x

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Senin, 3 Juli 2023 15:33 WIB

Bangunan Bersejarah di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

Banyak sekali arsitektur dan bangunan yang menarik dan bersejarah di negeri nusantara ini, sayangnya tidak semua terawat dengan baik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Melalui arsitektur suatu bangunan bersejarah, pengunjung akan dapat mengetahui dan mempelajari latar belakang yang menjadi sejarah berdirinya. Apalagi jika bangunan tersebut berkaitan dengan legenda yang melatarbelakanginya, tentu akan menambah daya tarik pengunjung.

Dari sekian banyak terdapat 10 bangunan bersejarah yang menarik, berkaitan dengan nilai budaya, seni dan sejarahnya, Bangunan bersejarah di Indonesia yang wajib dikunjungi antara lain:

1. Borobudur

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Borobudur termasuk bangunan bersejarah di Indonesia yang menjadi salah satu cagar budaya yang wajib dilindungi dan dijaga kelestariannya.  Candi yang di bangun tahun 825 SM, oleh Raja Samaratungga ini juga mendapat pengakuan dari UNESCO yang menjadi salah satu keajaiban dunia. Candi terbesar di dunia ini memiliki ketinggian 42 meter dan  dilengkapi dengan  2672 panel relief yang dipahat sepanjang 6 km.

Candi dari wangsa Syailendra ini dirancang oleh Gunadharma dengan menggunakan teknik tinggi pada jamannya. Dengan sitim interlock, batu kali tersebut tersusun rapi dan saling mengunci sama dengan lainnya. Dihiasi 504 buah patung Budha dengan 72 buah patung budha duduk di dalam stupa yang berlubang mengeliingi kubah utamanya.

2. Prambanan

Candi prambanan atau Roro Jonggrang termasuk bangunan bersejarah di Indonesia peninggalan wangsa Sanjaya dari kerajaan Mataram Kuno. Bangunan yang menjadi pemujaan untuk dewa Siwa sudah  mendapat pengakuan dari UNESCO, sebagai situs budaya yang wajib dilindungi. Sebagai candi Hindu yang terbesar Di Indonesia, juga termasuk banguna candi paling indah di Asia Tenggara.

3. Lawang Sewu

Bangunan yang dahukunya merupakan kantor jawatan kereta api Belanda, saat ini berubah menjadi salah obyek wisata yang unik dan menarik di Kota Semarang. Didirikan tahun 1907 dengan ciri khas pintu dan jendela yang banyak dan berukuran tinggi serta lebar. Sehingga menjadikan Lawang Sewun ama bangunan ini, karena jumlah pintunya yang luar biasa banyaknya. Di dalamnya terdapat lukisan 2 wanita Belanda yang indah dan tampak hidup, sehingga memberikan kesan eksotis.

4. Sam Po Kong

Merupakan bangunan bekas peninggalan Laksamana Cheng Ho ini awalnya merupakan tumpukan batu alam. Didirikan pada abad ke-15 berupa tumpukan batu alam, sehingga dahulu dikenal dengan nama Gedung Batu. Saat ini bangunan ini klenteng Sam Po tay-Djien atau Sam Po kong dan menjadi salah obyek wisata kota semarang

5. Pura Besakih

Pura megah yang memiliki khas arsitektur Bali ini terletak di kaki Gunung Agung. Bangunan yang berdiri sejak abad X Masehi menjadi pusat keagamaan masyarakat Hindu Dharma. Dengan segala ukiran dan ornamennya yang khas, menjadikan Pura Besakih ini masuk ke dalam cagar budaya yang wajib dilindungi.

6. Gedung Sate

Gedung unik yang dibangun pada tahun 1920 ini menjadi ikon kota Bandung, Jawa Barat. Dan hingga saat ini masih berfungsi menjadi kantor pusat pemerintahan. Terkenal dengan hiasan 6 buah tusuk sate di atas menaranya, yang melambangkan biaya pembangunan gedung tersebut yang mencapai 6 juta Gulden.

7. Istana Bogor

Bangunan yang pada awalnya menjadi tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Belanda ini dibangaun pada Agustus tahun 1744. Istana ini dahulu bernama Buitenzorg yang artinya tanpa kekhawatiran, yang kemudian berubah lafal menjadi Bogor. Dan setelah mengalami beberapa perubahan dan renovasi, maka sejak tahun 1950 gedung ini berubah menjadi istana kepresidenan Republik Indonesia.

Nah, demikianlah bangunan bersejarah di Indonesia yang wajib anda tahu dan perlu anda kunjungi. Arsitektur bangunan yang unik ini, sangat kaya akan nilai sejarah, budaya dan seni. Mengunjungi bangunan bersejarah akan memberikan hiburan dan pengetahuan yang berkaitan dengan arsitektur dengan latar belakang sejarahnya. Semoga bermanfaat

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan