Copa Del Rey, 8 kali Piala Super Spanyol, 1 kali Piala Dunia U-20, 1 kali UEFA-Comebol Cup, 1 kali Piala Super Perancis, dan 1 kali Olimpiade.

Sedangkan Cristiano Ronaldo mendapatkan gelar 1 kali Euro, 5 kali UEFA Champions League, 4 kali FIFA Club World Cup, 3 kali Premier League, 2 kali La Liga, 2 kali Serie-A, 3 kali UEFA Super Cup, 1 kali UEFA Nations League, 1 kali FA Cup, 2 kali Copa Del Rey, 1 kali Coppa Italia, 2 kali Piala Liga Inggris, 2 kali Piala Super Spanyol, 2 kali Italian Super Cup, 2 kali Community Shield, dan 1 kali Portuguese Super Cup.

Kalau ditotal keseluruhan jumlah gelar Messi bersama klub maupun tim nasional adalah 43 gelar, sedangkan Ronaldo berjumlah 34 gelar. Untuk kategori ini Lionel Messi lebih unggul.

Berdasarkan statistik all Time tersebut Ronaldo unggul di sisi jumlah gol dan penghargaan individu, sedangkan Messi unggul di pencapaian klub dan timnas. Dengan skor 1-2 untuk Cristiano Ronaldo maka GOAT sebenarnya adalah Cristiano Ronaldo! 

Akan tetapi beberapa tahun ke depan bukan tidak mungkin ada perubahan. Bisa jadi Messi menyalip Ronaldo atau justru Ronaldo yang semakin menjauh. Keduanya sama-sama pesepakbola hebat yang harus kita apresiasi.

Ikuti tulisan menarik Firdaus Deni Febriansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

7 jam lalu

Terpopuler