x

menikmati pesona nusantara

Iklan

Muhammad Iqbal Fauzan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Juni 2023

Kamis, 22 Juni 2023 19:05 WIB

Rekomendasi 5 Gunung yang Cocok Didaki Para Pemula

Mendaki gunung merupakan pengalaman sangat menyenangkan. Banyak manfaat untuk tubuh dan pikiran. Pastinya pengalaman mendaki gunung tidak akan terlupakan. Namun, banyak orang yang takut memulai karena merasa jalur tersedia sulit dilewati para pemula.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mendaki gunung merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan dengan beragam manfaat untuk tubuh dan pikiran. Dan pastinya pengalaman mendaki gunung tidak akan terlupakan. Namun, banyak orang yang masih takut untuk mendaki gunung dikarenakan jalur yang sulit untuk dilewati para pemula.

Berikut 5 gunung yang sangat di rekomendasikan untuk para pendaki pemula sebagai berikut:

  1. Gunung Prau

Gunung Prau merupakan gunung yang memiliki ketinggian 2565 Mdpl, gunung ini terletak di 4 kabupaten yaitu kendal, batang, wonosobo, temanggung yang berada di Jawa Tengah. Gunung ini banyak di rekomendasikan oleh youtuber pendaki sebagai gunung untuk pemula, pendakian ini akan memakan waktu perjalanan ke puncak gunung prau selama 3-4 jam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

  1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan gunung yang memiliki ketinggian 2665 Mdpl, gunung ini terletak di Karamat Wangi, Kec. Cisurupan, kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini terdapat padang Savana Edelweis dan Hutan Mati yang eksotis, pendakian ini akan memakan waktu perjalanan ke tempat berkemah selama 1,5-2 jam.

 

  1. Gunung Janglangas

Gunung Janglangas merupakan gunung yang memiliki ketinggian 1600 Mdpl, terletak pada Desa Tundagan, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang. Gunung ini sangat cocok untuk pemula karena trek pendakian yang mudah dan singkat, karena pendakian tersebut memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari pos penginapan, selain itu di gunung ini juga terdapat jaringan handphone di puncaknya.

 

  1. Gunung Ijen

Gunung Ijen merupakan gunung yang memilki ketinggian 2769 Mdpl, gunung ini terletak di perbatasan antara kabupaten banyuwangi dan kabupaten bondowoso yang berada di provinsi Jawa Timur. Gunung ini dikenal dengan fenomena Blue Fire yang sangat eksotis, pendakian ini akan menghabiskan waktu selama 2,5-3 jam.

 

  1. Gunung Kembang

Gunung Kembang merupakan gunung yang memiliki ketinggian 2320 Mdpl, terletak di Dukuh Blembem Kaliurip, Desa Damarkasihan, Kecamatan Kretek, Kabupaten Wonosobo.

gunung ini disebut sebagai “anak Sindoro”, maka tidak heran jika pemandangan yang tersuguh di depan mata adalah Gunung Sindoro yang berdiri dengan gagahnya. Pemandangan ini membuat haru siapa saja yang melihatnya, pendakian ini akan menghabiskan waktu kurang lebih selama 3 jam ke puncaknya.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Iqbal Fauzan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu