x

Iklan

Christian Saputro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2022

Rabu, 14 Juni 2023 22:20 WIB

Nonton Krui Pro 2023, Jangan Lupa Berburu Raflesia Arnoldi di TNBBS

Selain atlit surfing, banyak juga masyarakat uumum dan wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Pantai Tanjung Setia selama kegiatan Krui Pro 2023. Lalu objek wisata mana yang bisa dikunjungi sebelum atau sesudah mendatangi Pantai Tanjung Setia?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

World Surfing League (WSL) Krui Pro 2023 menarik minat 300 peselancar berbakat dari 14 negara. Mereka datang untuk bertarung dan menaklukkan ombak di Pantai Tanjung Setia. Kejuaran ini akan berlangsung selama satu minggu, dimulai dari tanggal 12 hingga 18 Juni 2023.

Selain atlit surfing, banyak juga masyarakat uumum dan wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Pantai Tanjung Setia selama kegiatan Krui Pro 2023. Lalu objek wisata mana yang bisa dikunjungi sebelum atau sesudah mendatangi Pantai .Tanjung Setia?

Kepala Resort Sukaraja Atas TNBBS Vivian Adi Anggoro mengatakan, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) memiliki zonasi yang bisa dimanfaatkan salah satunya untuk kegiatan wisata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kami sangat senang sekali jika ada wisatawan yang berkunjung ke Krui Pro 2023 di Pantai Tanjung Setia mau mampir berwisata di TNBBS. Kita ada Rhino Camp yang selalu terbuka untuk wisatawan." kata Vivin di Kotaagung, Selasa (13/6/2023).

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

 

"Di Rhino Camp, wisatawan bisa menikmati keindahan dan keunikan berbagai flora dan fauna. Salah satu jenis tanaman langka terkenal yang bisa dilihat di sini adalah bunga rafflesia." ungkapnya.

Mekanya bunga rafflesia ini, Vivin menerangkan, tidak bisa dipastikan waktu tepatnya. Namun bisa diprediksi sekitar 1 minggu sebelum mekar.

"Ada baiknya wisatawan yang ingin melihat bunga rafflesia di sekitar Rhino Camp ikuti dan pantau akun instagram @rhinocamp_tnbbs. Agar bisa memperkirakan waktu kedatangan." Vivin menganjurkan.

"Kalaupun tidak bisa melihat yang sudah mekar, wisatawan bisa melihat knop atau bonggolnya di beberapa titik. Dan jika berjalan sedikit jauh, tidak sampai seratus meter, ada pohon ficus besar yang fotogenik." ujarnya.

 

Kegiatan wisata hutan yang menarik lainnya adalah pengamatan burung dan primata. Petugas akan menemani dan menjelaskan kepada pengunjung burung dan primata apa saja yang hidup di sekitar Rhino Camp.

Karcis masuknya sangat terjangkau. Untuk wisatawan nusantara, dikenakan biaya Rp 5.000 perorang perhari di hari biasa dan Rp 7.500 di hari libur. Untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp150 ribu di hari biasa dan Rp225 ribu di hari libur.

 

"Jika ingin berkemah, ada biaya tambahan sebesar lima ribu rupiah perorang perhari. Untuk trekking hutan sebesar lima ribu rupiah perorang per kegiatan." Vivin menjabarkan.

Bagi yang ingin menuju Pantai Tanjung Setia akan melewati Rhino Camp TNBBS. Lokasinya pun sangat dekat dari jalan raya.

"Ada penanda gerbang bertuliskan Taman Nasional Bukti Barisan Selatan. Dari arah Kotaagung, belok ke kanan memasuki jalan tanah. Kurang dari seratus meter sudah tiba di pintu masuk Rhino Camp." pungkas Vivin.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung Bobby Irawan mengatakan, wisatawan yang menuju Pantai Tanjung Setia akan melewati kawasan hutan TNBBS.

"Saat membuka Krui Pro 2023 kemarin, Gubernur Lampung pak Arinal menganjurkan agar wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam selain pantai. Salah satunya adalah menikmati wisata hutan di kawasan taman nasional. Ada banyak flora dan fauna yang bisa dilihat di sana kata beliau. Gubernur berpesan potensi wisata alam ini bisa terus berjalan dengan tetap memperhatikan

Menurut Bobby untuk memajukan pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dan pariwisata Lampung pada umumnya, kita memang harus bekerja lintas sektor, lintas dinas, lintas lembaga, dan lintas kabupaten.

“Saya sangat mengapresiasi gelaran Krui Pro 2023 yang diselenggarakan oleh Kabupaten Pesisir Barat. Event ini bukan hanya memajukan pariwisata kabupaten, tetapi juga turut memajukan pariwisata Lampung,” tandasnya.

Ikuti tulisan menarik Christian Saputro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB