x

Iklan

Putri Raudoh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Juni 2023

Kamis, 22 Juni 2023 20:48 WIB

Perjuangan Dua Komunitas dalam Melindungi Hak Anak atas Pendidikan Modern di Sumatera Barat

Kisah dua komunitas di Padang dalam memperkuat  sektor pendidikan di Sumatera Barat. Mereka adalah Komunitas Langkah Kami Untuk Kita dan Komunitas Kejar Mimpi Padang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keberhasilan pembangunan suatu wilayah ditentukan oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas SDM tersebut. Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan harus terus diupayakan, dimulai dengan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada penduduk untuk mengenyam pendidikan dari mana saja, hingga pada peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan.

Untuk mengetahui seberapa banyak penduduk yang memanfaatkan fasilitas pendidikan dapat dilihat dari persentase penduduk menurut partisipasi sekolah. Melalui UU 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak di jelaskan mengenai perlindungan khususnya hak anak dalam memperoleh pendidikan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik dalam Angka Partisipasi Murni (APM) Menurut Kabupaten/Kota dan Jenjang Pendidikan, Sumatera Barat di tahun 2022 akhir mempunyai 98,80 (SD),78,86 (SMP) dan 68,38 (SMA). Dari data tersebut memperlihatkan Sumatera Barat masih mempunyai tanggung jawab yang lebih lagi dalam Bidang Pendidikan dikarenakan masih ditemukan anak usia sekolah yang tidak bersekolah sesuai dengan jenjang nya masing-masing. Hal ini juga membuat sebagian anak tertinggal akan perkembangan pengetahuan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan hak pendidikan anak tidak terlaksana secara optimal. Aksesibilitas, keterbatasan sumber daya dan Ketidakstabilan lingkungan menjadi faktor utama dalam fenomena ini. Terdapat daerah di Sumatera Barat yang mana akses terhadap pendidikan masih terbatas dan kurangnya keterlibatan anak dalam proses pendidikan dikarenakan latar belakang yang tidak stabil. 

Oleh karena itu diperlukan upaya kolaboratif dan komitmen dari pemerintah, masyarakat, komunitas lokal, organisasi non-pemerintah, dan mitra lainnya untuk mendukung dan memperkuat  dalam sektor pendidikan di Sumatera Barat. Terdapat berbagai gerakan upaya dari komunitas lokal Sumatera Barat yang bisa dijadikan model. Terdapat dua  komunitas yang bisa di ambil contoh.

Komunitas Langkah Kami Untuk Kita

Langkah Kami Untuk Kita (LKUK) merupakan suatu komunitas lokal non-profit asal Sumatera Barat yang bergerak dalam giat pemberdayaan perempuan dan anak serta kesetaraan gender. Terdapat program yang diwujudkan pada komunitas ini dalam bidang pendidikan modern, yaitu menciptakan Kelas Bahasa Inggris dan juga Kelas Komputer.

Menurut Putiviola Elian Nasir, Dosen HI Universitas Andalas dan Founder Langkah Kami Untuk Kita pada saat Welcoming Volunteers 2023, dengan menciptakan beberapa program kelas kepada anak-anak harapannya mampu memberikan kesempatan sehingga anak-anak yang mendapatkan minimnya kesempatan dalam berpendidikan karena latar belakang  tidak merasa tertinggal akan perkembangan pengetahuan dan juga program ini tidak mempermasalahkan seberapa kuantitas yang mengikutinya namun program ini akan memberikan kualitas kepada anak-anak yang sedang melaksanakan kelas yang telah diberikan pada komunitas lokal Sumatera Barat tersebut.

Komunitas Kejar Mimpi Padang

kedua adalah Kejar Mimpi Padang. Kejar Mimpi Padang adalah Komunitas cabang Kejar Mimpi yang berasal dari Cimb Niaga. Komunitas ini bergerak di banyak sektor sosial salah satunya adalah di Pendidikan. Terdapat program-program di dalamnya yang mendukung masyarakat Sumatera Barat.

Salah satu program yang pernah di laksanakan ialah English For All. Pada tahun 2023, program ini dilaksanakan di Panti Asuhan H. Syafri Moesa, Padang. Tujuan program ini adalah mampu memberikan upaya pembelajaran bahasa inggris kepada teman-teman yang ada di Panti Asuhan.

Program Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris di Panti Asuhan H. Syafri Moesa

Dari kedua Komunitas ini harapannya bisa menjadi model untuk upaya yang akan dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat dalam membangun perwujudan pendidikan yang berkualitas, sehingga tidak akan ada lagi kelompok-kelompok masyarakat yang merasakan tertinggal akan pendidikan modern.

Pemerintah juga disini sangat berperan besar, yang mana perlu mendukung, mendampingi dan memfasilitasi setiap upaya gerakan mandiri yang dilakukan oleh masyarakat lokal Sumatera Barat sehingga terciptalah kolaborasi yang efektif.

 

Ikuti tulisan menarik Putri Raudoh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu