x

Iklan

Ariyo Rizky Valentino

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 September 2022

Rabu, 14 Juni 2023 22:11 WIB

Membangun Kesadaran Meningkatkan Pendidikan Masa Depan Melalui Rumah Kreatif Wadas Kelir

Bermula dari keresahan tentang rendahnya motivasi masyarakat untuk belajar atau sekolah dengan alasan ekonomi dan kemampuan kecerdasan, Risdianto Hermawan dan progaramnya, Rumah Kreatif Wadas Kelir menyabet penghargaan yang diberikan oleh SATU Indonesia Award dengan tema pendidikan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Rumah Kreatif Wadas Kelir adalah Pusat Pendidikan masyarakat sebagai tempat anak-anak, remaja, relawan, dan orang tua belajar. Di sana digelar pendidikan, seni, kreativitas, keislaman, membaca dan menulis, dan masih banyak lagi.

Rumah Kreatif Wadas Kelir memberi pendampingan belajar masyarakat yang terdiri atas: TBM Wadas Kelir, TPQ Wadas Kelir, PAUD Wadas Kelir, Paket B dan C Wadas Kelir, Sekolah Literasi Wadas Kelir, Wadas Kelir Studio, Toko Wadas Kelir, Bimbingan Beljar Wadas Kelir.

Bermula dari keresahan tentang rendahnya motivasi masyarakat untuk belajar atau sekolah dengan alasan ekonomi dan kemampuan kecerdasan, Risdianto Hermawan, selalu pendiri pertama program ini kemudian mengajak masyarakat untuk mendirikan perpustakaan (TBM).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Risdianto Hermawan dan Nur Hafidz menambahkan bahwa, "Dengan pendidikan tinggi maka kesuksesan akan teraih".

Mereka kemudian mendapat penghargaan yang diberikan oleh Satu Indonesia Award dalam bidang pendidikan, yang kemudian disusul dengan penghargaan-penghargaan bergengsi lainnya.

 

Awal Mula Terbentuknya Rumah Kreatif Wadas Kelir

Awal mula berdirinya Rumah Kreatif Wadas Kelir bermula dari keprihatinan terhadap budaya bermain anak yang sudah mengarah hal negatif, misalnya, perkelahian, penyalahgunaan teknologi, dewasa lebih awal, kekerasan, game, anti sosial-kultural, dan masih banyak lagi.

RKWK kemudian mengajak anak-anak setempat untuk mengembangkan pembelajaran kreatif yang berbasis permainan. Relawan RKWK mengkonsep pembelajaran kreatif berbasis permainan yang inovatif dan mengasyikan sehingga anak-anak pun menyukainya, dan jadilah RKWK sebagai tempat kreatif yang juga rekreatif bagi anak-anak.

RKWK kemudian berkembang dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan pendidikan yang dikelola oleh relawan, remaja, dan masyarakat. RKWK terus melakukan berbagai kegiatan pendidikan setiap hari dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui pendidikan.

RKWK kini tumbuh, bergerak, dan terus mengalami inovasi pada sektor ekonomi kreatif dan pendidikan. Kedua sektor tersebut memiliki unit-unit yang berfokus mengelolanya.

Saat ini, RKWK telah memiliki legalitas berbadan hukum Yayasan Rumah Kreatif Wadas Kelir yang disahkan pada 5 Februari 2020 dengan Nomor AH-0002350.AH.01.04.Tahun 2020 serta telah resmi memiliki lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Kreatif Wadas Kelir yang disahkan pada 12 Oktober 2020.

 

Manfaat Terbentuknya Rumah Kreatif Wadas Kelir Bagi Masyarakat Setempat

RKWK memberi gagasan pendidikan dan pengabdian dengan kegiatan-kegiatan yang pastinya bermanfaat. misalnya:

1. Kegiatan mengaji TPQ

2. Kegiatan bimbel untuk anak-anak wilayah wadas kelir dengan tarif murah

3. Menyediakan halaman untuk tempat koordinasi bagi warga. Misalnya arisan, kumpulan PKK, dan kegiatan lainnya.

4. Anak-anak yang bergabung kami dampingi untuk mengikuti lomba-lomba.

5. melayani pendidikan akademik dalam perguruan tinggi.

Sehingga masyarakat menjadi sangat dekat dengan RKWK untuk menjaga dan berpartisipasi dalam hal kegiatan pengabdian.

 

Penghargaan Yang Diraih Rumah Kreatif Wadas Kelir 

Tak hanya memberi manfaat yang besar bagi masyarakat, RKWK juga menyabet beberapa penghargaan bergengsi, diantaranya:

  • Satu Indonesia Award Astra, PT Astra International Tbk
  • Penghargaan Praktik Baik Pendidikan Masyarakat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2019
  • Penghargaan Gramedia Reading Community dari Penerbit Gramedia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI September 2018
  • Penghargaan Penulis Bacaan Anak terbaik dari Penerbit Bhuana Ilmu Populer Gramedia 2020

 

Pendidikan non formal juga tidak kalah penting dengan pendidikan formal. Jika tidak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan di sekolah formal, kita bisa mengembangkannya dengan mengikuti kegiatan pendidikan non formal, seperti Rumah Kreatif Wadas Kelir misalnya.

Dan jika kalian adalah penggagas kegiatan non formal, anda juga bisa mendaftarkan kegiatan atau program anda ke Satu Indonesia Award. Dan jika kegiatan atau program anda menarik perhatian juri, anda juga bisa mendapatkan penghargaan seperti Rumah Kreatif Wadas Kelir dan beberapa hadiah lainnya.

Ikuti tulisan menarik Ariyo Rizky Valentino lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu